Analisis Aplikasi Desain Printed Circuit Board untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Siswa
Abstract
Computational Thinking (CT) merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa dalam menghadapi era digital. Maka dari itu, guru perlu mendorong kemampuan CT siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang aplikatif seperti aplikasi EAGLE. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan Aplikasi Eagle untuk mengembangkan kemampuan CT siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian adalah guru SMKN 3 Mataram, teknik dan instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan aplikasi desain Printed Circuit Board (PCB), yaitu aplikasi EAGLE dapat mengembangkan kemampuan CT siswa. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi para pendidik untuk menggunakan aplikasi EAGLE dalam mendesain PCB guna mendorong kemampuan CT siswa dan juga dapat digunakan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam penggunakan aplikasi EAGLE terhadap CT.
References
S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., Ningrum, W. W., Astuti, N. P., Nelly, N., Ilyas, F. S., Ramli, A.,
Kurniati, Y., and Yuliastuti, C. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif. SonPedia Publishing
Indonesia, Jambi.
Alhafiz, N. (2021). Analisis profil gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri
23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5):1133–1142. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946
Apriana, D., Suarni, N. K., Margunayasa, I. G., and Hudri, M. (2024). Meta analisis implementasi computational thinking untuk meningkatkan hasil belajar IPAS di sekolah dasar. Journal of Elementary School (JOES), 7(1):35–42. https://doi.org/10.31539/joes.v7i1.8709
Hidayat, Y., Nukhbatillah, I. A., Setiawati, S., Milah, A. R., Dhiaulhaq, F., and Hilma, D. (2023). Urgensi
aplikasi kerangka berpikir computational thinking pada pemebelajaran Faraid di era digital. Journal of
Teacher Training and Educational Research, 1(2):37–46.
Kang, J. and Temkin, S. (2021). Integration of web-based arduino/circuits simulator in enhancing future
engineering student projects. In AIAA SCITECH 2022 Forum, AIAA Scitech Forum. American Institute
of Aeronautics and Astronautics.
Kertati, I., Susanti, T., Muhammadiah, M., Efitra, E., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Rahman, A. A.,
Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., Artawan, P., and K, A. (2023). Model &
metode pembelajaran inovatif era digital. SonPedia Publishing Indonesia, Jambi.
Khasanah, R. (2024). Memenuhi target kurikulum dan tantangan dalam mengelola keragaman Siswa.
PRIMARY, 2(5):279.
Marifah, S. N. (2022). Systematic literatur review : Integrasi computational thinking dalam kurikulum
sekolah dasar di Indonesia. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(5):928–
938. https://doi.org/10.22460/collase.v5i5.12148
Murniatiningtyas, D., Degeng, I. N. S., and Sitompul, N. C. (2024). Developing instructional media
android-based for building computational thinking skills for high school students. Pedagogia : Jurnal
Pendidikan, 13(1):159–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v13i1.1610
Novianti, N. and Dewi, N. (2023). The efforts to improve computational thinking in science learning
through canva application. Report of Biological Education, 4(1):32–46. https://doi.org/10.37150/rebion.v4i1.2010
Noviyanti, N., Yuniarti, Y., and Lestari, T. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap
kemampuan computational thinking siswa sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan,
4(3):283–293. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2806
Nurasiah, N., Paristiowati, M., Erdawati, E., and Afrizal, A. (2023). Integration of technology in
problem-based learning to improve students computational thinking: implementation on polymer
topics. International Journal of Social and Management Studies, 4(2):65–73. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v4i2.280
Patmawati, H. (2020). Mathematical thinking process in graph theory material in terms of student learning
styles. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 4(5):1046–1049. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i5.8081
Pika, R. Z. (2024). Analisis kemampuan computational thingking (ct) siswa pada mata pelajaran Pemrograman
berbasis web di SMKN 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. eL-BASIRAH: JURNAL PENDIDIKAN
TEKNOLOGI INFORMASI, 1(1):21–24.
