Analisis Pengaruh Perencanaan Strategis Terhadap Keberhasilan Perusahaan

  • Maghfira Rizky Maulani Universitas Bumigora
  • Lalu Jatmiko Jati
  • Logi Mulawarman
  • M. Wisnu Alfiansyah
  • Anil Tribulan

Abstract

Toko Depi RTN merupakan sebuah perusahaan perdagangan yang bergerak dibidang perdagangan grosir pakaian. Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini yaitu fenomena boomingnya perusahaan Depi RTN di tengah-tengah masyarakat Kota Mataram, khususnya di kalangan remaja dan mahasiswa Kota Mataram. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Dasar strategi pemasaran Depi RTN menggunakan dua strategi yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Strategi utama yang menjadi fokus lebih perusahaan adalah pemasaran secara digital. Pemilihan strategi ini sudah melalui riset pasar yang berkesinambungan untuk mendapatkan informasi-informasi penting mengenai harapan konsumen. Penerapan strategi pemasaran yang tepat telah dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan memanfaatkan semua media sosial yang ada di internet seperti Shopee, Tiktok, Facebook, Instagram dan marketplace lainnya. Apa yang telah dilakukan Depi RTN adalah strategi yang sangat baik karna strategi tersebut bersumber dari hasil penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan para konsumen dan strategi tersebut mampu menghasilkan profit untuk perusahaan dan keberlanjutan bisnis karna konsumen Depi RTN terus meningkat. Peningkatan konsumen ini terbukti dengan fenomena yang terjadi yaitu fenomena boomingnya perusahaan Depi RTN di tengah-tengah masyarakat Kota Mataram, khususnya di kalangan remaja dan mahasiswa Kota Mataram.

References

Bungin, B. (2007). Analisis data penelitian kualitatif. PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=ZpG0AQAACAAJ
Hidayat, M. C., & Syam, R. (2020). Urgensitas perencanaan strategis dan pengelolaan sumber daya manusia madrasah era revolusi industri 4 . 0 Setelah perencanaan yaitu perencanaan yang mampu meramalkan kehidupan , dirumuskan , perencanaan tersebut harus ketahanan , dan kemajuan madrasah pad. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 4(1), 1–13.
Hindun, H. (Hindun). (2015). Perencanaan Strategis Dan Prilaku Manajerial Lembaga-lembaga Pendidikan. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6(1), 56645.
Lukitaningsih, A. (2013). Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi dan Implikasinya. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 3(1), 21. https://doi.org/10.30588/jmp.v3i1.85
Moleong, J. (2013). Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Rofiki, M., & Muhimmah, K. (2021). Strategi Pemasaran Online Shop: Upaya Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i2.981
Sampita, W. D. (2021). STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Sambal Mbok Bariah di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–12.
Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–6.
Sugiyono. (2011). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro.pdf. In Bandung Alf (p. 143).
Tampubolon, H. (2014). STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN KEUNGGULAN BERSAING.
Tampubolon, M. P. (2020). Change Management Manajemen Perubahan : Individu, Tim Kerja Organisasi. In Bogor; Mitra Wacana Media.
Tarmizi, A. (2018). Strategi Pemasaran Umkm : Literature Review. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 3(2), 191–198.
Published
2024-01-03
Section
Articles