Pengembangan Profil Outlet Pada Pusat Perbelanjaan Mataram Mall

  • Lalu Arkan Zuhaedi Universitas Bumigora Mataram
  • Dadang Priyanto Universitas Bumigora Mataram
Keywords: Profil Outlet, Pusat Perbelanjaan, Mataram Mall, Aplikasi Multimedia

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berkembang cukup pesat dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang senantiasa terus berubah ke arah yang lebih baik. Pada kenyataannya masih banyak pusat perbelanjaan atau toko yang membuat pembelinya kesusahan untuk mengetahui dan mencari produk yang diinginkan, karena bangunan pusat perbelanjaan yang begitu luas dengan banyak toko atau outlet yang berjejer didalamnya. Berdasarkan pemaparan diatas penulis akan mengembangkan sebuah aplikasi profil outlet pada pusat perbelanjaan berbasis multimedia. Agar informasi dari masing-masing toko atau outlet tersebut dapat di sampaikan dengan lebih interaktif, menarik, dan mempermudah pengunjung mencari barang yang di butuhkan. Metode pengembangan yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini adalah metode versi Luther Sutopo yang memiliki enam tahap yaitu tahap Concept (Konsep), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (Ujicoba)  dan Distribution (Distribusi). Hasil atau keluaran yang akan dicapai yaitu sebuah aplikasi profil outlet pada pusat perbelanjaan mataram mall berbasis multimedia yang melibatkan elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, suara, dan animasi yang dikemas dalam media penyimpanan DVD yang dapat dijalankan di media elektronik yaitu PC (Personal Computer). Kesimpulan yang diperoleh selama melakukan penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun sangat membantu pengunjung dalam proses pencarian informasi toko atau outlet dengan lebih mudah dan cepat. 

Published
2019-07-18
Section
Articles