Pramudhita, A. N., Firdaus, V. A. H., Triswidrananta, O. D., and Rozi, I. F. (2022). Peningkatan
kemampuan computational thinking untuk guru pendidikan dasar di Malang. Jurnal Pengabdian
pada Masyarakat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi, 7(1):72–83. https://doi.org/10.33795/jindeks.v7i1.382
Purba, S. D., Harahap, L., Sihombing, M. M. R., Sirait, K., and Panggabean, J. F. R. (2024). Peningkatan
SDM guru SMK Nurcahaya Medan melalui workshop computational thinking. Jurnal Pengabdian
Masyarakat Nauli, 2(2):42–48.
Putri, N. A., Setiadi, D., and Lestari, T. A. (2024). Pengaruh model problem based learning berbasis
pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas XI IPA di SMAN
7 Mataram. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1):4058–4068. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12889
Ria, R. R. P. and Susilowati, D. (2023). Validity and reliability diagnostic test computational thinking
based on local wisdom. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di
Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 9(4):1142–1149. https://doi.org/10.33394/jk.v9i4.8991
Salsabila, H., Raspati, M. I., Annisa, F. Y., Andini, D. W., and Praheto, B. E. (2021). Metode sariswara
sebagai akomodasi keberagaman ciswa di kelas inklusif. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An,
7(2):1070–1077. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9166
Sartika, S., Indriani, D., and Limiansih, K. (2023). Implementasi pendekatan computational thinking
pada mata pelajaran IPA di kelas III sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research,
3(2):2588–2601. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.460
Sausan, S., Sirait, S., Salihin, S., and Siregar, R. (2024). Studi Literatur : pemanfaatan web wordwall
untuk melatih kemampuan computational thinking siswa dalam pembelajaran Matematika. Morfologi:
Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(2):190–197. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.479
Sondakh, D. E., Pungus, S. R., and Tombeng, M. T. (2023). Pengenalan computational thinking bagi
siswa vokasi SMKN 1 Sorong. Servitium Smart Journal, 2(1):90–98. https://doi.org/10.31154/servitium.v2i2.9
Sugiana, S., Prasetyo, T. R., Pradini, S., and Irzalinda, V. (2023). Pemahaman guru PAUD tentang
pembelajaran coding untuk anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2):121-126.https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.394
Sumitro, A. H. (2022). Pelatihan computational thinking dalam gerakan pandai pengajar era digital
Indonesia pada guru SMPN 1 Muncar. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(4):4575–
4582. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i4.3006
Supatmiwati, D., Kartarina, K., Ismarmiaty, I., Hastuti, H., Syarifaturrahman, W. K., and Travelian, O.
(2023). Pelatihan computational thinking pada mata pelajaran bagi guru Madrasah Pondok Pesantren
Selaparang Lombok berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(4):855–864.
https://doi.org/10.33394/jpu.v4i4.7577
Tirtoni, F. (2020). PKM pelatihan platform aplikasi digital literacy school berbasis artikulasi intelegensi
(ai) bagi guru SD: Optimalisasi platform rumah belajar ditengah pandemi Covid–19. Jurnal Abadimas
Adi Buana, 4(1):45–54. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i1.a2308
Turhusna, D. and Solatun, S. (2020). Perbedaan individu dalam proses pembelajaran | AS-SABIQUN.
https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.613
Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., and Wiryanto, W. (2022). Primary school students’ computational
thinking in solving Mathematics problems based on learning style. EduMa: Mathematics education
learning and teaching, 11(1):84–96. https://doi.org/10.24235/eduma.v11i1.10378
Wardani, S. S., Susanti, R. D., and Taufik, M. (2022). Implementasi pendekatan computational thinking
melalui game jungle adventure terhadap kemampuan problem solving. SJME (Supremum Journal of
Mathematics Education), 6(1):1–13. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.543