Analisis Pola Pembelian dan Penjualan Bisnis Menggunakan Algoritma Apriori dalam Studi Market Basket

Analisis Pola Pembelian dan Penjualan Bisnis Menggunakan Algoritma Apriori dalam Studi Market Basket

Penulis

  • ketut widya kayohana universitas bumigora
  • M Danang Samudra universitas bumigora
  • Ni Luh Putu Febiyanti universitas bumigora
  • Eka Fujiastuti universitas bumigora
  • Ni komang dewani universitas bumigora

DOI:

https://doi.org/10.30812/income.v1i2.3182

Kata Kunci:

Apriori, Market Basket analysis, Businesses

Abstrak

Metode Apriori digunakan untuk meningkatkan penempatan produk, peluang penjualan lintas produk, serta mengelola stok dan promosi secara efektif. Dengan wawasan mendalam tentang pola pembelian, bisnis dapat meningkatkan penjualan, kepuasan pelanggan, dan efisiensi operasional. Meningkatkan strategi penjualan lintas produk:

Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan bagi bisnis dalam meningkatkan strategi penjualan lintas produk dengan memahami hubungan antara item pembelian yang terkait. Bisnis dapat menawarkan rekomendasi produk yang relevan, baik melalui penempatan produk di toko maupun rekomendasi daring, untuk meningkatkan penjualan dan pengalaman pembelian pelanggan. Metode dan Algoritma Apriori digunakan dalam menganalisis pembelian dan penjualan market basket.

Penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara pembelian Roti dan Kopi oleh pelanggan secara bersamaan. Support "toast" dan "coffee" adalah 0.023666, yang berarti 2.3666% dari total 30 transaksi mencakup kedua itemset tersebut, confidence "toast → coffee" adalah 0.704403, yang berarti jika pelanggan membeli "toast", kemungkinan mereka juga membeli "coffee" sebesar 70.4403%,  lift "toast → coffee" adalah 1.472431, yang menunjukkan bahwa kemungkinan membeli "coffee" meningkat sebesar 1.472431 kali jika pelanggan juga membeli "toast. Hal ini memberikan kesempatan bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan dengan penempatan produk yang strategis,

Referensi

1] A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 103–108, Jul. 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
[2] D. Listriani, A. H. Setyaningrum, and F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),” vol. 9, no. 2.
[3] X. Yuan, “An improved Apriori algorithm for mining association rules,” in AIP Conference Proceedings, American Institute of Physics Inc., Mar. 2017. doi: 10.1063/1.4977361.
[4] J. Jha and L. Ragha, “Educational Data Mining using Improved Apriori Algorithm,” 2013. [Online]. Available: http://www.irphouse.com/ijict.htm
[5] P. Bist and A. Prambudi, “Implementation Of Data Mining On Glasses Sales Using The Apriori Algorithm,” International Journal of Cyber and IT Service Management (IJCITSM), vol. 1, no. 2, pp. 159–172, 2021, doi: 10.34306/ijcitsm.v1i1.46.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Terbitan

Bagian

Articles