Pengaruh Motivasi Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan

  • Angrina Ananta Sudirman Universitas Muhammadiyah Palopo
Keywords: Motivasi, Komunikasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Masalah manajemen sumber daya manusia dapat terjadi di organisasi mana pun, seperti sektor jasa atau industri manufaktur. Berdasarkan hasil wawancara terhadap beberapa karyawan terdapat beberapa permasalahan mengenai kepuasan kerja akibat kurangnya kepuasan terhadap jenis pekerjaan yang dilakukan dalam organisasi dan kepuasan kerja pada karyawan PT Bua Karya Utama. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi dan komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan  PT Bua Karya Utama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa motivasi dan komunikasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.  Karyawan yang termotivasi secara intrinsik dan ekstrinsik cenderung  puas dengan pekerjaannya Selain itu, komunikasi yang efektif, terbuka, dan jujur ​​di tempat kerja juga dapat membantu meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian ini adalah menegaskan pentingnya motivasi dan komunikasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang  meningkatkan kepuasan kerja karyawan PT Bua Karya Utama merekomendasikan untuk memberikan perhatian khusus pada faktor-faktor yang memotivasi seperti peluang pengembangan karir dan remunerasi, serta memperkuat praktik komunikasi yang efektif seperti pertemuan rutin dan umpan balik yang membangun. Implikasi dari penelitian ini  adalah memberikan rekomendasi bagi para karyawan PT Bua Karya Utama dalam meningkatkan motivasi kerja  untuk mencapai kepuasan kerja dan meningkatkan  jenjang karir karyawan.


References

Ardana, I. K., Mujiati, N. W., & Utama, I. W. M. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu. Hasibuan, M. S. (2014).
Bungin, B. (2011). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.
Dyanto, D., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Motivasi, Komunikasi, Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bravo Engineering. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(1), 92-101.
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Komunikasi bisnis. Jakarta: Erlangga. Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Pers. Sutrisno, E. (2016).
Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Prabu, A. (2015).
Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Mangkunegara, A. A. P. (2017).
Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Wibowo. (2014). Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, A. S. (2014). Psikologi industri dan organisasi. Universitas Indonesia (UI-Press).
Pengaruh motivasi dan komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan Bank Mandiri Jakarta. Jurnal Manajemen, 5(2), 12-25. Purwanto, D. (2011).
Saputra, M. P. P., & Adnyani, I. G. A. D. (2018). Pengaruh motivasi, komunikasi dan stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1), 1.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.
Arcaya Maniko Tama. (2022). Pengaruh Motivasi, Komunikasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Sakit Wilujeng Kediri. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(4), 52–62. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.606
Ardiansyah, L. Y., & Prasetyo, R. (2023). Faktor Penerapan Fintech Untuk Perkembangan dan Eksistensi Koperasi di Kabupaten Lombok Tengah. Income : Digital Business Journal, 1(2), 115–122. https://doi.org/10.30812/income.v1i2.3231
Hidayat, R., Kambara, R., & Lutfi, L. (2018). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Komunikasi Interpersonal Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Kantor Kementerian Agama Kota Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 2(1). https://doi.org/10.48181/jrbmt.v2i1.3832
Hidayati, S. N., & Saputra, S. D. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, Komunikasi, dan Motivasi Kerja terhadap Turnover Intention Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai “Variabel Antara.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 7(2), 162. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.365
Saputra, A., & Rotua Turnip, R. (2018). Pengaruh Motivasi, Komunikasi Dan Disiplin Terhadap Kepuasan Kerja PT PLN (Persero) P3B SUMBAGUT. https://doi.org/10.31227/osf.io/8zq7m
Published
2024-07-10
Section
Articles