Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode 4-D
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v17i2.77Keywords:
multimedia, huruf hijaiyah, 4-d, alpha, betaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah. Pengenalan huruf Hijaiyah pada anak-anak usia dini sangatlah penting, karena mengenal huruf hijaiyah adalah dasar untuk mepelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. dengan multimedia pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat belajar pada anak-anak. Metode yang digunakan pada pengembangan multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah adalah metode 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pendifinisan masalah menggunakan survey lapangan dan mempelajari buku iqro, proses desain menggunakan Adobe Fotoshop CS6. Pada proses pengembangan dilakukan penggabungan materi berupa teks, gambar, audio, dan animasi dengan menggunakan adobe flash cs 6 dan dilanjutkan uji coba menggunakan metode Alpha dan Beta test. Hasil penelitian ini adalah DVD multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah yang siap digunakan. Berdasarkan hasil evaluasi pada saat penyebaran multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah dapat disimpulkan bahwa multimedia ini sangat membantu guru-guru taman pendidikan Al-Qur’an dan anak didiknya serta anak-anak yang ingin mengenal huruf hijaiyah.
.
Downloads
References
[2] Karman, “Penggunaan Media Digital di Kalangan Anak dan Remaja (Studi di Kota Jayapura Provinsi Papua)â€, Jakarta, Jurnal Penelitian Pos dan Informatika Vol. 2 No.1, pp 35 - 50, September 2012
[3] Mahardika Prihadi Galang, “Digital Based Learning Dengan Model ADDIE Untuk Pembelajaran Doa Sehari-Hariâ€, Yogyakarta, Jurnal Teknoin Vol. 22 No. 2, pp 01 - 08, Juni 2015
[4] Mandasari Rizka dan Mislani, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Assure (Studi pada Siswa SMKN 3 Boyolangu Jurusan Listrik SK Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik)â€, Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 02, No. 02, pp 555 – 563, Oktober 2013
[5] Musfiqon, HM, “Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaranâ€, Prestasi Pustaka, Jakarta – Indoensia, 2012.
[6] Setiawan Zulvi Putu dan Napitupulu Efendi, “Aplikasi Media Pembelajaran Flipchart Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Pertembuhan dan Perkembangan Pada Pelajaran IPA Terpaduâ€, Medan, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 7, No. 2, pp 142 – 152, Oktober 2014
[7] Sumiatun, “Analisis Mutu Pembelajaran Praktikum Kebidanan Sebagai Upaya Peningkatan Pencapaian Komptensi Program Studi Diploma III Kebidanan STIKES Maharani Malangâ€, Malang, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 1, pp 78 - 93, Januari 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Ahmad Zein Al Wafi, Febry Putra Rochim, Veda Bezaleel, Investigating Liver Disease Machine Learning Prediction Performancethrough Various Feature Selection Methods , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 3 (2025)
- Reni Fatrisna Salsabila, Didik Dwi Prasetya, Triyanna Widyaningtyas, Tsukasa Hirashima, Comparison of Text Representation for Clustering Student Concept Maps , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 2 (2025)
- Elly Mufida, David Wardana Agus Rahayu, Pengembangan Sistem VOIP Menggunakan Server Issabel Versi 4.0 dan Tunnel EOIP pada OMNI Hospital Alam Sutera , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Wahyu Styo Pratama, Didik Dwi Prasetya, Triyanna Widyaningtyas, Muhammad Zaki Wiryawan, Lalu Ganda Rady Putra, Tsukasa Hirashima, Performance Evaluation of Artificial Intelligence Models for Classification in Concept Map Quality Assessment , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 3 (2025)
- Susandri Susandri, Ahmad Zamsuri, Nurliana Nasution, Yoyon Efendi, Hiba Basim Alwan, The Mitigating Overfitting in Sentiment Analysis Insights from CNN-LSTM Hybrid Models , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 2 (2025)
- Faisal Reza Pradhana, Ilham Mufandi, Aziz Musthafa, Dian Afif Arifah, Khairul Munzilin Al Kahfi, Implementation of Conversational Artificial Intelligence in a3-Dimensional Game onWaste Impact , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 3 (2025)
- Baiq Rima Mozarita Erdiani, Aryo Yudo Husodo, Ida Bagus Ketut Widiartha, Novel Application of K-Means Algorithm for Unique Sentiment Clustering in 2024 Korean Movie Reviews on TikTok Platform , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 2 (2025)
- Donny Kurniawan, Anthony Anggrawan, Hairani Hairani, Graduation Prediction System on Students Using C4.5 Algorithm , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- M. Khairul Anam, Bunga Nanti Pikir, Muhammad Bambang Firdaus, Susi Erlinda, Agustin Agustin, Penerapan Na ̈ıve Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor (KNN) dan Decision Tree untuk Menganalisis Sentimen pada Interaksi Netizen dan Pemeritah , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 1 (2021)
- Didit Suhartono, Khairunnisak Nur Isnaini, Strategi Recovery Plan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Menggunakan Framework NIST SP 800-34 , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Yuniansyah Yuniansyah, Andri Saputra, PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATAKULIAH GRAFIK KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE ADDIE , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)