Analisa Semiotik Iklan Produk Makanan Indomie Lima Puluh Tahun

  • Farisah Adani Fitri Universitas Indo Global Mandiri
  • Husni Mubarat Universitas Indo Global Mandiri
  • Heri Iswandi Universitas Indo Global Mandiri
Keywords: Semiotics, Indomie, Advertising, 50 Years

Abstract

Periklanan adalah penggunaan media untuk memberitahukan kepada konsumen tentang sesuatu dan mengajak mereka melakukan sesuatu. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan makna semiotika Pierce pada iklan produk makanan Indomie lima puluh  tahun berdasarkan media elektronik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan  pengamatan secara bertahap: 1. Mengumpulkan data penelitian pada benda-benda tertulis dari internet, dokumen iklan produk Indomie bertema “Lima Puluh Tahun”,  2. Menelusuri pustaka-pustaka yang mendukung dokumen sesuai link, dan  3. Menyusun lembar observasi penelitian. Analisis data digunakan menggukanan semiotika Carles Pierce (ikon, indeks, dan simbol) dari iklan bertema “Lima Puluh Tahun.  Hasil penelitian diperoleh bahwa konsep pada iklan produk makanan Indomie lima puluh  tahun ini mengusung tentang kekayaan dan keindahan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Konsep iklan ini juga mengusung tentang keragaman budaya di Indonesia. Simpulan bahwa seluruh teori semiotika (ikon, indeks dan simbol)  ada pada video iklan indomie lima puluh tahun yang disiarkan pada media elektronik.

References

[1] Susanto, D. A., Pemaknaan Iklan New Era Boots. Transformasi No. 30 Tahun 2016 Vol. 1, pp. 1-180, 2016
[2] Lukitaningsih, A. Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 13, no. 2, pp.116 – 129, Oktober 2013
[3] Natalia, P., dan Mulyana, M. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 2 No. 2, 2014 pp. 119-128, Agustus 2014
[4] Gunawan, F. A., & Dharmayanti, D. Analisis Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser terhadap Purchase Intention Pond’s Men dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.2 no.1,pp 1-14, April 2014
[5] Ling, L.Y. The Impact of Advertising Appeals and Advertising Spokespersons an Advertising Attitudes and Purchase Intentions. African Journal of Business Management Vol. 5 no. 21, pp. 8446-8457, September, 2011
[6] Natadjaja,L dan P. B. Setyawan. Refleksi Kultural dalam Iklan Indomie Spesial Ramadhan 2020. Natadjaya dan Setyawan 2021.pdf. http://journal.ubm.ac.id/. Diakses tanggal 1 Juli 2022
[7] Sukmana, L.N., G. N. Achmad dan S. Zainurossalamia. Pengaruh Efektifitas Iklan televisi. Pengaruh_efektifitas_iklan_televisi.pdf. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN. Diakses tanggal 5 Juli 2022
[8] Pratiwi, W. A., dan Rahanatha, G. B. Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Di Kota Denpasar. https://www.neliti.com/journals/e-jurnal-manajemen-universitas-udayana/catalogue. https://media.neliti.com/media/publications/254297-none-f6764a64.pdf. Diakses tanggal 10 Juli 2022
[9] Iskandar, D dan K. Amri. 2014. Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan dan Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektifitas Iklan Televisi Produk Mie Instan Merek Indomie Goreng Cabe Ijo. JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS Vol.2 no. 2, pp. 424-437, Desember 2014
[10] Pencaningrum, E., dan Sari, D. K. Analisa Epic Model: Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek di Televisi.file:///C:/Dokumen/Farisah/Pustaka/Pancaningrum.pd. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/44. Diakses tanggal 15 Juli 2022
[11] Maulana, R. I. Pengaruh Awarness, Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Kota Tangsel. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1,pp. 86-101, April 2018
[12] Fatima. Mie Instan Sangat Disukai Orang Afrika. DitjenPEN/MJL/59/VIII/2018.Warta Ekspor,pp. 1-20, Agustus 2018
[13] Indomie. 50 tahun Indomie #TerusHidupkanSeleraIndonesia. https://www.youtube.com/watch?v=2uGwXntIHtE. https://search.yahoo.com/search?fr=mcafee&type=E211US1406G0&p=50+tahun+Indomie+%23TerusHidupkanSeleraIndonesia%2C+2022. Diakses tanggal 17 Februari 2022
[14] Watie, E.D.S. PERIKLANAN DALAM MEDIA BARU (Advertising in The New Media). THE MESSENGER, Vol. IV, no. 1, pp.37-43, Januari 2012
[15] Bouzida, F. THE SEMIOLOGY ANALYSIS IN MEDIA STUDIES - ROLAND BARTHES APPROACH. International Conference on Social Sciences and Humanities, 8-10 September 2014, pp.1001-1007
[16] Ambar. Teori Semiotika Roland Barthes. Home » Teori Komunikasi » Teori Semiotika Roland Barthes. https://pakarkomunikasi.com/teori-semiotika-roland-barthes. Diakses tanggal 17 Februari 2022
[17] Rudi, A. Pantai Sadranan, Surganya Snorkeling Di Gunung Kidul. Diambil kembali dari nativeindonesia.com: https://www.nativeindonesia.com/pantai-sadranan./ Diakses pada tanggal 4 Juni 2022
[18] Krabbe, B. Di Balik Layar Iklan Indomie versi 50 Tahun. Diambil kembali dari Instagram: https://www.instagram.com/bokrabbe/ Diakses tanggal 10 Juli 2022
[19] Tetalogi. 5 Penderitaan yang Dirasakan Sebagai Seorang Kurir. Diambil kembali dari Boombastis: https://www.boombastis.com/penderitaan-kurir/60982 Diakses pada tanggal 25 Mei 2022
[20] Sari, Y. M. (2021, Oktober 24). Warmindo Self Service yang Ngetren Ada di 5 Tempat Ini. Diambil kembali dari detikFood: https://food.detik.com/info- kuliner/d-5780340/warmindo-self-service-yang-ngetren-ada-di-5-tempat-ini. Diakses pada tanggal 25 Mei 2022
Published
2023-12-08
How to Cite
Fitri, F., Mubarat, H., & Iswandi, H. (2023). Analisa Semiotik Iklan Produk Makanan Indomie Lima Puluh Tahun. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 5(2), 163 - 170. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/sasak.v5i2.3477
Section
Articles