Aplikasi E-Kelurahan Untuk Peningkatan Pelayanan Administrasi dalam Mendukung Penerapan E-Government

  • Asep Syaputra Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam
Keywords: Administrasi, E-Kelurahan, Application, Pelayanan, E-Government

Abstract

Pemanfaatan teknologi tepat guna pada kelurahan akan meningkatkan kualitas peran kelurahan sebagai pusat pemerintahan tingkat terendah yang melayani masyarakat, hal itu menjadi fokus utama pembangunan dari agenda pemerintah. pada penelitian ini dikembangkan aplikasi administrasi pelayanan masyarakat secara elektronik dalam melakukan administrasi dengan kemudahan dan waktu yang efisien. Salah satu kendala internal instansi pemerintahan di kelurahan adalah masih adanya proses administrasi yang masih manual yang berdampak pada pelayanan terhadap warganya. Ada beberapa kelemahan utama dalam penggunaan aplikasi Microsoft Office untuk menulis surat, misalnya tergantung pada kemampuan aparatur desa yang tinggi, yang dapat mengakibatkan perubahan format surat dan mudahnya pencatatan data surat secara lengkap. di sisi lain, Di sisi lain, dari observasi yang dilakukan menunjukan bahwa kemampuan aparat desa menggunakan teknologi masih sangat minim, sehingga mutlak diperlukan penggunaan aplikasi layanan administrasi khusus. Penerapan aplikasi administrasi ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masing-masing kota dan desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan manajemen yang lebih baik. Manfaat lainnya adalah dapat membantu pencatatan data pengelolaan yang ada sehingga membantu kelurahan untuk lebih memahami potensi kelurahan secara lebih jelas, sehingga masyarakat dapat lebih merasakan pelayanan administrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Syaputra and D. Stiadi, “Pemanfaatan Mikrotik Untuk Jaringan Hotspot Dengan Sistem Voucher Pada Desa Ujanmas Kota Pagar Alam,” Jurnal. Informatika. dan Rekayasa Elektronik., vol. 3, no. 2, pp. 176–186, 2020.
[2] A. Syaputra, “Penerapan Barcode Pada Perancangan Sistem Perangkat Lunak Bantu Penjualan Barang,” Jurnal. Ilmiah. Betrik, 2019.
[3] S. Ma’arif, “Konteks Politis Administratif Dalam Reformasi Pelayanan Publik Di Daerah,” J. Natapraja Kaji. Ilmu Adm. Negara, vol. 1, no. 1, 2013.
[4] R. Febrianto and M. Minarni, “Sistem Informasi Administrasi Canvasser Di PT. Metta Surya Sampit Berbasis Dekstop,” Jurnal. Penelitian. Dosen FIKOM, vol. 3, no. 1, 2017.
[5] N. Syabandhi and A. Mulyani, “Pengembangan Aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Pataruman Kabupaten Garut,” Jurnal. Algoritma., vol. 13, no. 1, pp. 70–77, 2016.
[6] V. Sihombing and G. J. Yanris, “Penerapan Aplikasi Dalam Mengolah Aset Desa (Studi Kasus: Kepenghuluan Sri Kayangan),” Jurnal. Mantik Penusa, vol. 24, no. 1, pp. 12–15, 2020.
[7] M. A. Basir, I. Gunawan, W. O. Nazila, and A. M. Hadmar, “Tata Kelola Administrasi Desa dalam Pemanfaatan Sistem Aplikasi Komputer,” Humanism Jurnal. Pengabdian. Masyarakat., vol. 1, no. 2, 2020.
[8] Y. Mayowan, “Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa (studi kasus di kabupaten Lamongan),” Profit Jurnal. Adm. Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 14–23, 2019.
[9] A. Syaputra, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Kurang Mampu Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Jurnal. Ilmiah. Bina. STMIK Bina Nusantara. Jaya Lubuklinggau, vol. 1, no. 2, pp. 50–55, 2019.
[10] A. Apriani, “Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi E-Learning Pada Kampus Swasta Menggunakan Cobit 4.1,” Jurnal. Bumigora Information. Technology., vol. 1, no. 2, pp. 161–166, 2019.
[11] A. F. Pamungkas, “Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Barang, Harga Pokok Produksi, Dan Transaksi Penjualan Berbasis Web (Studi Pada Son Screen Printing Sidoarjo).” Universitas Brawijaya, 2017.
[12] S. Aswati, M. S. Ramadhan, A. U. Firmansyah, and K. Anwar, “Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi,” MATRIK Jurnal. Manajemen, Teknologi. Informasi. dan Rekayasa Komputer., vol. 16, no. 2, pp. 20–27, 2017.
[13] H. Setiawan and M. Q. Khairuzzaman, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek: Sistem Informasi Kontraktor,” Jurnal. Khatulistiwa Informtika., vol. 5, no. 2, 2017.
[14] A. S. Bahrody, U. Radiyah, and S. Hidayatulloh, “Aplikasi Pengajuan Cuti Karyawan PT. Elite Permai Metal Works Berbasis Web,” Jurnal Ilmiah -Tech, vol. 16, no. 2, pp. 62–66, 2020.
[15] A. Andoyo and A. Sujarwadi, “Sistem Informasi Berbasis Web Pada Desa Tresnomaju Kecamatan Negerikaton Kab. Pesawaran,” Jurnal. TAM (Technology Accept. Model., vol. 3, pp. 1–10, 2017.
[16] A. D. Rahmawati and A. Fatmawati, “Sistem Administrasi Desa Mendiro Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi berbasis Web,” Emit. Jurnal. Teknologi. Elektro, vol. 20, no. 2, pp. 134–140, 2020.
[17] M. E. Khan and F. Khan, “A comparative study of white box, black box and grey box testing techniques,” International. Jurnal. Adv. Computer. Science. Appl, vol. 3, no. 6, 2012.
[18] T. Wahyuningrum and D. D. Januarita, “Implementasi dan pengujian web e-commerce untuk produk unggulan desa,” Jurnal. Komputer. Terapan., vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2015.
[19] G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” Jurnal. Informtika. Jurnal. Pengembangan. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.
[20] C. Tristianto, “Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan,” in ESIT, 2018, vol. 12, no. 1, pp. 8–22.
Published
2021-05-30
How to Cite
Syaputra, A. (2021). Aplikasi E-Kelurahan Untuk Peningkatan Pelayanan Administrasi dalam Mendukung Penerapan E-Government. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 379-388. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1180
Section
Articles