Augmented Reality sebagai Pendukung Inovasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Abstract
Inovasi pembelajaran sains diperlukan untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penggunaan teknologi seperti Augmented Reality (AR) dapat memberikan peluang dalam pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang lebih interaktif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis inquiry terbimbing dengan bantuan teknologi AR pada materi fluida untuk kelas XI, dan menguji efektifitas LKPD dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukan LKPD berbasis inquiry terbimbing berbantuan AR telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Respon peserta didik menunjukan antusias yang positif terhadap penggunaan LKPD. Teknologi AR mendukung visualisasi yang interaktif, sehingga peserta didik lebih mudah memahami konsep sains yang abstrak dan meningkatkan motivasi peserta didik. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi yang signifikan dalam inovasi pembelajaran sains untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
References
Amalia, S., & Pilendia, D. (2022). Pengembangan bahan ajar Fisika berbasis M-Learning untuk meningkatkan akses belajar siswa di era digital. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 207–213. https://doi.org/10.5281/zenodo.6618702
Cai, S., Niu, X., Wen, Y., & Li, J. (2023). Interaction analysis of teachers and students in inquiry class learning based on augmented reality by iFIAS and LSA. Interactive Learning Environments, 31(9), 5551–5567. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.2012808
Chandra, A. N., & Hayati, M. (2021). Pengembangan LKPD Fisika kelas X berbasis DBL (Discovery Based Learning) dilengkapi Soal HOTS. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.31958/je.v1i1.3278
Ekawati, E. Y., & Prastyo, A. (2022). Optimization of TPACK-based project learning in micro-teaching courses in physics education study programs during the pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 12035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012035
Fiskia, F. R., & Haris, A. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) assemblr edu terhadap minat belajar IPA peserta didik. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 1012–1019. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1188
Fitriyah, J. I., A’yuna, Q. W., & Himmah, R. (2023). Development of e-student worksheets based on guided inquiry assited by augmented reality and three dimension on human excretory system topic. Journal of Chemistry Education Research, 7(2), 277–289. https://doi.org//10.26740/jcer.v7n2.p277-289
Fortuna, T. F., Supeno, S., & Ahmad, N. (2023). Identifikasi potensi geosite di kawasan Ijen geopark sebagai sumber belajar IPA. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(4), 385–395. https://doi.org/10.31764/justek.v6i4.19583
Ghifari, Y., Rienovita, E., & Amelia, D. (2025). Penggunaan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.37081/ed.v13i1.6459
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Heri, S. (2023). Pengaruh model reflective learning terhadap kemampuan historical empathy peserta didik. UNIVERSITAS LAMPUNG.
Husein, W. M. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan teknologi informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal Petisi, 3(1), 20–28.
Indra, Z., & Idramsa, I. (2022). Augmented reality development with android-based marker based tracking method on learning media. AIP Conference Proceedings, 2659(1), 090003. https://doi.org/10.1063/5.0118394
Indriani, D., Hindriana, A. F., & Sulistyono, S. (2023). Pengembangan LKPD berbasis augmented reality dalam metode praktikum materi organ indera untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan keterampilan proses sains. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 8(1).
Inggriani, I., Ningsih, K., & Tenriawaru, A. B. (2021). The feasibility of guided inquiry based Powtoon video media submatter pressure organism. Jurnal Mangifera Edu, 6(1), 1–19.https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v6i1.123
Irawati, S., & Ariani, T. (2024). Pengembengan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 2(2), 513–520.
Islamiyati, D., Rokhmat, J., & Anwar, Y. A. S. (2024). Pengembangan LKPD kearifan lokal berbasis augmented reality untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berpikir kreatif: Systematic literature review. Kappa Journal, 8(2), 301–306. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27312
Kaharuddin, K. K. M., Syafrinal, I., & Pernando, Y. (2025). Efektivitas integrasi augmented reality dalam pembelajaran tematik kelas 3 siswa sekolah dasar menggunakan model ARCS. Journal of Information System Research, 6(2), 803–811. https://doi.org/10.47065/josh.v6i2.6070
Lin, X.-F., Hwang, G.-J., Wang, J., Zhou, Y., Li, W., Liu, J., & Liang, Z.-M. (2023). Effects of a contextualised reflective mechanism-based augmented reality learning model on students’ scientific inquiry learning performances, behavioural patterns, and higher order thinking. Interactive Learning Environments, 31(10), 6931–6951. https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2057546
Mahyuny, S. R., Nursamsu, N., Hasruddin, H., & Muslim, M. (2022). Development of students worksheet learning tools made by ethnoscience based on science literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2001–2007. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1949
Mukti, W. A. H. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis pembelajaran berbasis proyek untuk mata pelajaran Fisika: Sebuah literatur review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.970
Nasir, M., & Fakhruddin, Z. (2023). Design and analysis of multimedia mobile learning based on augmented reality to improve achievement in Physics learning. International Journal of Information and Education Technology, 13(6), 993–1000. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.6.1897
Nkomo, L. M., Daniel, B. K., & Butson, R. J. (2021). Synthesis of student engagement with digital technologies: A systematic review of the literature. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(34), 1–26. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00270-1
Prahastiwi, R. B., Hidayat, A., & Sulasmi, E. (2021). Pemahaman konsep fluida statis dengan contrasting cases. KONSTAN-JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 6(2), 109–114.
