KOMPARASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PENENTUAN SKALA PRIORITAS PROYEK PEKERJAAN (Studi Kasus : CV. EUK Samarinda )

  • Achmad Jaya Adhi Nugraha
Keywords: proyek pekerjaan skala prioritas, intuitif, ketidakpastian, AHP, SAW, analisis B/C, Laba Kotor

Abstract

Semua proyek pekerjaan yang dikeluarkan oleh PT. PLN (Persero) Area Samarinda secara resmi diumumkan melalui e-procurement atau di Kantor Cabang PT. PLN (Persero) Area Samarinda. Baik jenis, nilai, dan jangka waktu penyelesaian tiap paket pekerjaan secara definitif dinyatakan dalam TOR (Term Of Reference) atau RKS (Rencana Kerja dan Syarat-syarat) yang dikeluarkan oleh pihak PLN. Termasuk dalam hal ini adalah standar kualitas pekerjaan yang berlaku umum untuk semua rekanan PT. PLN di seluruh Indonesia. Masalah yang muncul adalah bagaimana CV. EUK dapat menentukan tawaran proyek pekerjaan mana yang layak untuk dikerjakan sehingga nantinya secara tidak langsung dapat berdampak pada peningkatan ekspektasi terhadap Laba Kotor yang akan diterima. Problem ini sekaligus juga terkait langsung dengan bagaimana menentukan penjadwalan proyek pekerjaan yang dikerjakan berdasarkan skala prioritas. Metode AHP diterapkan untuk menentukan Skala Prioritas Pekerjaan yang akan dipilih dengan Analisis B/C sebagai model pengambilan keputusan. Diharapkan dengan penerapan metode ini secara tidak langsung dapat memperkecil keterlambatan waktu penyelesaian pekerjaan dan meningkatkan ekspektasi terhadap penerimaan Laba Kotor. Sebagai pembanding digunakan metode SAW. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode AHP jauh lebih baik dibandingkan metode SAW, serta mampu menunjukkan kelemahan metode pemilihan proyek yang digunakan CV. EUK selama ini.

References

[1] Afshari, 2010. Simple Additive Weighting Approach to Personnel Selection Problem, International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 1 No. 5, Dec. 2010, ISSN 20-10-0248.
[2] Amokrane, Y. Bouzarour. 2012. Defining and Measuring Risk and Opportunity in BOCR Framework for Decision Analysis, International Conference of Modeling and Simulation, Prancis.
[3] Cheng, 2010. Development of Fuzzy Multi Criteria Decision Support System (MCDSS) for Municipal Solid Waste Management, Advanced Manufacturing and Production System, University of Regina, Copyright 2010.
[4] Cornford, 2013. Introduction to Information System, University of London, United Kingdom.
Published
2016-10-29
Section
Articles