Membangun Pengetahuan Dasar Wirausaha bagi Santri-Santriwati Muda
Abstract
Pendidikan wirausaha penting untuk remaja agar dapat meningkatkan pengetahuan dasar mereka mengenai wirausaha. Sayangnya tidak semua sekolah memiliki akses dan kapabilitas untuk memberikan fasilitas atau pendidikan wirausaha terhadap anak didiknya. Hal ini juga terjadi di Panti Asuhan Nurul Jannah Ampenan. Tujuan diadakannya pengabdian ini adalah untuk menjawab kebutuhan akan pengetahuan wirausaha oleh para santri-santriwati muda dengan membangun pengetahuan dasar wirausaha. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan partisipatif melalui kegiatan edukasi, Focus Group Discussion (FGD) dan Making-based Project. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa para santri-santriwati di Panti Asuhan Nurul Jannah Ampenan sangat antusias untuk belajar tentang wirausaha, memiliki kemauan yang kuat, serta dapat melihat peluang dari keterbatasan modal dan fasilitas yang dimiliki. Diharapkan pelaksanaan pengabdian ini dapat memupuk dan menguatkan minat berwirausaha para santri-santriwati dan dapat memanfaatkan pengetahuan dasar yang diperoleh untuk menimba ilmu yang lebih banyak. Diharapkan juga hasil pengabdian ini bsia menjadi referensi bagi lembaga pendidikan dan pemerintah untuk emmfasilitasi pendidikan berbasis wirausaha bagi para santri-santriwati di seluruh Indonesia, terutama di Pulau Lombok.
References
Dutschke, G., del Junco, J. G., Espansandín-Bustelo, F., Dutschke, M., & Florencio, B. P. (2015). Teenagers’ Socio and Cultural Values: Relation with Entrepreneurship. IGI Global, 2010, 60–81. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-8262-7.ch004
Harding, D., Kadiyono, A. L., Hafiar, H., Ma’mun, T. N., Wibowo, H., Nugraha, Y., & Siswadi, A. G. P. (2020). Readiness of Technology Adaptation towards Digital-based Entrepreneurship. International Journal of Entrepreneurship, 24(1), 1–5.
Hartikainen, H., Ventä-Olkkonen, L., Kinnula, M., & Iivari, N. (2023). “We Were Proud of Our Idea”: How Teens and Teachers Gained Value in An Entrepreneurship and Making Project. International Journal of Child-Computer Interaction, 35, 100552. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2022.100552
Hockerts, K. (2018). The Effect of Experiential Social Entrepreneurship Education on Intention Formation in Students. Journal of Social Entrepreneurship, 9(3), 234–256.
Marnoto, S., & Carvalho, J. M. S. (2016). Developing Entrepreneurship Skills in Children and Teenager. International Journal of Education for Entrepreneurship, Vol 6(NR.2), 67–78.
Nowiński, W., Haddoud, M. Y., Lančarič, D., Egerová, D., & Czeglédi, C. (2019). The Impact of Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Self-Efficacy and Gender on Entrepreneurial Intentions of University Students in The Visegrad countries. Studies in Higher Education, 44(2), 361–379.
Saptono, A., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Karyaningsih, R. P. D., & Yanto, H. (2020). Does Entrepreneurial Education Matter for Indonesian Students’ Entrepreneurial Preparation: The Mediating Role of Entrepreneurial Mindset and Knowledge. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1836728
Syam, A., Rakib, M., Jufri, M., Utami, N. F., & Sudarmi. (2021). Entrepreneurship Education, Information Literacy, and Entrepreneurial Interests: an Empirical Study. Academy of Entrepreneurship Journal, 27(1), 1–11.
Yaghoubi Farani, A., Karimi, S., & Motaghed, M. (2017). The Role of Entrepreneurial Knowledge as A Competence in Shaping Iranian Students’ Career Intentions to Start A New Digital Business. European Journal of Training and Development, 41(1), 83–100. https://doi.org/10.1108/EJTD-07-2016-0054
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.