Prasetia, S. E. (2023). Development of an e-worksheet scientific approach to enhance critical thinking of 8th grade students. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 7(2), 65. https://doi.org/10.12928/ijeme.v7i2.29580
Purwandari, P., Yusro, A. C., & Purwito, A. (2021). Modul fisika berbasis augmented reality sebagai alternatif sumber belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 38–46. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2874
Rahma, Y. A., Hasanah, D., & Setyawan, D. N. (2024). Penggunaan LKPD berbasis augmented reality pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP/MTs: Studi literatur. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 407–416. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1535
Ravi, A., & Polonia, B. S. E. (2024). Lembar kerja peserta didik dengan pendekatan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN), 3(2), 89–98.
Ro’is, N. A., Wardana, K. A. K., Dwijayanto, R., & Hadi, R. F. (2025). Penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar. Sindoro Cendikia Pendidikan, 11(5). https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Nengsih, N. W., Nafiisah, R., & Al-fath, V. I. (2023). Peranan teknologi pada implementasi kurikulum merdeka di SDN Kabupaten Purwakarta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3097–3110.
Rozi, F., Fitrah, Y., Izzara, W. A., Ambiyar, A., & Wulansari, R. E. (2024). Preferensi minat dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran elektronika dasar dengan pendekatan augmented reality-based learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6338–6346. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13377
Safitri, M., Sarman, F., Rosadi, A., Hidayah, N., Kalifah, N. R. ., Dailami, Dewi, M., Setiawan, E., Tuerah, R. P., & Atikah, C. (2023). Pengembangan media pembelajaran. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Sari, G. K., & Fathurrahman, M. (2024). Pengembangan LKPD berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas IV sekolah dasar.
Adhan, H., Putri, D. H., & Purwanto, A. (2023). Penerapan problem based learning berbantuan e-magazine untuk meningkatkan hasil belajar materi fluida statis. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 5(2), 46–54.
Amalia, S., & Pilendia, D. (2022). Pengembangan bahan ajar Fisika berbasis M-Learning untuk meningkatkan akses belajar siswa di era digital. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 207–213. https://doi.org/10.5281/zenodo.6618702
Cai, S., Niu, X., Wen, Y., & Li, J. (2023). Interaction analysis of teachers and students in inquiry class learning based on augmented reality by iFIAS and LSA. Interactive Learning Environments, 31(9), 5551–5567. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.2012808
Chandra, A. N., & Hayati, M. (2021). Pengembangan LKPD Fisika kelas X berbasis DBL (Discovery Based Learning) dilengkapi Soal HOTS. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.31958/je.v1i1.3278
Ekawati, E. Y., & Prastyo, A. (2022). Optimization of TPACK-based project learning in micro-teaching courses in physics education study programs during the pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 12035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012035
Fiskia, F. R., & Haris, A. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) assemblr edu terhadap minat belajar IPA peserta didik. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(2), 1012–1019. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1188
Fitriyah, J. I., A’yuna, Q. W., & Himmah, R. (2023). Development of e-student worksheets based on guided inquiry assited by augmented reality and three dimension on human excretory system topic. Journal of Chemistry Education Research, 7(2), 277–289. https://doi.org//10.26740/jcer.v7n2.p277-289
Fortuna, T. F., Supeno, S., & Ahmad, N. (2023). Identifikasi potensi geosite di kawasan Ijen geopark sebagai sumber belajar IPA. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(4), 385–395. https://doi.org/10.31764/justek.v6i4.19583
Ghifari, Y., Rienovita, E., & Amelia, D. (2025). Penggunaan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.37081/ed.v13i1.6459
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Heri, S. (2023). Pengaruh model reflective learning terhadap kemampuan historical empathy peserta didik. UNIVERSITAS LAMPUNG.
Husein, W. M. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan teknologi informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal Petisi, 3(1), 20–28.
Indra, Z., & Idramsa, I. (2022). Augmented reality development with android-based marker based tracking method on learning media. AIP Conference Proceedings, 2659(1), 090003. https://doi.org/10.1063/5.0118394
Indriani, D., Hindriana, A. F., & Sulistyono, S. (2023). Pengembangan LKPD berbasis augmented reality dalam metode praktikum materi organ indera untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan keterampilan proses sains. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 8(1).
