Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo Terhadap Bisnis Digital Di Era Modern
DOI:
https://doi.org/10.30812/income.v3i1.4705Keywords:
Bisnis Digital, Pemahaman Mahasiswa, Teknologi Informasi, Era ModernAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo mengenai tren bisnis digital di era modern. Kemajuan teknologi berita & komunikasi telah mengubah dinamika bisnis global, sehingga bisnis digital menjadi salah satu pilar utama perekonomian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif dengan menggunakan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data. Responden terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi, dipilih melalui purposive sampling untuk mengeksplorasi beragam perspektif mengenai bisnis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman dasar yang baik tentang konsep bisnis digital, termasuk e-commerce & pemasaran digital. Namun, fasilitas kampus yang terbatas & kurangnya pengalaman yang mudah merupakan kendala utama dalam menerapkan pengetahuan ini. Penelitian ini juga menemukan pentingnya mengintegrasikan kurikulum yang relevan dengan menggunakan upaya digital dan pelatihan pribadi untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di era digital. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan kebijakan pendidikan yang dapat mempersiapkan mahasiswa secara lebih efektif untuk memasuki pasar kerja berbasis digital.
Downloads
References
Devananta, A. (2021). Implikasi Cybercrime Pada Bisnis Digital di Indonesia. Jurnal Litbang Polri, 24(3), 139-146.
Firdaus, Titiani Intan. 2023. “Representation of the Hedonism of the Main Character in Kevin Kwan’s Chinese Novel Rich Girlfriend.†Syntax Idea 5(7):883–92. doi: 10.46799/syntax-idea.v5i7.2416.
Giona Masiku, Gea, Iqbal Pemana Aji, dan Pria Hariyanto. 2024. “Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Merek Karung Jantan Pada Aplikasi Shopee.†Neraca (Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 2(1):167–76.
Hermawan, D. (2015). Understanding the Cybersecurity Threat Landscape in Asia Pacific: Securing the Modern Enterprise in a Digital World. Microsoft.
Hisyam, Ciek Julyati, Annisa Intan Maharani, Istiharoh Istiharoh, dan Pramasheila Arinda Putri. 2024. “Analisis Peluang Wirausaha Mahasiswa di Tengah Perkembangan Ekonomi Era Digital.†Journal of Creative Student Research 2(3):116–34.
Kaplan, A. (2010). Users of the World, United The Challenges and Opportunities of Social Media. Bussiness Horizon, 59-68.
Mukhsin, M. (2020). Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi. Teknokom, 3(1), 7-15.
Tiago, M. T. P. M. B., & VerÃssimo, J. M. C. (2014). Digital marketing and social media: Why bother?. Business horizons, 57(6), 703-708.
Vinerean, S., & Opreana, A. (2021). Measuring customer engagement in social media marketing: A higher-order model. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(7), 2633-2654.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Income : Digital Business Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








