Evaluasi Performa Aplikasi Tes Diagnostik Certainty of Response Index Berbasis Android Menggunakan PageSpeed Insights
Abstract
Kurangnya pemahaman mendalam terhadap konsep dasar fisika menjadi kendala utama bagi banyak siswa dalam mempelajari sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi performa aplikasi MagDiag sebagai alat untuk mendeteksi miskonsepsi siswa pada materi medan magnet. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) untuk mengembangkan aplikasi dan dirancang agar dapat berjalan lancar di perangkat desktop maupun mobile. Pada tahap analisis, kebutuhan aplikasi berbasis CRI (Certainty Response Index) untuk mendeteksi miskonsepsi siswa diidentifikasi. Desain aplikasi meliputi pengembangan
soal berbasis CRI dan desain antarmuka pengguna yang responsif. Pada tahap pengembangan, aplikasi diuji coba menggunakan alat PageSpeed Insights untuk mengukur performa aplikasi, mencakup metrik seperti First Contentful Paint, Total Blocking Time, Speed Index, Largest Contentful Paint, dan Cumulative Layout Shift.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi MagDiag memiliki performa yang optimal pada perangkat desktop dengan beberapa area yang perlu diperbaiki pada perangkat mobile. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan instrumen tes diagnostik berbasis teknologi Selain itu, pengujian lebih lanjut dengan melibatkan siswa sebagai pengguna
aplikasi sangat diperlukan untuk mendapatkan umpan balik langsung dari pengguna terkait pengalaman mereka dan dampaknya terhadap pemahaman konsep sebagai rekomendasi penelitian lebih lanjut.
References
SMA Negeri 1 Bati-Bati menggunakan metode Certainty of Response Index pada materi gaya. Journal
of Authentic Research, 2(1):1–25. https://doi.org/10.36312/jar.v2i1.1032.
Arruum, N. L. and Desstya, A. (2024). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi gaya dan gerak
menggunakan Certainty of Respons Index (CRI) di sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan,
7(2):34–48. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i2.3193.
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., and Prasetya, R. (2021). Four tier-magnetic diagnostic test (4T-MDT):
Instrumen evaluasi medan magnet untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi
Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 5(2):110–115. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.
1205.
Diofanu, A., Wijoyo, S. H., and Wicaksono, S. A. (2020). Pengembangan e-modul berbasis electronic
publication (EPUB) menggunakan model pengembangan ADDIE pada mata pelajaran Pemrograman
Dasar di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer,
4(7):2204–2211.
Efitra (2022). Optimasi website Duniagoogle.com untuk meningkatkan pengunjung halaman menggu-
nakan metode Search Engine Optimization (SEO). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(3):705.
https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i3.4252.
Fauzi, A. M. N., Triayudi, A., and Sholihati, I. D. (2022). Mengukur tingkat kepuasan pngguna aplikasi
kearsipan menggunakan System Usability Scale dan Pieces Framework. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian
dan Pembelajaran Informatika), 7(1):231–239. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2452.
Fitriani, S., Sholahuddin, M. R., and Setiarini, S. D. (2022). Rancang bangun REST API aplikasi sistem
informasi gardu distribusi berbasis android dan web. Journal of Information System Research (JOSH),
4(1):219–226. https://doi.org/10.47065/josh.v4i1.2362.
Hak Cipta © 2025 Penulis
Dipublikasi oleh Universitas Bumigora
7
Detina & Saputro, et al. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/upgrade/index
Helda, N., Sanusi, S., and Suhendra, R. (2023). Merancang dan mengembangkan game kartu memori
berbasis web sebagai media pendidikan untuk anak-anak. Jurnal Minfo Polgan, 12(2):2326–2332.
https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13252.
Hermanto, I. M., Nurhayati, Tahir, I., and Yunus, M. (2023). Penerapan model Guided Context-and
Problem-Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gelombang bunyi. JPF
(Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1):151–162. https:
//doi.org/10.24252/jpf.v11i1.36233.
Indrajatun, D. A. R. and Desstya, A. (2022). Analisis miskonsepsi materi sistem pencernaan manusia
menggunakan Certainty of Response Index di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4):6345–6353.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3244.
Kurniawan, M. F., Setianto, W., and Ilyas, A. (2021). Implementasi module Google PageSpeed pada
Apache web server untuk meningkatkan performa aplikasi web. IC-Tech, 16(2). https://doi.org/
10.47775/ictech.v16i2.209.
Nur, A. and Azzahra, A. A. (2024). Pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi berbasis
mobile dan desktop untuk pembelajaran jarak jauh. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, 5(1):1–14.
https://doi.org/10.3785/kohesi.v5i1.6818.
Panduwika, P. and Solehatin, S. (2024). Performance measurement implementation on the smart fisheries
village website using PageSpeed Insight. Journal of Soft Computing Exploration, 5(2):161–172.
https://doi.org/10.52465/joscex.v5i2.363.
Permana, H. and Bakri, F. (2022). Pelatihan pembuatan instrumen tes diagnostik Fisika untuk mengetahui
miskonsepsi pada peserta didik. Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(1):29–36.
https://doi.org/10.58797/teras.0101.05.
Putri, A. N. and Hindrasti, N. E. K. (2020). Identifikasi miskonsepsi mahasiswa pada konsep evolusi
menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Kiprah, 8(1):12–18. https://doi.org/
10.31629/kiprah.v8i1.1604.
Rizki, M., Fauziah, F., and Sholihati, I. D. (2024). Sistem informasi monitoring Mutaba’Ah menggunakan
Metode Agile Extreme Programming pada Yayasan Daarut Tauhiid. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian
dan Pembelajaran Informatika), 9(1):136–145. https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4326.
Saputra, R., Henim, S. R., and Trisnadoli, A. (2022). Pengembangan sistem informasi akuntansi kios ikan
laut berbasis Web dan mobile. Journal of Applied Computer Science and Technology, 3(2):186–192.
https://doi.org/10.52158/jacost.v3i2.361.
Taqwa, M. R. A., Suyudi, A., and Sulur, S. (2020). Analisis miskonsepsi topik suhu dan Kalor mahasiswa
Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(3):522.
https://doi.org/10.28926/briliant.v5i3.502.
Tengriano, H. A., Yunus, A., and Sudirman (2022). Analisis performa website AyoMulai menggunakan
GTMetrix dan Page Speed Insights. KHARISMA Tech, 17(2):199–213. https://doi.org/10.
55645/kharismatech.v17i2.347.
Walton, P. (2024). PageSpeed tools.