lmplementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah

Penulis

  • Ridha Nurul Hayati Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Husain Husain Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Lalu Yayan Ardiansyah Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/income.v2i2.4167

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Manajemen, Pemasaran, UMKM

Abstrak

Jumlah wirausaha di Indonesia kurang dari 0,24 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 238 juta jiwa. Oleh karena itu, menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syarifuddin Hasan, jumlah wirausaha masih perlu ditingkatkan guna mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Universitas Bumigora sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia sangat menyadari pentingnya kewirausahaan. Sejak tahun 2019, Universitas Bumigora menjadikan Sistem Informasi Manajemen sebagai mata kuliah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengimplementasikan fenomena-fenomena yang dialami, seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan sebagainya, secara komprehensif dan deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, dalam konteks. alam tertentu pada waktu tertentu dan menggunakan alam yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di UD. Angel Telur yang berada di JL. Adisucito, Ampenan, Kota Mataram: Penerapan SIM ini diterapkan pada UMKM UD. Angel Telur, usai implementasi SIM, UD. Angel Telur mengalami peningkatan jumlah penjualan dan pelanggan yang datang, adapun komponen yang ada di UMKM UD. Angel Egg adalah (1) media sosial IG, Facebook, (2) Google Maps, (3) Banner, (4) WhatsApp, (5) Website, (6) Kolaborasi Kurir Online

Biografi Penulis

  • Ridha Nurul Hayati, Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia

    Dosen Bisnis Digital

Referensi

(Penulisan daftar pustaka menggunakan APA Style, TNR 12 Spasi 1 disarankan menggunakan mendeley,zotero dll)

Alam, Syamsul. 2016. “Tingkat Pendidikan Dan Pengangguran Di Indonesia (Telaah Serapan Tenaga Kerja SMA/SMK Dan Sarjana).” Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi) (XIX):250–57.
Kompas. 2022. “Jumlah UMKM Indonesia.”
Lindawati, Sri. 2016. “Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara.” Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), Hotel Lombok Raya Mataram 833–37.
Moleong, L. .. 2017. “Metode Penelitian Kualitatif.” Jurnal Sains Dan Seni ITS 6(1):51–66.
Ridha, Khairunnisa, Wira , Helna, Luthfi. 2024. Sistem Informasi Manajemen. Vol. 6. Yogyakarta: Raja Wali.
Rochaety, Eti. 2017. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Ruhansih, Dea Siti. 2017. “EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015).” QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan 1(1):1–10. doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Sonia, Nur Rahmi. 2020. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1(1):94–104. doi: 10.21154/sajiem.v1i1.18.
Syahruddin, Muh Akbar. 2019. “KEPEGAWAIAN ( SIMPEG ) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI SULAWESI SELATAN Skripsi.” 3.
Yang, Joonhyuk, Wonjoon Kim, Naveen Amblee, and Jaeseung Jeong. 2012. “The Heterogeneous Effect of WOM on Product Sales: Why the Effect of WOM Valence Is Mixed?” European Journal of Marketing 46(11):1523–38. doi: 10.1108/03090561211259961.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-10

Terbitan

Bagian

Articles