Pengukuran Kelayakan Simulator Forensik Digital Menggunakan Metode Multimedia Mania
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v21i2.1556Keywords:
Forensik Digital, Keusioner, Multimedia Mania, Pengukuran Kelayakan, SimulatorAbstract
Pengujian kelayakan suatu media pembelajaran merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjamin keberlangsungan, keberlanjutan dan keterikatan (engagement) antara aplikasi dengan penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kelayakan dari aplikasi simulator forensik digital sebagai media ajar untuk menginvestigasi keamanan sistem pada lingkungan jaringan komputer menggunakan metode multimedia mania. Bidang jaringan komputer dan internet merupakan lingkungan yang memiliki kerentanan yang sangat tinggi, dimana berbagai macam jenis eksploitasi terhadap lingkungan ini sering terjadi dan menyebabkan kerugian yang besar, sehingga pembelajaran pada bidang ini menjadi suatu hal yang penting dilingkungan sekolah, khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan bidang teknik dan jaringan komputer serta informatika. Multimedia mania merupakan suatu metode pengukuran kelayakan berupa rubrik yang menilai aspek-aspek teknis pada aplikasi multimedia. Rubrik ini digunakan untuk menggali lebih banyak informasi terkait keselarasan media pembelajaran dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna. Penilaian pada rubrik ini terdiri dari 5 aspek penting, yaitu mekanisme, elemen multimedia, struktur informasi, dokumentasi, dan kualitas konten multimedia. Hasil pengujian kelayakan simulator forensik digital di 4 sekolah menegah kejuruan mendapatkan nilai kelayakan sebesar 89,22% dari ahli media dan 96,55% dari penilaian siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa simulator forensik digital layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dan bahan ajar multimedia pada bidang investigasi keamanan jaringan komputer.
Downloads
References
[2] K. A. Z. Ariffin, , and F. H.Ahmad, "Indicators for maturity and readiness for digital forensic investigation in era of industrial revolution 4.0," Computers & Security, 105, 102237, 2021
[3] R. Montasari, R. Hill, V. Carpenter, and A.Hosseinian-Far, "The standardised digital forensic investigation process model (SDFIPM)." In Blockchain and Clinical Trial (pp. 169-209) , 2019, Springer, Cham.
[4] J. Simarmata et al., Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis, 2020.
[5] X. Xu, “Study on effective using of multimedia teaching system and enhancing teaching effect,†Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 12, no. 6, pp. 187–195, 2017, doi: 10.3991/ijet.v12i06.7093.
[6] Munir, W. Setiawan, E. P. Nugroho, J. Kusnendar, and A. P. Wibawa, “The effectiveness of Multimedia in Education for Special Education (MESE) to improve reading ability and memorizing for children with intellectual disability,†Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 13, no. 8, pp. 254–263, 2018, doi: 10.3991/ijet.v13i08.8291.
[7] I. Afrianto, A. F. Faris, and S. Atin, “Hijaiyah letter interactive learning for mild mental retardation children using Gillingham method and augmented reality,†Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 10, no. 6, pp. 334–341, 2019, doi: 10.14569/ijacsa.2019.0100643.
[8] G. Setiyaningsih, M. A. W. Prasetyo, and D. U. Hidayah, “Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMP N 1 Nusawungu Berbasis Smartphone Android,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 2, pp. 246–256, 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.365.
[9] A. Wahyudinata and H. B. Dirgantara, “Pengembangan Gim Edukasi 2D Pemilahan Sampah Daur Ulang Berbasis Android,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 1, pp. 129–138, 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.860.
[10] I. Afrianto and R. M. Furqon, “The Herbalist Game Edukasi Pengobatan Herbal Berbasis Android,†J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 8, no. 2, p. 27, 2018, doi: 10.21456/vol8iss2pp27-34.
[11] I. Novianty, W. Sholihah, and Y. Aditama, “Aplikasi Virtual Reality Atom Kimia Di Seamolec,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 2, pp. 257–262, 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.718.
[12] D. M. Rachmadani, “Simulasi Monitoring Tegangan Pada Jaringan Transmisi Berbasis IoT,†Aisyah J. Informatics Electr. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 131–135, 2021.
[13] S. U. Kurniyawati and A. Prastowo, “Kontribusi Model Simulasi Tik Untuk Menumbuhkan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd/Mi,†J. Teknol. Pendidik., vol. 14, no. 2, p. 88, 2021, doi: 10.24114/jtp.v14i2.26121.
[14] B. Fachri and F. H. Harahap, “Simulasi Penggunaan Intrusion Detection System (IDS) Sebagai Keamanan Jaringan dan Komputer,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 2, p. 413, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.2037.
