Analisis Penggunaan Platform Berbagi Video dalam Mendorong Self-Directed Learning Siswa pada Pembelajaran Pengembangan Perangkat Lunak dan Game

  • Fatahul Aziz Universitas Bumigora
  • Ahmad Tsaaqib Arsalaan Universitas Bumigora
  • Nur Widaniah Universitas Bumigora

Abstract

Platform berbagi video seperti YouTube dapat mendukung pembelajaran mandiri yang memperkaya pengetahuan secara teoritis dan praktis bagi siswa terutama pada pembelajaran pengembangan perangkat lunak dan game. Terlebih penggunaan YouTube sebagai plaftform pembelajaran mandiri semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan YouTube dalam mendorong self-directed learning siswa pada pembelajaran pengembangan perangkat lunak dan game. Metode penelitian ini adalah penelitian deskritif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT). Hasil penelitian ini menunjuukan penggunaan YouTube dapat mendorong self-directed learning siswa pada pembelajaran pengembangan perangkat lunak dan game. Implikasi penelitian ini dapat memberikan wawasan mendalam berkaitan dengan peran YouTube dalam mengupgrade kemampuan self-directed learning siswa, serta mengidentifikasi strategi yang dapat mendukung memaksimalkan penggunaan platform ini dalam pembelajaran pengembangan perangkat lunak dan game.

References

Ariyanto, S. R., Umaroh, S. T., Pratama, M. Y., and Nugraha, A. S. (2024). Mengoptimalkan penggunaan
Youtube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(2):85–98. https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i2.73122.

Azizah, Z., Nurlela, N., and Surtiyoni, E. (2024). Pengembangan pedoman pembelajaran mandiri
untuk meningkatkan self directed learning readiness. Indonesian Research Journal on Education,
4(2):979–987. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.574.

Baihaqi, A., Mufarroha, A., and Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan
Agama Islam efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan
Islam, 07(01):74–88. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.19.

Citraningsih, D. and Wiranata, R. R. S. (2022). Analisis SWOT pembelajaran daring era pandemi Covid-
19 pada sekolah dasar. Humanika, 22(1):21–40. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.47092.

Daraini, N. S. and Masnawati, E. (2024). Peran media sosial Youtube sebagai media edukasi dalam
pendidikan generasi z. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2):81–87. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.417.

Jannah, M., Faizah, A. N., Indraputri, A. J., Puspita, V. E., Hidayat, R., and Ikaningtyas, M. (2024).
Pentingnya analisis SWOT dalam suatu perencanaan dan pengembangan bisnis. IJESPG Journal,
2(1):9–17. https://doi.org/10.26638/ijespg.113.

Komalasari, H., Budiman, A., Masunah, J., and Sunaryo, A. (2021). Desain multimedia pembelajaran tari
rakyat berbasis android sebagai self directed learning mahasiswa dalam perkuliahan. Mudra Jurnal
Seni Budaya, 36(1):96–105. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i1.1260.

Munti, N. Y. S. and Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2):1805–1975. https:
//doi.org/10.31004/jptam.v4i2.

Mustika, D. and Muharaeni, T. A. (2022). Penggunaan media Youtube dalam menunjang pembelajaran
jarak jauh sebagai sumber belajar IPS (studi deksriptif di kelas VIII-A SMP Tunas Baru Ciparay).
RESOURCE| Research of Social Education, 1(2):27–36.

Permatasari, S. A. and Anggaryani, M. (2021). Penerapan self-directed learning (sdl) dalam Pembelajaran
Fisika SMA berbasis daring pada pokok Bahasan Hukum Newton. PENDIPA Journal of Science
Education, 5(3):403–411. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.403-411.

Ramadhan, A., Jalinus, N., Ta’ali, T., and Mulianti, M. (2021). Pengembangan modul elektronik
berbasis model pembelajaran self directed learning pada mata pelajaran Pengelasan. JINOTEP
(Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, 8(1):91–100.
https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p091.

Rifai, Z. and Witriantino, D. A. (2022). Analisis digital marketing website Hompimpaa.id menggunakan
metode analisis SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force. Indonesian Journal on
Software Engineering (IJSE), 8(1):75–82. https://doi.org/10.31294/ijse.v8i1.11796.

Saputra, A. R. I., Nuh, I. A., Haq, F. H. R., and Marjuki, A. P. (2023). Efektifitas Youtube sebagai media
pembelajaran online. Jurnal Literasi Digital, 3(1):1–11. https://doi.org/10.54065/jld.3.1.2023.287.

Suparman, S. and Yuliadi, I. (2022). Pengaruh penerapan media video tutorial terhadap hasil belajar
peserta didik dalam mata diklat konstruksi dan utilitas gedung. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala,
7(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4354.

Suwanto, S. (2022). Meningkatkan karakter mandiri melalui video pembelajaran sebagai media pembelajaran
jarak jauh. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3):913–928. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.729.

Suwarto, S., Muzaki, A., and Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media YouTube sebagai media
pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan :
Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1):26–30. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531.

Tanjung, R., Arini, D. A., and Syahid, A. (2022). Pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran guna
meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Tahsinia, 3(1):1–10. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.305.

Tyas, N. K. (2022). Students’ perception on self-directed learning (sdl) in learning English by using
Youtube video. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and
Literature, 10(2):1307–1314. https://doi.org/10.24256/ideas.v10i2.3208.

Widiastuti, F. D. and Fauziya, D. S. (2024). Pemanfaatan media audio visual Youtube untuk meningkatkan
kemampuan menulis berita pada pembelajaran Indonesia. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya,
3(3):27–43. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3784.

Wulandari, T., Ikhtiono, G., and Asmahasanah, S. (2021). Pengaruh model self-directed learning terhadap
hasil belajar siswa PAI pada masa pandemi. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education,
8(1):12–22. https://doi.org/10.17509/t.v8i1.33875.

Yudho, F. H. P., Fauziah, S., Yuliandra, R., Nasution, N. S., and Aryanti, N. E. (2022). Pengaruh gaya mengajar
student achievement divison dan self directed learning terhadap capaian belajar materi roll depan.
Satya Widya, 38(2):125–134. https://doi.org/10.24246/j.sw.2022.v38.i2.p125-134.
Published
2024-09-10