Dampak Isu Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai dan Program Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Coffee Shop MVP
DOI:
https://doi.org/10.30812/rekan.v6i2.5394Keywords:
Minat Beli Konsumen, Pajak Pertambahan Nilai, PromosiAbstract
Dalam beberapa bulan terakhir, Coffee Shop MVP mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Faktor penyebab menurunnya adalah kurangnya konsistensi dalam pembuatan produk dan kenaikan harga akibat penerapan Pajak Pertambahan Nilai, yang mengakibatkan sebagian konsumen memilih produk di tempat lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penerapan Pajak Pertambahan Nilai dan Program Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Coffee Shop MVP. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan alat bantu SPSS versi 25.0. Populasi sebanyak 105.710 dihitung dengan rumus slovin mendapatkan jumlah sebesar 100 responden yang dijadikan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, penerapan Pajak Pertambahan Nilai memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Artinya, meskipun Pajak Pertambahan Nilai dapat menyebabkan kenaikan harga, konsumen tetap menunjukkan ketertarikan untuk membeli karena mereka menilai bahwa usaha yang menerapkan Pajak Pertambahan Nilai bersifat legal, profesional, dan dapat dipercaya. Selain itu, program promosi juga terbukti berpengaruh signifikan, di mana promosi yang menarik dan relevan mampu meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa Penerapan Pajak Pertambahan Nilai dan Program Promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen pada Coffee Shop MVP. Dengan demikian, implikasi penelitian ini ada pada peningkatan harga akibat pengenaan Pajak Pertambahan Nilai tidak membuat permintaan konsumen menurun, terutama jika barang tersebut memberikan nilai dan kenyamanan serta didukung dengan adanya promosi yang efektif dapat secara sinergis meningkatkan daya tarik produk di mata konsumen.
References
Andrefa, W. (2018, January 24). Analisis Strategi Penetapan Harga Jual dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Kue dan Roti Minimarket Surya Tirtayasa, Bandar Lampung) [Skripsi]. UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/3080/
Anita, S. Y., Amiruddin, E. E., EDT, R. W., Wiratmo, L. B., Mustafa, F., Khairo, F., Rahmani, S., Puspasari, D., Suyatno,
A., Fadillah, M. I., Adam, K. A., Nurhayati, N., Puspitasari, M., & Abdillah, F. (2023, January 18). Perilaku konsumen. CV. Intelektual Manifes Media.
Aqmarina, F., & Furqon, I. K. (2020). Peran pajak sebagai instrumen kebijakan fiskal dalam mengantisipasi krisis ekonomi pada masa pandemi covid-19. FINANSIA : Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, 3(2), 255–274. https://doi.org/10.32332/finansia.v3i2.2507
Arini, N., Saroh, S., & Hardati, R. N. (2022). Pengaruh promosi, brand ambassador, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen (studi pada konsumen e-commerce tokopedia). JIAGABI, 11(2), 230–242. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/17352
Benedick, V., Musyaffi, A. M., & Pahala, I. (2024). Pengaruh PPN, PKB, Harga dan Iklan terhadap Minat Beli Kendaraan Bermotor Listrik. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 5(3), 519–529. https://doi.org/10.21009/japa.0503.04
Dewi, M., Irawan, A., & Audina, B. P. (2024). Pengaruh Kenaikan Tarif PPn dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Perdagangan Retail di Karawang. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6983–6991. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i6.5619
Kasmiyati, K. (2019). Pengaruh Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Suracojaya Abadi Motor Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mawardi, M. (2019). Rambu-Rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304
Nugraini, A., & Fauzan, A. (2024). Hubungan Kenaikan Tarif PPN terhadap Minat Beli Masyarakat. CENDEKIA : Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah, 1(12), 945–955. https://doi.org/10.62335/7sycje21
Pesak, P. J., Miran, M., Gazali, A., & Salindeho, A. (2024). Penerapan pajak pertambahan nilai 11% dan pendapatan usaha mikro kecil menengah di kota bitung. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10(2), 885–892. https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.659
Pratama, D. B. P. (2020). Hubungan Elastisitas Permintaan dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur. Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–17. http://eprints.umsida.ac.id/6846/
Ramadhina, W. O., Rachmawati, N., & Wildan, M. A. (2025). Pengaruh Promo di Aplikasi E-commerce Shopee terhadap Minat Beli Konsumen. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 223–241. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/27995
Rita, R., & Astuty, P. (2023). Dampak kenaikan tarif ppn terhadap inflasi. Remittance: Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan, 4(1), 38–43. https://doi.org/10.56486/remittance.vol4no1.279
Rozaq, M. A., Asya, J., Novita, E., Fraistifina, & Priyanto, Y. (2023). Pajak sebagai Implementasi Ideologi Pancasila dalam Menangkal Dampak Negatif Pengaruh Paham Kapitalisme. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(3), 89–107. https://doi.org/10.24912/jssh.v1i3.28356
Sinaga, N. A. (2016). Pemungutan pajak dan permasalahannya di indonesia. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 7(1), 143–157. https://doi.org/10.35968/jh.v7i1.128
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Luh Putu Anom Pancawati, I Gede Darma Wisesa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.