Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi dalam Perspektif Filsafat

  • Rachmi Nursifa Yahya Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Silsi Nur Azizah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
Keywords: ChatGPT, Use of AI in Learning, Digital Ethics

Abstract

ChatGPT merupakan sebuat teknologi buatan atau seringkita kenal Artical Inteligence (AI) yang dapat melayani dengan menjawab berbagai pertanyaan penggunanya, bahkan lebih dari itu ChatGPT ini dapat membantu kalangan pelajar dalam membuat karya-karya ilmiah. Sehingga keberadaan ChatGPT ini perlu untuk disikapi dengan serius dan bijak, karena jika dibiarkan para pelajar dapat semakin ketergantungan terhadap penggunaan ChatGPT tersebut. Maka dari itu, tujuan penelitian ini melihat bagaimana pemanfaatan AI dalam bentuk ChatGPT di kalangan mahasiswa berdasaran tinjauan etika digital. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi literatur dengan mencari sumber artikel yang relevan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukan dimana dalam upaya mengintegrasikan ChatGPT dalam proses pembelajaran, penting bagi pendidik dan mahasiswa untuk memahami pentingnya menjaga etika komunikasi, menghormati privasi dan keamanan data, serta menyadari keterbatasan teknologi AI. Penerapan prinsip-prinsip moral dan hukum yang berlaku juga perlu diperhatikan agar penggunaan ChatGPT tidak menimbulkan dampak negatif, seperti penyebaran konten tidak etis, pelanggaran privasi, atau ketergantungan berlebihan pada teknologi.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan penggunaan ChatGPT dalam pendidikan ditinjau dari sudut pandang moral. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463.
Firat, M. (2023). How chat GPT can transform autodidactic experiences and open education. Department of Distance Education, Open Education Faculty, Anadolu Unive.
Herlambang, Y. T. (2021a). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.
Herlambang, Y. T. (2021b). Urgensi keluarga dalam pendidikan karakter. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7–15.
Hilir, A., & Kom, S. (2021). Teknologi pendidikan di abad digital. Penerbit Lakeisha.
Javaid, M., Haleem, A., Singh, R. P., Khan, S., & Khan, I. H. (2023). Unlocking the opportunities through ChatGPT tool towards ameliorating the education system. BenchCouncil Transactions on Benchmarks, Standards and Evaluations, 3(2), 100115.
Lund, B. D., & Wang, T. (2023). Chatting about ChatGPT: how may AI and GPT impact academia and libraries? Library Hi Tech News, 40(3), 26–29.
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan teknologi artificial intelligence (ai) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal On Education, 6(1), 2689–2698.
Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). Penggunaan Chatgpt dalam tinjauan pendidikan berdasarkan perspektif etika akademIK. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66.
Misnawati, M. (2023). ChatGPT: Keuntungan, risiko, dan penggunaan bijak dalam era kecerdasan buatan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 2(1), 54–67.
Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., Hernawati, & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat kecerdasan buatan ChatGPT untuk membantu penulisan ilmiah. Tematik, 10(1), 54–60. https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291
Putro, H. P., Widyaningsih, T. W., Englishtina, I., Nursanty, E., & Dema, H. (2023). Development of artificial intelligence applications (studi kasus & implementasi ai menggunakan berbagai bahasa pemrograman. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rahmawati, S. N. E., Hasanah, M., Rohmah, A., Pratama, R. A. P., & Anshori, M. I. (2023). Privasi dan etika dalam manajemen sumber daya manusia digital. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(6), 1–23.
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25–30.
Ramli, M. (2023). Mengeksplorasi tantangan etika dalam penggunaan Chat GPT sebagai alat bantu penulisan ilmiah : Pendekatan terhadap integritas akademik. Ta’diban: Journal of Islamic Education, 4(1), 1–10.
Rudolph, J., Tan, S., & Tan, S. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning and Teaching, 6(1).
Saputra, N. J, & Hidayati, D. (2023). Persepsi dosen pascasarjana Universitas Swasta terhadap ChatGPT dalam meningkatkan mutu pembalajaran. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 11(3), 532–537.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk pendidikan di era education 4.0: Usulan inovasi meningkatkan keterampilan menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58.
Srinivasa, K. G., Kurni, M., & Saritha, K. (2022). Harnessing the power of AI to education. In Learning, Teaching, and Assessment Methods for Contemporary Learners: Pedagogy for the Digital Generation (pp. 311–342). Springer.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166.
Thohir, M., Reditiya, V. E., & Sari, N. I. P. (2023). Refleksi mahasiswa dalam berkeadaban digital melalui ChatGPT. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(2), 109–128.
Van Dis, E. A. M., Bollen, J., Zuidema, W., van Rooij, R., & Bockting, C. L. (2023). ChatGPT: Five priorities for research. Nature, 614(7947), 224–226.
Zhai, X. (2022). ChatGPT User Experience: Implications for Education. ResearchGate.
Published
2024-02-16