Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kategori Promosi Produk Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : Minimarket)
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v19i2.672Keywords:
SPK,Promosi Produk, profile matching,Abstract
Perusahaan Distributor secara berkala akan melakukan kegiatan promosi produk dibeberapa outlet yang bekerjasama dengan mereka, kendala yang sering ditemui adalah pemberian promosi masih belum tepat sasaran sehingga belum bisa menarik minat pembeli, hal ini akan menjadikan tujuan utama perusahaan dalam mengadakan promosi guna meningkatkan volume dan omset penjualan masih belum sepenuhnya tercapai. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi kepada perusahaan dalam mengambil keputusan pemilihan kategori promosi produk dengan menggunakan metode profile matching karena metode profile matching telah banyak digunakan dalam berbagai bidang untuk sistem pendukung keputusan. Pengambilan keputusan kategori promosi produk dilakukan dengan melihat tiga aspek yaitu budget, penjualan dan waktu promosi dengan pemberian bobot terhadap aspek yang telah ditentukan, perhitungan nilai Core Factor (NCF) dan nilai Secondary Factor (NSF), perhitungan nilai total akan menghasilkan rekomendasi kategori promosi produk. Ada empat kategori yang akan menjadi hasil rekomendasi untuk setiap promosi produk yaitu Rafaksi,Mailer,Discount dan Listing. Dengan dilakukannya penelitian ini akan membantu perusahaan distributor dalam menentukan promo untuk setiap produk yang dimiliki.
Downloads
References
S. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Profile Matching,†Pelita Informatika Budi Darma, vol. IX, no. 2, pp. 60 - 68, 2015.
R. . K. Tiony, N. H. Wardani dan T. Afirianto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Promo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process – Simple Additive Weighting (AHP – SAW) (Studi Kasus : Geprek Kak Rose),†Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, pp. 8413-8422, 2019.
F. Indriyani, “Penerapan Metode Profile matching Sebagai Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan pada SMK Al Hidayah,†Jurnal Riset Informatika, vol. 1, no. 2, p. 35 – 40, 2019.
Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi + AMIKOM, 2017.
A. Yasiin dan . K. P. Desi , “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru menggunakan Metode Profil Matching pada SMK Wisudha Karya Kudus,†2017.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Ni Gusti Ayu Dasriani, Mayadi Mayadi, Anthony Anggrawan, Klasterisasi Lokasi Promosi PMB Dengan Fuzzy C-means Masa Pandemi Covid 19 , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- Rizky Muliani Dwi Ujianti, Mega Novita, Iffah Muflihati, Pemetaan Dimensi Ketahanan Pangan berbasis Web GIS dan Metode TOPSIS , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 3 (2022)
- Aji Supriyanto, Jeffry Alfa Razaq, Purwatiningtyas Purwatiningtyas, Agus Ariyanto, Keputusan Pemberian Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Menggunakan Metode AHP dan SAW , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 3 (2022)
- Syahril Efendi, Poltak Sihombing, Sentiment Analysis of Food Order Tweets to Find Out Demographic Customer Profile Using SVM , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 3 (2022)
- Tb Ai Munandar, Ajif Yunizar Yusuf Pratama, Regional Clustering Based on Types of Non-Communicable Diseases Using k-Means Algorithm , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 2 (2024)
- Sucipto Sucipto, Didik Dwi Prasetya, Triyanna Widiyaningtyas, Educational Data Mining: Multiple Choice Question Classification in Vocational School , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 23 No. 2 (2024)
- Jihadil Qudsi S., Anthony Anggrawan, EVALUASI PRODUK PEMBELAJARAN MULTIMEDIA (PELIN) EVALUATION OF LEARNING MULTIMEDIA PRODUCT (PELIN) , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 1 (2016)
- Ismarmiaty Ismarmiaty, Adam Bachtiar, ANALISIS PENGARUH VARIABEL MODEL UTAUT TERHADAP PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KOTA MATARAM , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 1 (2017)
- Andris Faesal, Aziz Muslim, Aditya Hastami Ruger, Kusrini Kusrini, Sentimen Analisis pada Data Tweet Pengguna Twitter Terhadap Produk Penjualan Toko Online Menggunakan Metode K-Means , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Cindy Ameilia Suhendra, Marsani Asfi, Widya Jati Lestari, Ilwan Syafrinal, Sistem Peramalan Persediaan Sparepart Menggunakan Metode Weight Moving Average dan Reorder Point , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
You may also start an advanced similarity search for this article.