Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode 4-D
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v17i2.77Keywords:
multimedia, huruf hijaiyah, 4-d, alpha, betaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah. Pengenalan huruf Hijaiyah pada anak-anak usia dini sangatlah penting, karena mengenal huruf hijaiyah adalah dasar untuk mepelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. dengan multimedia pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat belajar pada anak-anak. Metode yang digunakan pada pengembangan multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah adalah metode 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pendifinisan masalah menggunakan survey lapangan dan mempelajari buku iqro, proses desain menggunakan Adobe Fotoshop CS6. Pada proses pengembangan dilakukan penggabungan materi berupa teks, gambar, audio, dan animasi dengan menggunakan adobe flash cs 6 dan dilanjutkan uji coba menggunakan metode Alpha dan Beta test. Hasil penelitian ini adalah DVD multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah yang siap digunakan. Berdasarkan hasil evaluasi pada saat penyebaran multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah dapat disimpulkan bahwa multimedia ini sangat membantu guru-guru taman pendidikan Al-Qur’an dan anak didiknya serta anak-anak yang ingin mengenal huruf hijaiyah.
.
Downloads
References
[2] Karman, “Penggunaan Media Digital di Kalangan Anak dan Remaja (Studi di Kota Jayapura Provinsi Papua)â€, Jakarta, Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol. 2 No.1, pp 35 - 50, September 2012
[3] Mahardika Prihadi Galang, “Digital Based Learning Dengan Model ADDIE Untuk Pembelajaran Doa Sehari-Hariâ€, Yogyakarta, Jurnal Teknoin Vol. 22 No. 2, pp 01 - 08, Juni 2015
[4] Mandasari Rizka dan Mislani, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Assure (Studi pada Siswa SMKN 3 Boyolangu Jurusan Listrik SK Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik)â€, Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 02, No. 02, pp 555 – 563, Oktober 2013
[5] Musfiqon, HM, “Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaranâ€, Prestasi Pustaka, Jakarta – Indoensia, 2012.
[6] Setiawan Zulvi Putu dan Napitupulu Efendi, “Aplikasi Media Pembelajaran Flipchart Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Pertembuhan dan Perkembangan Pada Pelajaran IPA Terpaduâ€, Medan, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 7, No. 2, pp 142 – 152, Oktober 2014
[7] Sumiatun, “Analisis Mutu Pembelajaran Praktikum Kebidanan Sebagai Upaya Peningkatan Pencapaian Komptensi Program Studi Diploma III Kebidanan STIKES Maharani Malangâ€, Malang, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 1, pp 78 - 93, Januari 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Anthony Anggrawan, Christofer Satria, Tinjauan Kritis Jurnal Ilmiah: Pengembangan dan Evaluasi Formatif Studi Kasus Multimedia untuk Siswa Desain dan Teknologi Pembelajaran , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Eddy Prasetyo Nugroho, Irawan Afrianto, Rini Nuraini Sukmana, Pengukuran Kelayakan Simulator Forensik Digital Menggunakan Metode Multimedia Mania , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- Jihadil Qudsi S., Anthony Anggrawan, EVALUASI PRODUK PEMBELAJARAN MULTIMEDIA (PELIN) EVALUATION OF LEARNING MULTIMEDIA PRODUCT (PELIN) , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 1 (2016)
- Yuniansyah Yuniansyah, Andri Saputra, PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATAKULIAH GRAFIK KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE ADDIE , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)
- Inna Novianty, Walidatush Sholihah, Yudawan Aditama, Aplikasi Virtual Reality Atom Kimia di Seamolec , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Muhammad Hairul Abror, Dadang Priyanto, MEDIA BANTU PEMBELAJARAN IPA SMP SEBAGAI BEKAL MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 15 No. 1 (2015)
- Adjie Wahyudinata, Harya Bima Dirgantara, Pengembangan Gim Edukasi 2D Pemilahan Sampah Daur Ulang Berbasis Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Harri Gunawan, Shinta Esabella, Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Aat Musik Tradisional Sumbawa Berbasis Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Christofer Satria, Anthony Anggrawan, Tinjauan Kritis Jurnal Ilmiah: “The Influence of Transformational Leadership and Organizational Culture on Learning Organization: a Comparative Analysis of The it Sector†, MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Gustin Setyaningsih, Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo, Debby Ummul Hidayah, Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMP N 1 Nusawungu Berbasis Smartphone Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Yuniansyah Yuniansyah, Andri Saputra, PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATAKULIAH GRAFIK KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE ADDIE , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)