Perancangan Game Edukasi Mitigasi Bencana “Save Escape” Dengan Metode Mechanic, Dynamic, Aesthetic Framewok

Authors

  • Ahmad Thabathaba'i Universitas Budi Luhur
  • Ricky Widyananda Putra Universitas Budi Luhur
  • Fatma Misky Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.30812/sasak.v7i2.5319

Keywords:

Game, Mitigasi Bencana, Gempa Bumi, MDA Framework

Abstract

Penelitian ini memiliki peran penting untuk edukasi mengenai mitigasi bencana gempa bumi melalui aplikasi permainan (game) untuk meningkatkan pemahaman kesiapsiagaan terhadap bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan game yang mampu memberikan edukasi mengenai pemahaman terhadap bencana gempa bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian mengacu pada kerangka teori MDA Framework dari LeBlanc. Kerangka MDA Framework terbagi menjadi tiga komponen utama, yaitu Mechanic, Dynamic, dan Aesthetic. Teori ini digunakan untuk menganalisis aspek-aspek dalam mendesain game dari sudut pandang pengguna dan desainer. Hasil penelitian ini adalah desain game mitigasi bencana gempa bumi yang berfokus pada pengalaman pengguna melalui bentuk estetika interaksi dalam aplikasi permainan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa game edukatif berbasis kerangka teori MDA Framework mampu menjawab tantangan dalam menyebarkan konten edukasi secara luas dan efektif yang berhubungan dengan mitigasi bencana gempa bumi. 

References

[1] R. W. Putra, F. Misky, and A. Thabathaba’i, “Implementation Of Educational Game ‘Fire Mitigation’ Audio Based For Blind Persons Disabilities With MDA Framework Method,” in International Conference and Community Development (ICCD), 2024.

[2] S. Dwi Putra and V. Yasin, “MDA Framework Approach for Gamification-Based Elementary Mathematics Learning Design,” International Journal of Engineering, Science & InformationTechnology (IJESTY), vol. 1, no. 3, 2021, doi: 10.52088/ijesty.v1i2.83.

[3] N. F. Anwar, R. T. Mangesa, and U. S. Sidin, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Angka Berbasis Unity Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Di SLB Arnadya,” MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 3, 2021.

[4] H. Q. Aini and D. Tresnawati, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa,” Algoritma, vol. 16, no. 1, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.sttgarut.ac.id/

[5] S. A. Sidik, D. Mulia, and Y. T. Astanti, “Disaster Mitigation Learning Through Animated Videos to Improve Preparedness for Earthquake Disasters for Children with Intellectual Disabilities,” in International Conference on Special Education in South East Asia Region, Angstrom Centre of Education Journal Management, 2024. doi: 10.57142/picsar.v3i1.600.

[6] N. Wedyawati, A. E. Setyawan, A. Kurniati, and S. Sirhi, “Application Design of Gamikar (GAMIKAR) to Improve Understanding of Fire Mitigation Elementary School Students,” in International Seminar 2021 Welcoming The Society 5.0 Era with Writing Litearacy Acceleration, Komunitas Penulis Ilmiah Nusantara (KaPIN), 2021.

[7] R. W. Putra and F. Misky, “Inclusive In Online Games Brings Confidence For Players With Deaf Friends With Disabilities,” in AICON, 2023.

[8] R. W. Putra, “Pola Komunikasi Melalui Fitur Virtual Pada Game Mobile Legends,” Avant Garde, vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.36080/ag.v11i1.2349.

[9] R. W. Putra, “Analisis Sosiokultural Dalam Transformasi Budaya Game Online,” KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://jurnaldrpm.budiluhur.ac.id/index.php/Kresna/

[10] R. W. Putra, “Estetika Interaksi Permainan Real Drum dalam Pendekatan MDA Framework,” SASAK : Desaain Visual dan Komunikasi, vol. 7, no. 1, 2025, doi: 10.30812/sasak.v7i1.4383.

[11] S. Eom, C. Moon, A. Shim, J. Kang, and J. Lee, “Enhancing Game Mechanics for IP-Based Games The IP-MDA Framework with a Case Study on the White Day Korean Horror IP,” in Proceedings of the 20th International Conference on the Foundations of Digital Games, FDG 2025, Association for Computing Machinery, Inc, 2025. doi: 10.1145/3723498.3723769.

[12] C. Hayat, “Desain Game Kognitif Feeding Frog dengan Framework Mechanics, Dynamics, and Aesthetics dan Greenfoot pada Anak Usia Dini,” Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 14, no. 5, 2025, [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

[13] R. W. Putra and J. Anissa, “Analisis MDA Framework Pada Game Pokemon GO,” Kartala Visual Studies, vol. 2, no. 1, 2023.

[14] R. Junior and F. Silva, “Redefining the MDA Framework—The Pursuit of a Game Design Ontology,” Information, vol. 12, no. 10, Oct. 2021, doi: 10.3390/info12100395.

[15] F. Misky and R. W. Putra, “Estetika Virtual Dalam Game 3D ‘Dreadeye VR’ (Pendekatan MDA Framework),” Kartala Visual Studies, vol. 1, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.36080/kvs.v1i2.86.

Published

2025-11-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Perancangan Game Edukasi Mitigasi Bencana “Save Escape” Dengan Metode Mechanic, Dynamic, Aesthetic Framewok. (2025). Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 7(2). https://doi.org/10.30812/sasak.v7i2.5319