Evaluasi Penggunaan Aplikasi Berbasis Web dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Ahmad Syamsul Fajri Universitas Bumigora
  • Didin Ardian Universitas Bumigora
  • Adit Adit Universitas Bumigora
  • Lalu Rizqi Zulfahmi Universitas Bumigora

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan pada dunia pendidikan, salah satunya melalui penggunaan platform pembelajaran daring seperti Quizizz. Quizizz adalah aplikasi berbasis web yang memungkinkan guru menyampaikan kuis interaktif secara real-time kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan Quizizz dengan menggunakan model analisis SWOT (Strengths, Weaknesses,
Opportunities, Threats) dalam upaya mengembangkan pemikiran kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi,serta analisis data menggunakan teknik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz dapat mengembangkan kemampuan berpikir krisis siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah rekomendasi strategi untuk mengoptimalkan penggunaan Quizizz dalam pengembangan pemikiran kritis siswa.

References

Abdillah, R., Kuncoro, A., Erlangga, F., and Ramdhan, V. (2022). Pemanfaatan aplikasi Kahoot! dan
Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains Dan
Komputer, 2(01):92–102. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i01.1363.

Alfaiz, A., Andre, J., Fahriza, I., Rachmaniar, A., Dartina, V., and Kadafi, A. (2023). Pembelajaran
yang menyenangkan: implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1):96–101.
https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13990.

Benyamin, B., Qohar, A., and Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA
kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,
5(2):909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574.

Citra, C. A. and Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2):261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272.

Hanik, E. U., Arumdiyah, I. A., Hilmiyah, A., and Wijayanti, D. A. (2022). Strategi guru dalam upaya
meningkatkan minat baca dengan media video di kelas 3 MI NU Matholiul Falah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. YASIN, 2(1):31–47. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i1.162.

Haris, M., Muslihatun, M., Fajri, M., and Jamaluddin, J. (2023). Evaluasi pembelajaran berbasis Quizizz di MTs NW 2 Kembang Kerang sebagai upaya menyongsong Kurikulum Merdeka. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1):57–64. https://doi.org/10.51700/empowerment.v3i1.441.

Hidayat, Y. and Sulung, Y. (2022). Peran guru kerhadap minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SDN Mekarwangi Kabupaten Sumedang. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3):6240–6249.

Islami, M. and Soekamto, H. (2022). Efektivitas model pembelajaran inquiry menggunakan Quizizz
multimedia berbasis gamification terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2):383–392. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.48338.

Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., and Sari, C. K. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis
siswa kelas 10 SMK dalam menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan derer aritmetika ditinjau
dari self regulated learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1):905–923. https:
//doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170.

Maunino, G. Z. T. and Tacoh, Y. T. B. (2023). Pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X mata pelajaran Informatika SMA Kristen 1 Salatiga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17):308–319. https://doi.org/10.5281/zenodo.8307495.

Patty, E. N. S., Padaka, C. S. S., Bara, A. G., Ate, F. M., Wurung, F. K., Kaley, E., and Renda, K. M.
(2019). Perbandingan standar sarana dan prasarana SMP swasta dan SMP negeri. Jurnal Edukasi
Sumba (JES), 3(2):78–81. https://doi.org/10.53395/jes.v3i2.22.

Pranoto, N. R. and Sudiyanto, S. (2024). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu
Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Akuntan Publik, 2(2):128–145.
https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v2i2.3617.

Pridayani, M. and Rivauzi, A. (2022). Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter religius terhadap siswa. An-Nuha, 2(2):329–341. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi
pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1):29–39.
https://doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1028.

Putri, N. W. and Dwijayanti, R. (2020). Pengembangan alat evaluasi bantuan aplikasi “Quizizz” pada
mata pelajaran Marketing kelas X jurusan BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata
Niaga (JPTN), 8(3):985–991. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p985-991.

Rahmadani, N., Nisa, S., and Suriani, A. (2024). Menelaah faktor-faktor yang berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran Matematika. TSAQOFAH, 4(4):3108–3117.https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i4.3199.

Rita, R. and Rosadi, K. I. (2021). Faktor yang mempengaruhi berpikir kritis dalam tradisi kesisteman
pendidikan Islam Indonesia (faktor berfikir kritis dalam tradisi kesisteman pendidikan Islam). Jurnal
Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 1(2):128–138. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i2.659.

Rohman, A. D. and Khaliza, T. N. (2024). Inovasi media pembelajaran Wordwall berbasis Quizizz:
Altenatif dalam meningkatkan critical thinking siswa di era abad 21. Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika), 2(2):72–79. https://doi.org/10.55377/mardika.v2i2.10159.

Rusmiyati, B., Artayasa, I. P., and Raksun, A. (2024). Penerapan LKPD IPA berbasis sains teknologi
masyarakat (stm) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Profesi
Pendidikan, 9(2):727–732. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2172.

Saragih, H. S., Saragih, R. M. B., and Matondang, K. (2022). Peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh (pjj) berbasis FOCQIPOTU. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1):94–106.https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1018.

Septiani, D. and Sundi, V. H. (2024). Pengaruh game edukasi Quizziz terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika siswa kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2):2203–2210. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12920.

Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap motivasi
dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran
2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3):1–8.
Published
2024-08-21