Brand Identity Jamur Crispy Dua Putri Driyorejo Gresik Untuk Meningkatkan Brand Awareness

  • Mohammad Hasan Basri Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Moh Cholisatur Rizaq Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Ernawati Ernawati Universitas Gadjah Mada
Keywords: Brand Identitiy, Brand Awareness, UMKM, Jamur Crispy Dua Putri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Upaya mengenalkan dan meningkatkan brand awareness produk UMKM Jamur crispy Dua Putri dengan merancang brand identity dan diaplikasikan ke media pendukung. Metode penelitian menggunakan penelitian berbasis praktik dengan pendekatan langkah kerja perancangan design thinking. Memulai dari tahap (empathize) yaitu pengumpulan data, kemudian membuat kesimpulan permasalahan data (define), setelah itu melalui proses (ideate) yaitu membuat konsep visual. Kemudian melakukan tahap prototype, dan yang terakhir testing sebagai uji coba hasil perancangan. Hasil perancangan yaitu visual branding yang terdiri atas logo dan media lainnya berupa GSM (Graphic Standar Manual), Fortune whell, kartu, kemasan, Apron, kaos stiker, gantungan kunci, pemasaran pada media instagram, Poster, dan roll Banner sebagai media untuk meningkatkan brand awareness.

References

[1] Badan Pusat Statistik, “Posisi Kredit Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM)1 Pada Bank Umum (Milyar Rupiah), 2019-2021,” Https://Www.Bps.Go.Id/.
[2] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, “Jumlah Perusahaan Industri Mikro Dan Kecil Menurut Klasifikasi Industri 2020,” Https://Jatim.Bps.Go.Id/.
[3] A. Wheeler, Designing Brand Identity, 5th Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2018.
[4] T. Yudianita, D. Agnes, N. Bangun, And M. T. Maheni, “PERANCANGAN VISUAL BRAND IDENTITY UMKM BOLU UMMI,” J. Print. Packag. Technol., Vol. 1, No. 1, Pp. 81–91, 2020.
[5] M. Cholisatur Rizaq, Sunarmi, And F. Nur Alisha, “Perancangan Brand Identity UMKM Sekar Mulya Sebagai Media Pengenalan Identitas Dan Citra Produk,” J. Ilmu Komput. Dan Desain Komun. Vis., Vol. 6, No. 2, Pp. 127–142, 2021.
[6] J. N. Kapferer, The New Strategic Brand Management: Advanced Insight And Strategic Thinking. London: Kogan Page, 2010.
[7] M. A. Firmansyah, Pemasaran Produk Dan Merek Planning & Strategy. Pasuruan: Penerbit Qiara Media, 2023.
[8] H. Sularko, How Do They Think? Rekaman Proses Pembuatan Aset Perusahaan Paling Berharga. Jakarta: Mosher., 2008.
[9] J. Luffarelli, A. Stamatogiannakis, And H. Yang, “Creswell,” J. Mark. Res., Vol. 56, No. 1, Pp. 89–103, 2019.
[10] A. Sharma, S. Patro, And H. Chaudhry, “Brand Identity And Culture Interaction In The Indian Context: A Grounded Approach,” J. Adv. Manag. Res., Vol. 19, No. 1, Pp. 31–54, 2022.
[11] R. Casidy, C. Prentice, And W. Wymer, “The Effects Of Brand Identity On Brand Performance In The Service Sector,” J. Strateg. Mark., Vol. 27, No. 8, Pp. 651–665, 2019.
[12] A. Essamri, S. Mckechnie, And H. Winklhofer, “Co-Creating Corporate Brand Identity With Online Brand Communities: A Managerial Perspective,” J. Bus. Res., Vol. 96, Pp. 366–375, 2019.
