Peningkatan Pemahaman Kalimat Efektif pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia dengan Media Permainan Daring
Abstract
Pembelajaran kalimat efektif di perguruan tinggi merupakan aspek penting dalam meningkatkan kemampuan komunikasi yang jelas dan terstruktur. Namun, mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam memahami dan menerapkan prinsip kalimat efektif, terutama di luar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa terhadap kalimat efektif melalui media permainan daring Quizizz pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Teknikdan instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung lebih memahami materi kalimat efektif yang disampaikan dengan pendekatan interaktif menggunakan Quizizz. Sebagian besar mahasiswa memberikan umpan balik positif, menyatakan bahwa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton. Selain itu, mahasiswa dapat dengan mudah mengevaluasi kesalahan mereka, terutama dalam penggunaan tanda baca, kata baku, dan huruf kapital. Quizizz juga terbukti efektif sebagai alat evaluasi, membantu dosen mengidentifikasi kesulitan mahasiswa dan merancang materi pembelajaran yang lebih sesuai. Implikasi hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran interaktif seperti Quizizz meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa, sekaligus menciptakan pengalaman belajar yang inovatif.
References
Al Akbar, A., Elfianty, L., Beti, I. Y., Hermansyah, E., Sari, M. O., and Andika, M. (2025). Sosialisasi
cara menggunakan Quizizz sebagai media pembelajaran online di SMPN 22 Kota Bengkulu. Jurnal
Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 4(2):303–311. https://doi.org/10.54314/jpstm.v4i2.2547.
Anggraeni, N. K. P. and Sari, R. K. (2022). Pandangan mahasiswa terhadap pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 8(2):762.https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14066.
Arini, K. A. D. and Hidayanto, E. (2025). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik menggunakan
aplikasi Quizizz metode kolaborasi dalam pembelajaran Matematika. Journal of Innovation and
Teacher Professionalism, 3(2):403–410. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p403-410.
Asidiqi, D. F. and Adiputra, D. K. (2024). Persepsi mahasiswa PGSD terhadap implementasi Quizizz sebagai media kuis interaktif berbasis artificial intelligence. Jurnal Basicedu, 8(1):568–575. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7168.
Botifar, M., Ifnaldi, I., and Khair, U. (2024). Pengembangan silabus dan materi ajar mata kuliah Bahasa Indonesia berbasis literasi komprehensif. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 20(1):32–44. https://doi.org/10.25134/fon.v20i1.8451.
Damayanti, W., Fuadin, A., and Wijaya Abdul Rozak, R. (2023). Analisis dan redesain RPS berbasis
riset untuk meningkatkan kemampuan 6c mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Semantik,12(2):251–264. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p251-264.
Farihiyah, F. (2024). Analisis kalimat bermasalah dalam karya ilmiah mahasiswa PGSD Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu. Jurnal Darma Agung, 31(1):788. https://doi.org/10.46930/
ojsuda.v31i1.4198.
Hapsari, E. D. and Rizaldy, D. R. (2022). Peningkatan keterampilan menulis kalimat efektif dengan model pembelajaran Student Team Achievement Team (STAD) melalui Google Meet. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 6(3):432. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.525.
Hutauruk, S. C., Hutasoit, M. E., Panggabean, L. F., Manik, T., and Hutagalung, P. N. S. (2025).
Penerapan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SKB Medan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 7(1):1–14.
Musdolifah, A., Istianingrum, R., Deden, D., Indriawati, P., Maulida, N., and Prasetya, K. H. (2023).
Edukasi kalimat efektif sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X BR 3
SMK Negeri 3 Balikpapan. Abdimas Universal, 5(2):297–304. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i2.345.
Nainggolan, I. C., Fasyah, N., Panggabean, N. P., Pardosi, N. M. V., Saragih, Y. V., and Hadi, W.
(2024). Analisis kesalahan penggunaan bahasa sesuai dengan ejaan yang disempurnakan edisi V
pada penulisan karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Medan. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia,1(2):1–8. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i2.2502.
Puspitasari, N. and Rubiyanto, A. (2024). Pelatihan e-learning sebagai media pembelajaran interaktif bagi guru-guru di SDN Candimulyo 3 Madiun Jawa Timur. Sewagati, 8(4):1986–1993. https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i4.1724.
Rahalaka, M. K. P. (2025). Peningkatan motivasi belajar mata pelajaran Bahasa siswa melalui model team game tournamen berbasis media Quizizz. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,9(1):240–253. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p403-410.
Santidar, A. D. (2025). Pengembangan media pembelajaran game edukasi Baamboozle menggunakan model assure pada materi konsep fikih dalam Islam dikelas X MA Hidayatul Insan. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 3(1):417–426. https://doi.org/10.61722/jssr.v3i1.3514.
Sopwandin, I., Firdaus, F. A., Haryanto, D., Nurhakim, N., and Hakim, T. L. (2024). Evaluasi pembelajaran tengah semester pada perguruan tinggi berbasis Quizizz. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,7(1):1005–1010. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3839.
Susila, H. R. and Qosim, A. (2024). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1):107–114. https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.1061.
Susmita, N. (2022). Ketidakefektifan kalimat pada latar belakang skripsi program studi Pendidikan
Bahasa Indonesia STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter,
5(2):145. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9719.
Zulfadhli, M., Hamdani, H., and Agustin Rebecca Lakawa (2022). Analisis kemampuan penulisan
kalimat efektif mahasiswa di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. GERAM Jurnal Pendidikan
Bahasa dan Sastra, 10(2):42–51. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10650.
Zvarych, I., Tonkonoh, I., Bopko, I., Melnychuk, S., Mehela, K., and Shyrmova, T. (2023). The
effectiveness of using simulation in learning a foreign language. Forum for Linguistic Studies, 5(3):1–14. https://doi.org/10.59400/fls.v5i3.1916.