Implementasi Google Maps Api Berbasis Android untuk Lokasi Fasilitas Umum di Kabupaten Sumbawa

  • Kiki Rizki STMIK Bumigora Mataram
  • Ahmat Adil STMIK Bumigora Mataram
Keywords: Google Maps API, Android, GPS, Kabupaten Sumbawa

Abstract

Google Maps API adalah suatu library yang berbentuk javascript yang berguna untuk memodifikasi peta yang ada di Google Maps sesuai kebutuhan Informasi mengenai lokasi fasilias umum seperti bengkel tambal ban, toko sparepart, dan ATM sangat diperlukan untuk pengguna smartphone Android. Informasi lokasi yang telah di definisikan tersebut dapat dilihat pada aplikasi Google Maps Android, namun data lokasi yang terkait masih terbatas. Adanya teknologi API dan pemetaan Google yaitu Google Maps dapat digunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi pemetaan lokasi bengkel tambal ban, toko sparepart, dan ATM. Untuk itu diperlukan perancangan system berbasis android untuk mendapatkan system pencarian berdasarkan lokasi. Hasil dari aplikasi yang dikembangkan adalah dapat memberikan informasi jarak, waktu, dan rute menuju lokasi bengkel tambal ban, toko sparepart, dan ATM. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem pemetaan lokasi bengkel tambal ban, toko sparepart, dan ATM ini layak dan dapat dipergunakan di smartphone Android karena data yang terkandung pada aplikasi tersebut lebih fokus memiliki data lokasi bengkel tambal ban, toko sparepart, dan ATM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] KabSumbawa. (2012). Statistik Daerah Kabupaten Sumbawa. Akses Juni 2016, dari https://sumbawakab.go.id
[2] Safaat, H Nazruddin. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika Bandung.
[3] Bambang Sumarsono. (2014). Perancangan Aplikasi Mobile Tambal Ban Terdekat Di Kabupaten Sleman Menggunakan Location-Based-Service Pada Platform Android .
[4] Tanoe, Andre. (2011). Berkenalan Dengan GPS & Penerapannya Pada Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Pohon Cahaya
[5] Saputra, Agus. (2014). API Developer Buku Sakti Para Pengembang Web. Cirebon: Asfa
[6] Google APIs. API Manager. Akses 9 Januari 2017, dari https://console.developers.google.com/apis/credentials?project=genuine-charger-155116
[7] Roger S. Pressman, P. D. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: ANDI.
[8] Nugroho, Adi. (2010). Rekaya Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA. Yogyakarta: ANDI.
[9] Sejuta Domain. (2016). Kementrian Komunikasi dan Informatika. Akses Agustus 2016, dari https://1juta.id
Published
2018-05-31
How to Cite
Rizki, K., & Adil, A. (2018). Implementasi Google Maps Api Berbasis Android untuk Lokasi Fasilitas Umum di Kabupaten Sumbawa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 17(2), 34-44. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v17i2.87
Section
Articles