[15] K. Al Fikri and D. Djuniadi, “Keamanan Jaringan Menggunakan Switch Port Security,†InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 5, no. 2, pp. 302–307, 2021.
[16] M. A. C. Rahmani and S. Prabowo, “Simulasi Keamanan Jaringan Dengan Metode DHCP Snooping dan VLAN,†JASIKA (Jurnal Apl. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 01, pp. 27–37, 2020.
[17] R. N. Sukmana and A. Ruhyat, “Analisis Dan Perancangan Ujian On Line Menggunakan Netsupport Schoool Melalui Pc Clonning,†J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 29–43, 2016.
[18] C. M. Shepherd and A. M. Mullane, “Rubrics: The key to fairness in performance based assessments,†J. Coll. Teach. Learn., vol. 5, no. 9, 2008.
[19] E. P. Nugroho, R. Yuliana, E. Junaeti, J. Kusnendar, H. W. Prabawa, and Munir, “Using simulation in network security learning,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1280, no. 3, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1280/3/032038.
[20] C. Shepherd and A. M. Mullane, “Managing Multimedia Mania: Taming The Technology Beast,†J. Coll. Teach. Learn., vol. 7, no. 1, 2010, doi: 10.19030/tlc.v7i1.79.
[21] E. B. Vasu Ellen S , Jane Steelman, Judy Lambert, “Multimedia Mania Student Checklist,†2003. [Online]. Available: https://fcit.usf.edu/assessment/performance/mm2002_rubric.kids.pdf.
[22] I. N. Kanca, G. Ginaya, and N. N. Sri Astuti, “Collaborative network learning (CNL) on students’ online learning,†Int. J. Linguist. Lit. Cult., vol. 7, no. 5, pp. 362–370, 2021.
[23] W. Wahyudin, A. M. Rishanty, M. Nursalman, S. Nazir, and L. S. Riza, “Learning through computer science unplugged on team assisted individualization on the computational thinking ability,†Linguist. Cult. Rev., vol. 5, no. S3, pp. 1442–1452, 2021.
[24] A. N. Khoirunnisa, E. F. Rahman, and L. Dewi, “Interactive Multimedia Kolb Experiential Learning Model Using Logistic Regression Algorithm to Improve Student Cognitive,†in International Visual Informatics Conference, 2021, pp. 195–204.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Achmad Lukman, Wahju Tjahjo Saputro, Erni Seniwati, Improving Performance Convolutional Neural Networks Using Modified Pooling Function , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 2 (2024)
- Ismarmiaty Ismarmiaty, Adam Bachtiar, ANALISIS PENGARUH VARIABEL MODEL UTAUT TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KOTA MATARAM , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)
- Putri Jafar, Dolly Indra, Fitriyani Umar, Color Feature Extraction for Grape Variety Identification: Naïve Bayes Approach , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 3 (2024)
- Egi Dio Bagus Sudewo, Muhammad Kunta Biddinika, Abdul Fadlil, DenseNet Architecture for Efficient and Accurate Recognition of Javanese Script Hanacaraka Character , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 2 (2024)
- Muhammad Furqan Nazuli, Muhammad Fachrurrozi, Muhammad Qurhanul Rizqie, Abdiansah Abdiansah, Muhammad Ikhsan, A Image Classification of Poisonous Plants Using the MobileNetV2 Convolutional Neural Network Model Method , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 2 (2025)
- Ismarmiaty Ismarmiaty, Desventri Etmy, Model Pendekatan UTAUT2 Modifikasi pada Analisis Penerimaan dan Penggunaan Teknologi E-Government di Nusa Tenggara Barat , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Gustin Setyaningsih, Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo, Debby Ummul Hidayah, Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMP N 1 Nusawungu Berbasis Smartphone Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
- Ardi Mardiana, Ade Bastian, Ano Tarsono, Dony Susandi, Safari Yonasi, Optimized YOLOv8 Model for Accurate Detection and Quantificationof Mango Flowers , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 3 (2025)
- Imanuddin Imanuddin, Fachrid Alhadi, Raza Oktafian, Ahmad Ihsan, Deteksi Mata Mengantuk pada Pengemudi Mobil Menggunakan Metode Viola Jones , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
- Haryati Haryati, Shinta Esabella, Rancang Bangun Aplikasi Sastra Lisan (Lawas) Khas Sumbawa Berbasis Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Irawan Afrianto, Andri Heryandi, Sufa Atin, Blockchain-based Trust, Transparent, Traceable Modeling on Learning Recognition System Kampus Merdeka , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 2 (2023)