Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Aat Musik Tradisional Sumbawa Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v18i1.335Keywords:
Android, Alat Musik, Sumbawa, Spriral Methode, Beta Test.Abstract
Penelitian bertujuan untuk merancang dan membangun Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Sumbawa Berbasis Android agar dapat di manfaatkan sebagai media belajar bagi masyarakat luas khususnya generasi muda Sumbawa serta menjaga tradisi Tana Samawa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu Metode Studi Pustaka, Wawancara dan Observasi serta menggunakan Spiral Methode sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Sumbawa Berbasis Android ini dibangun dengan Android Studio versi 3.0.1 dan basis data SQLite versi 3.8.2 sebagai Database Management System (DBMS) dengan target minimum Android versi 4.4 (Kitkat). Adapun metode pengujian menggunakan metode pengujian Beta Test yaitu pengujian yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada pengguna aplikasi secara langsung. Dalam Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Sumbawa Berbasis Android terdapat informasi tentang jenis alat musik, cara pembuatan alat musik dan cara memainkan alat musik. Aplikasi pengenalan alat musik tradisional Sumbawa ini telah dapat diakses dari Android Market yaitu Google Play Store.
Downloads
References
[2] Musbiawan, Hery.2016. Ragam Alat Musik Tradisional Sumbawa. Sumbawa: Kantor Arsip dan Perpustakaan Derah Sumbawa
[3] Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1991. Ensiklopedia Musik dan Tari Daerah Nusa Tenggara Barat. Mataram: Departeman pendidikan dan Kebudayaan
[4] Esabella, Shinta & Saiful K. 2018. “Web-Based Application of Sumbawa Culture Encyclopediaâ€. International Journal of Electronics Communication and Computer Engineering (IJECCE), Vol. 9, Issue 5, ISSN(oline) : 2249-071X, Page 144-147. Tanggal akses : 01 Oktober 2018
[5] Pressman, Roger S. 2012.Rekayasa Perangkat Lunak Pendekaran Praktisi Edisi 7.Yogyakarta: Andi Yogyakarta
[6] Sofya, N.D, dkk. 2017. “Rancang Bangun Aplikasi Kamus Bahasa Sumbawa Berbasis Androidâ€. Jurnal Matrik, Vol. 17, No. 1, ISSN: 2476-9843, hlmn 36-45. Tanggal akses : 22 Mei 2018.
Additional Files
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Mamluatul Hani'ah, Moch Zawaruddin Abdullah, Wilda Imama Sabilla, Syafaat Akbar, Dikky Rahmad Shafara, Google Trends and Technical Indicator based Machine Learning for Stock Market Prediction , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 2 (2023)
- Bakhtiyar Hadi Prakoso, Implementasi Support Vector Regression pada Prediksi Inflasi Indeks Harga Konsumen , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 1 (2019)
- M. Khairul anam, Esi Tri Emerlada, Susi Erlinda, Tashid Tashid, Torkis Nasution, The Application of Usability Testing to Analyze the Quality of Android-Based Acupressure Smart Chair Applications , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 2 (2023)
- Angelina Ervina Jeanette Egeten, PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA PASCASARJANA PADA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 2 (2017)
- Toni Anwar, Jeffri Prayitno Bangkit, Andri Laksono, Sistem Informasi Geografis Pemanfaatan Aset Tanah Daerah Di Dinas Perumahan Dan Pemukiman Kabupaten Purbalingga , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Tjut Awaliyah Zuraiyah, Sufiatul Maryana, Asep Kohar, Automatic Door Access Model Based on Face Recognition using Convolutional Neural Network , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 1 (2022)
- Arief Herdiansah, Sistem Pendukung Keputusan Referensi Pemilihan Tujuan Jurusan Teknik di Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII IPA Mengunakan Metode AHP , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Muhammad Tajuddin, Ahmat Adil, Andi Sofyan Anas, Game for Sasak Script Based on Knuth Morris Pratt Algorithm and ADDIE Model , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 1 (2022)
- Hiya Nalatissifa, Yudi Ramdhani, Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode Topsis untuk Menentukan Kelayakan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Anas Syaifudin, Purwanto Purwanto, Heribertus Himawan, M. Arief Soeleman, Customer Segmentation with RFM Model using Fuzzy C-Means and Genetic Programming , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 2 (2023)
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Shinta Esabella, PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 1 (2016)
- Shinta Esabella, Miftahul Haq, Muhammad Julkarnain, Tata Kelola Administrasi PKK Desa dengan Pengembangan Sistem Informasi BerbasisWeb , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 3 (2022)
- Nora Dery Sofya, Shinta Esabella, Rodianto Rodianto, RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS BAHASA SUMBAWA BERBASIS ANDROID , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)
- Haryati Haryati, Shinta Esabella, Rancang Bangun Aplikasi Sastra Lisan (Lawas) Khas Sumbawa Berbasis Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)