[13] C. N. Osakwe, N. Palamidovska-Sterjadovska, M. Mihajlov, And A. Ciunova-Shuleska, “Brand Orientation, Brand-Building Behavior And Brand Identity In Smes: An Empirical Evaluation,” Mark. Intell. Plan., Vol. 38, No. 7, Pp. 813–828, 2020.
[14] W. Eli, “Design Thinking Handbook,” Ebook, P. 124, 2011, [Online]. Available: Https://Www.Designbetter.Co/Design-Thinking/Prototype
[15] L. Granahan And C. Dygert, “Design Thinking: Creating Authentically Learner-Centric Solutions,” Https://Trainingindustry.Com/, 2019.
[16] G. S. Kumar, “DESIGN THINKING AS AN INNOVATIVE TEACHING METHOD FOR MEDIA AND COMMUNICATION COURSES,” 2022.
[17] Moleong And L. J, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
[18] C. Namugenyi, S. L. Nimmagadda, And T. Reiners, “Design Of A SWOT Analysis Model And Its Evaluation In Diverse Digital Business Ecosystem Contexts,” In Procedia Computer Science, 2019, Vol. 159, Pp. 1145–1154. Doi: 10.1016/J.Procs.2019.09.283.
[19] H. Cipta And D. Hatamar, “Buku Analisis SWOT,” Vol. 1, Pp. 1–92, 2022.
[20] S. E. Sanyoto And D. Sadjiman, “Dasar-Dasar Tata Rupa Dan Desain,” Yogyakarta Arti Bumi Intaran, 2005.
[21] R. W. Putra, Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Penerbit Andi, 2021.
[22] D. Prasetyo And R. W. Putra, “Perancangan Logo Dari Usaha Makanan ‘Gerobak Cemil’ Sebagai Brand Identity,” PANTAREI, Vol. 5, No. 02, 2021.
[23] H. K. Sari, P. Pratiwi, And B. S. Utami, “Brand Identity Untuk Kampung Singkong Salatiga Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Merek,” Segara Widya J. Penelit. Seni, Vol. 8, No. 1, Pp. 1–9, 2020.
[24] A. N. Rochmawan, W. Swasty, And R. Y. Arumsari, “Peningkatan Brand Awareness Produsen Susu Sapi Dengan Strategi Desain.” Udayana University, 2021.
[25] S. D. A. Al Noor And Y. Fiandra, “Perancangan Brand Identity Fim Donat And Cake,” Kreat. J. Karya Tulis, Rupa, Eksp. Dan Inov., Vol. 2, No. 2, Pp. 1–8, 2020.
[26] A. Wardhana, “Brand Marketing The Art Of Branding.” Bandung: CV. Media Sans Indonesia. Researchgate< Https://Www. Researchgate …, 2021.
[27] R. K. Anwar, I. A. Hapsari, And D. Sinaga, “Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce Mengenai Logo Baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,” J. Kaji. Inf. Perpust., Vol. 6, No. 2, Pp. 123–138, 2018.
[28] E. K. Dewi, D. Hayati, N. Ananda, And M. W. Rini, “Making Product Logo And Labeling As Sales Promotion On Msme Traditional Drink ‘Mf’ Jakarta Selatan,” Mattawang J. Pengabdi. Masy., Vol. 3, No. 3, Pp. 302–306, 2022.
[29] Y. A. Kusumawati, “Analisis Visual Pada Desain Kaos Soak Ngalam Sebagai Produk Khas Malangan,” J. Teknol. Dan Terap. Bisnis, Vol. 2, No. 1, Pp. 114–119, 2019.
[30] Y. Kamadi, M. Aras, N. Andriani, And H. D. Bayani, “ENHANCING BRAND AWARENESS THROUGH DIGITAL COMMUNICATION STRATEGIES,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., Vol. 100, No. 23, 2022.
Published
2023-12-08
How to Cite
Basri, M., Rizaq, M., & Ernawati, E. (2023). Brand Identity Jamur Crispy Dua Putri Driyorejo Gresik Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 5(2), 123- 126. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/sasak.v5i2.3464
Section
Articles