Inggriani, I., Ningsih, K., & Tenriawaru, A. B. (2021). The feasibility of guided inquiry based Powtoon video media submatter pressure organism. Jurnal Mangifera Edu, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v6i1.123
Irawati, S., & Ariani, T. (2024). Pengembengan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 2(2), 513–520.
Islamiyati, D., Rokhmat, J., & Anwar, Y. A. S. (2024). Pengembangan LKPD kearifan lokal berbasis augmented reality untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berpikir kreatif: Systematic literature review. Kappa Journal, 8(2), 301–306. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27312
Kaharuddin, K. K. M., Syafrinal, I., & Pernando, Y. (2025). Efektivitas integrasi augmented reality dalam pembelajaran tematik kelas 3 siswa sekolah dasar menggunakan model ARCS. Journal of Information System Research, 6(2), 803–811. https://doi.org/10.47065/josh.v6i2.6070
Lin, X.-F., Hwang, G.-J., Wang, J., Zhou, Y., Li, W., Liu, J., & Liang, Z.-M. (2023). Effects of a contextualised reflective mechanism-based augmented reality learning model on students’ scientific inquiry learning performances, behavioural patterns, and higher order thinking. Interactive Learning Environments, 31(10), 6931–6951. https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2057546
Mahyuny, S. R., Nursamsu, N., Hasruddin, H., & Muslim, M. (2022). Development of students worksheet learning tools made by ethnoscience based on science literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2001–2007. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1949
Mukti, W. A. H. (2024). Pengembangan E-LKPD berbasis pembelajaran berbasis proyek untuk mata pelajaran Fisika: Sebuah literatur review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.970
Nasir, M., & Fakhruddin, Z. (2023). Design and analysis of multimedia mobile learning based on augmented reality to improve achievement in Physics learning. International Journal of Information and Education Technology, 13(6), 993–1000. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.6.1897
Nkomo, L. M., Daniel, B. K., & Butson, R. J. (2021). Synthesis of student engagement with digital technologies: A systematic review of the literature. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(34), 1–26. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00270-1
Prahastiwi, R. B., Hidayat, A., & Sulasmi, E. (2021). Pemahaman konsep fluida statis dengan contrasting cases. KONSTAN-JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 6(2), 109–114.
Prasetia, S. E. (2023). Development of an e-worksheet scientific approach to enhance critical thinking of 8th grade students. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 7(2), 65. https://doi.org/10.12928/ijeme.v7i2.29580
Purwandari, P., Yusro, A. C., & Purwito, A. (2021). Modul fisika berbasis augmented reality sebagai alternatif sumber belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 38–46. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2874
Rahma, Y. A., Hasanah, D., & Setyawan, D. N. (2024). Penggunaan LKPD berbasis augmented reality pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP/MTs: Studi literatur. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 407–416. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1535
Ravi, A., & Polonia, B. S. E. (2024). Lembar kerja peserta didik dengan pendekatan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN), 3(2), 89–98.
Ro’is, N. A., Wardana, K. A. K., Dwijayanto, R., & Hadi, R. F. (2025). Penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar. Sindoro Cendikia Pendidikan, 11(5). https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Nengsih, N. W., Nafiisah, R., & Al-fath, V. I. (2023). Peranan teknologi pada implementasi kurikulum merdeka di SDN Kabupaten Purwakarta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3097–3110.
Rozi, F., Fitrah, Y., Izzara, W. A., Ambiyar, A., & Wulansari, R. E. (2024). Preferensi minat dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran elektronika dasar dengan pendekatan augmented reality-based learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6338–6346. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13377
Safitri, M., Sarman, F., Rosadi, A., Hidayah, N., Kalifah, N. R. ., Dailami, Dewi, M., Setiawan, E., Tuerah, R. P., & Atikah, C. (2023). Pengembangan media pembelajaran. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Sari, G. K., & Fathurrahman, M. (2024). Pengembangan LKPD berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas IV sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2478–2491. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13330
Sari, I. N., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.5347
Setiawaty, S., Lukman, I. R., Imanda, R., Sudirman, S., & Rauzatuzzikrina, R. (2024). Integrating of mobile augmented reality applications through inquiry learning to improve students’ science process skills and mastery of science concept. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.48891
Sırakaya, M., & Alsancak Sırakaya, D. (2022). Augmented reality in STEM education: A systematic review. Interactive Learning Environments, 30(8), 1556–1569. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1722713
Taha, A. B. A. ., & Hanid, A. B. F. M. (2023). Augmented reality applications in educational technology subject for undergraduate students at UTM Skudai. International Innovation Competition in Education 2023, 31–34.
Ulfah, I. F., & Nasution, H. (2024). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis augmented reality dengan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 785–795. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4203
Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). Pemanfaatan augmented reality untuk melatih keterampilan berpikir abad 21 di pembelajaran IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 132. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57256