Urgensi Penguatan Etika Teknologi sebagai Upaya Preventif terhadap Dampak Negatif Media Sosial Youtube Shorts bagi Siswa Sekolah Dasar

  • Auli Ihza Ahyati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Nayla Rizqiyah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Keywords: Technology Ethics, Technology Literacy, Social Media, Youtube Shorts

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi di era saat ini tentunya mempengaruhi berbaga macam aspek dalam kehidupan manusia. Berkembangnya teknologi membawa berbagai macam dampak baik positif maupun negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan urgensi penguatan etika teknologi pada siswa untuk mengatasi dampak negatif dari penggunaan media sosial youtube shorts. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan studi literatur, dan teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, masih ditemukannya pelanggaran etika digital disebabkan kurang pahamnya siswa dalam menggunakan teknologi dengan tepat. Kedua, literasi teknologi merupakan salah satu Gerakan serta upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan terkait etika teknologi. Ketiga, memperkuat etika digital untuk menangani dampak negatif youtube shorts melalui literasi digital dimana orang tua dan guru melakukan upaya preventif dalam pencegahannya menunjukkan bahwa penting sekali pemahaman beretika dalam menggunakan teknologi upaya preventif tersebut dilakukan dalam kehidupan sehari-hari siswa. berdasarkan hasil literatur menunjukan bahwa upaya-upaya preventif yang dilakukan dapat mencegah dari dampak negatif youtube shorts pada siswa dan memberikan pemahaman terkait etika teknologi. Implementasi yang dilakukan guru untuk memperkuat etika digital siswa dilakukan secara beragam dengan menggunakan metode pembelajara, mencanangkan program literasi teknologi, menjadi role model, serta adanya program kelas cyber.

References

Arbulu, J. F. T. (2019). Technoethics. Revista Internacional de los Estudios Vascos, 31, 1081-1103.
Ariani, R., & Festiyed, F. (2019). Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dalam
pengembangan multimedia interaktif interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Fisika, 55(22), 15155-162.
Basso, S. B., Elpisah., Upu, H., & Alang, H. (2021). Etika sosial masyarakat tradisional dalam ekonomi di Desa Lau-Lau Kabupaten Kepulauan Aru Dobo. Nusantara Hasana Journal 1(4). 72-78.
Destiawati, F., Aulia, P., Harry, D & Musa., J. (2020). Sosialisasi etika pemanfaatan teknologi media
sosial dalam penyampaian informasi sesuai UU ITE. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada
MasyarakatMasyarakat, 0101(0404). https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.462
Hamdani, A. D., Aulia, E. R. N., Listiana, Y. R., & Herlambang, Y. T. (2024). Moralitas di era digital: Tinjauan filsafat tentang technoethics. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 767-777. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.648
Inayah., N. (2022). Penguatan etika digital melalui materi “adab menggunakan media sosial” pada mata Pelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik menghadapi era society 5.0. Journal of education and learning sciences, 2(1). https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45
Manik., J. (2022). Peran guru dalam menjaga e-safety peserta didik di era teknologi digital di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4).
Mulyani, F. & Haliza, N (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 3(1). 101-109.
Munir., H. (2019). Upaya penanggulangan dampak negative teknologi informasi dan komunikasi pada peserta didik. ISTIQRA,7(1).
Oktari, R. (2023). Dampak konten Youtube terhadap perkembangan bahasa anak. Journal on Teacher Education, 5(1), 528–537.
Pratikno., A & Sumantri. (2020). Digital parenting: Bagaimana mencegah kecanduan gadget pada anak. Jurnal auladuna. DOI: 10.36835/au.v2i1.301
Oktari, R. (2023). Dampak konten Youtube terhadap perkembangan bahasa anak. Journal on Teacher Education, 5(1), 528–537.
Romdhoni, F. R., & Sugiharto, D. R. (2023). Pengaruh konten game streaming pada kanal YouTube terhadap dekadensi akhlak generasi muda. Nathiqiyyah: Jurnal Psikologi Islam, 6(1), 46–54. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v6i1.558
Saihu, M. (2021). Dampak negatif media sosial Youtube terhadap perilaku peserta didik. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam. 4(2). doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20
Shuai Yang, Yuzhen Zhao, and Yifang Ma, “Analysis of the Reasons and Development of Short Video
Application Taking Tik Tok as an Example,” International Conference on Information and
Social Science (ICISS 2019) 9, no. Iciss (2019): 340.
Sisbintari., K,& Farida., A. (2022). Digital parenting sebagai upaya mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). DOI: 10.31004/obsesi.v6i3.1781
Susilowati, S., Alawiah, E. T., & Wulandari, D. A. N. (2021). Etika profesi teknologi informasi dan komunikasi. Teknosain.
Titin, T., Yuniarti, A., Astuti, D. F., & Lestari, L. P. (2023). Peran pendidikan terhadap etika penggunaan teknologi informasi dan komunikasi abad ke-21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26132-26137.
Wahid, R & Yusuf, T, H. (2022). Pelatihan literasi digital melalui kegiatan workshop membuat infografis sederhana kepada siswa SDN Cigawura. Jurnal Ksatria, 1(1), 23-30.
Yang, Zhao,
& Ma, (2019) 2019). Analysis of the reasons and development of short video application taking
Tik Tok as an Example Example, 544.
Published
2024-02-16