Dampak Isu Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai dan Program Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Coffee Shop MVP

Authors

  • Ni Luh Putu Anom Pancawati Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Gede Darma Wisesa Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30812/rekan.v6i2.5394

Keywords:

Minat Beli Konsumen, Pajak Pertambahan Nilai, Promosi

Abstract

Dalam beberapa bulan terakhir, Coffee Shop MVP mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Faktor penyebab menurunnya adalah kurangnya konsistensi dalam pembuatan produk dan kenaikan harga akibat penerapan Pajak Pertambahan Nilai, yang mengakibatkan sebagian konsumen memilih produk di tempat lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penerapan Pajak Pertambahan Nilai dan Program Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Coffee Shop MVP. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan alat bantu SPSS versi 25.0. Populasi sebanyak 105.710 dihitung dengan rumus slovin mendapatkan jumlah sebesar 100 responden yang dijadikan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, penerapan Pajak Pertambahan Nilai memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Artinya, meskipun Pajak Pertambahan Nilai dapat menyebabkan kenaikan harga, konsumen tetap menunjukkan ketertarikan untuk membeli karena mereka menilai bahwa usaha yang menerapkan Pajak Pertambahan Nilai bersifat legal, profesional, dan dapat dipercaya. Selain itu, program promosi juga terbukti berpengaruh signifikan, di mana promosi yang menarik dan relevan mampu meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa Penerapan Pajak Pertambahan Nilai dan Program Promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen pada Coffee Shop MVP. Dengan demikian, implikasi penelitian ini ada pada peningkatan harga akibat pengenaan Pajak Pertambahan Nilai tidak membuat permintaan konsumen menurun, terutama jika barang tersebut memberikan nilai dan kenyamanan serta didukung dengan adanya promosi yang efektif dapat secara sinergis meningkatkan daya tarik produk di mata konsumen. 

References

Andrefa, W. (2018, January 24). Analisis Strategi Penetapan Harga Jual dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Kue dan Roti Minimarket Surya Tirtayasa, Bandar Lampung) [Skripsi]. UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/3080/

Anita, S. Y., Amiruddin, E. E., EDT, R. W., Wiratmo, L. B., Mustafa, F., Khairo, F., Rahmani, S., Puspasari, D., Suyatno,

A., Fadillah, M. I., Adam, K. A., Nurhayati, N., Puspitasari, M., & Abdillah, F. (2023, January 18). Perilaku konsumen. CV. Intelektual Manifes Media.

Aqmarina, F., & Furqon, I. K. (2020). Peran pajak sebagai instrumen kebijakan fiskal dalam mengantisipasi krisis ekonomi pada masa pandemi covid-19. FINANSIA : Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, 3(2), 255–274. https://doi.org/10.32332/finansia.v3i2.2507

Arini, N., Saroh, S., & Hardati, R. N. (2022). Pengaruh promosi, brand ambassador, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen (studi pada konsumen e-commerce tokopedia). JIAGABI, 11(2), 230–242. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/17352

Benedick, V., Musyaffi, A. M., & Pahala, I. (2024). Pengaruh PPN, PKB, Harga dan Iklan terhadap Minat Beli Kendaraan Bermotor Listrik. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, 5(3), 519–529. https://doi.org/10.21009/japa.0503.04

Dewi, M., Irawan, A., & Audina, B. P. (2024). Pengaruh Kenaikan Tarif PPn dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Perdagangan Retail di Karawang. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6983–6991. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i6.5619

Kasmiyati, K. (2019). Pengaruh Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Suracojaya Abadi Motor Cabang Sungguminasa Kabupaten Gowa [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mawardi, M. (2019). Rambu-Rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Nugraini, A., & Fauzan, A. (2024). Hubungan Kenaikan Tarif PPN terhadap Minat Beli Masyarakat. CENDEKIA : Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah, 1(12), 945–955. https://doi.org/10.62335/7sycje21

Pesak, P. J., Miran, M., Gazali, A., & Salindeho, A. (2024). Penerapan pajak pertambahan nilai 11% dan pendapatan usaha mikro kecil menengah di kota bitung. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 10(2), 885–892. https://doi.org/10.53494/jira.v10i2.659

Pratama, D. B. P. (2020). Hubungan Elastisitas Permintaan dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur. Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–17. http://eprints.umsida.ac.id/6846/

Ramadhina, W. O., Rachmawati, N., & Wildan, M. A. (2025). Pengaruh Promo di Aplikasi E-commerce Shopee terhadap Minat Beli Konsumen. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 223–241. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/27995

Rita, R., & Astuty, P. (2023). Dampak kenaikan tarif ppn terhadap inflasi. Remittance: Jurnal Akuntansi Keuangan dan Perbankan, 4(1), 38–43. https://doi.org/10.56486/remittance.vol4no1.279

Rozaq, M. A., Asya, J., Novita, E., Fraistifina, & Priyanto, Y. (2023). Pajak sebagai Implementasi Ideologi Pancasila dalam Menangkal Dampak Negatif Pengaruh Paham Kapitalisme. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(3), 89–107. https://doi.org/10.24912/jssh.v1i3.28356

Sinaga, N. A. (2016). Pemungutan pajak dan permasalahannya di indonesia. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 7(1), 143–157. https://doi.org/10.35968/jh.v7i1.128

Downloads

Published

2025-09-25

How to Cite

Dampak Isu Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai dan Program Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Coffee Shop MVP. (2025). Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 6(2), 143-156. https://doi.org/10.30812/rekan.v6i2.5394