SIKAP BAHASA MAHASISWA MANAJEMEN PERHOTELAN SEMESTER III UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI TERHADAP BAHASA INGGRIS

  • Ni Nyoman Widani
Keywords: Sikap bahasa, Sosiolinguistik, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sikap bahasa mahasiswa Manajemen Perhotelan semester III Universitas Dhyana Pura Bali terhadap bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan menjelaskan: a) sikap bahasa mahasiswa Manajemen Perhotelan semester III Universitas Dhyana Pura Bali terhadap bahasa Inggris, dan b) faktor yang memengaruhi sikap bahasa pada mahasiswa Manajemen Perhotelan semester III Universitas Dhyana Pura Bali terhadap bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan dengan berlandaskan pada teori Sosiolinguistik tentang sikap bahasa. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri atas observasi dan wawancara. Observasi dilaksanakan untuk mandapatkan data sikap bahasa mahasiswa. Wawancara terbagi dalam dua jenis, yaitu wawancara terbuka dan wawancara terstruktur berupa kuesioner. Kedua jenis wawancara ini dilaksanakan untuk mendapatkan data faktor yang memperngaruhi sikap bahasa mahsasiswa.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa sikap bahasa mahasiswa terhadap bahasa Inggris cenderung positif. Namun dalam hal tertentu, seperti dalam penguasaan bahasa Inggris yaitu dalam ketrampilan menulis cenderung kurang positif, masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian yang ditunjukkan oleh mahasiswa dalam perihal penguasaan menulis dalam bahasa Inggris yang menurut standar tata bahasa Inggris dengan apa yang telah dipelajari. Faktor yang memperngaruhi sikap bahasa mahasiswa terdiri atas dua bagian yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sikap bahasa mahasiswa terdiri atas: a) pemahamam mahasiswa bahwa perilaku berbahasa Inggris memerlukan proses pembelajaran yang serius, b) sikap bahasa mahasiwa terhadap bahasa Inggris dari diri responden itu sendiri yang menyukai bahasa Inggris. Faktor eksternal yaitu pengaruh dari sikap bahasa mahasiswa itu sendiri yang dilihat dari aspek kognitif, afektif dan konatif yang dihubungkan dengan faktor lingkungan kampus sebagai mendukung perilaku berbahasa Inggris, dan keberterimaan masyarakat terhadap perilaku berbahasa Inggris.

Published
2018-06-30
Section
Articles