Pengukuran Kelayakan Simulator Forensik Digital Menggunakan Metode Multimedia Mania
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v21i2.1556Keywords:
Forensik Digital, Keusioner, Multimedia Mania, Pengukuran Kelayakan, SimulatorAbstract
Pengujian kelayakan suatu media pembelajaran merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjamin keberlangsungan, keberlanjutan dan keterikatan (engagement) antara aplikasi dengan penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kelayakan dari aplikasi simulator forensik digital sebagai media ajar untuk menginvestigasi keamanan sistem pada lingkungan jaringan komputer menggunakan metode multimedia mania. Bidang jaringan komputer dan internet merupakan lingkungan yang memiliki kerentanan yang sangat tinggi, dimana berbagai macam jenis eksploitasi terhadap lingkungan ini sering terjadi dan menyebabkan kerugian yang besar, sehingga pembelajaran pada bidang ini menjadi suatu hal yang penting dilingkungan sekolah, khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan bidang teknik dan jaringan komputer serta informatika. Multimedia mania merupakan suatu metode pengukuran kelayakan berupa rubrik yang menilai aspek-aspek teknis pada aplikasi multimedia. Rubrik ini digunakan untuk menggali lebih banyak informasi terkait keselarasan media pembelajaran dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna. Penilaian pada rubrik ini terdiri dari 5 aspek penting, yaitu mekanisme, elemen multimedia, struktur informasi, dokumentasi, dan kualitas konten multimedia. Hasil pengujian kelayakan simulator forensik digital di 4 sekolah menegah kejuruan mendapatkan nilai kelayakan sebesar 89,22% dari ahli media dan 96,55% dari penilaian siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa simulator forensik digital layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dan bahan ajar multimedia pada bidang investigasi keamanan jaringan komputer.
Downloads
References
[2] K. A. Z. Ariffin, , and F. H.Ahmad, "Indicators for maturity and readiness for digital forensic investigation in era of industrial revolution 4.0," Computers & Security, 105, 102237, 2021
[3] R. Montasari, R. Hill, V. Carpenter, and A.Hosseinian-Far, "The standardised digital forensic investigation process model (SDFIPM)." In Blockchain and Clinical Trial (pp. 169-209) , 2019, Springer, Cham.
[4] J. Simarmata et al., Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis, 2020.
[5] X. Xu, “Study on effective using of multimedia teaching system and enhancing teaching effect,†Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 12, no. 6, pp. 187–195, 2017, doi: 10.3991/ijet.v12i06.7093.
[6] Munir, W. Setiawan, E. P. Nugroho, J. Kusnendar, and A. P. Wibawa, “The effectiveness of Multimedia in Education for Special Education (MESE) to improve reading ability and memorizing for children with intellectual disability,†Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 13, no. 8, pp. 254–263, 2018, doi: 10.3991/ijet.v13i08.8291.
[7] I. Afrianto, A. F. Faris, and S. Atin, “Hijaiyah letter interactive learning for mild mental retardation children using Gillingham method and augmented reality,†Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 10, no. 6, pp. 334–341, 2019, doi: 10.14569/ijacsa.2019.0100643.
[8] G. Setiyaningsih, M. A. W. Prasetyo, and D. U. Hidayah, “Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMP N 1 Nusawungu Berbasis Smartphone Android,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 2, pp. 246–256, 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.365.
[9] A. Wahyudinata and H. B. Dirgantara, “Pengembangan Gim Edukasi 2D Pemilahan Sampah Daur Ulang Berbasis Android,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 1, pp. 129–138, 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.860.
[10] I. Afrianto and R. M. Furqon, “The Herbalist Game Edukasi Pengobatan Herbal Berbasis Android,†J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 8, no. 2, p. 27, 2018, doi: 10.21456/vol8iss2pp27-34.
[11] I. Novianty, W. Sholihah, and Y. Aditama, “Aplikasi Virtual Reality Atom Kimia Di Seamolec,†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 2, pp. 257–262, 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.718.
[12] D. M. Rachmadani, “Simulasi Monitoring Tegangan Pada Jaringan Transmisi Berbasis IoT,†Aisyah J. Informatics Electr. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 131–135, 2021.
[13] S. U. Kurniyawati and A. Prastowo, “Kontribusi Model Simulasi Tik Untuk Menumbuhkan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd/Mi,†J. Teknol. Pendidik., vol. 14, no. 2, p. 88, 2021, doi: 10.24114/jtp.v14i2.26121.
[14] B. Fachri and F. H. Harahap, “Simulasi Penggunaan Intrusion Detection System (IDS) Sebagai Keamanan Jaringan dan Komputer,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 2, p. 413, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.2037.
[15] K. Al Fikri and D. Djuniadi, “Keamanan Jaringan Menggunakan Switch Port Security,†InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 5, no. 2, pp. 302–307, 2021.
[16] M. A. C. Rahmani and S. Prabowo, “Simulasi Keamanan Jaringan Dengan Metode DHCP Snooping dan VLAN,†JASIKA (Jurnal Apl. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 01, pp. 27–37, 2020.
[17] R. N. Sukmana and A. Ruhyat, “Analisis Dan Perancangan Ujian On Line Menggunakan Netsupport Schoool Melalui Pc Clonning,†J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 29–43, 2016.
[18] C. M. Shepherd and A. M. Mullane, “Rubrics: The key to fairness in performance based assessments,†J. Coll. Teach. Learn., vol. 5, no. 9, 2008.
[19] E. P. Nugroho, R. Yuliana, E. Junaeti, J. Kusnendar, H. W. Prabawa, and Munir, “Using simulation in network security learning,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1280, no. 3, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1280/3/032038.
[20] C. Shepherd and A. M. Mullane, “Managing Multimedia Mania: Taming The Technology Beast,†J. Coll. Teach. Learn., vol. 7, no. 1, 2010, doi: 10.19030/tlc.v7i1.79.
[21] E. B. Vasu Ellen S , Jane Steelman, Judy Lambert, “Multimedia Mania Student Checklist,†2003. [Online]. Available: https://fcit.usf.edu/assessment/performance/mm2002_rubric.kids.pdf.
[22] I. N. Kanca, G. Ginaya, and N. N. Sri Astuti, “Collaborative network learning (CNL) on students’ online learning,†Int. J. Linguist. Lit. Cult., vol. 7, no. 5, pp. 362–370, 2021.
[23] W. Wahyudin, A. M. Rishanty, M. Nursalman, S. Nazir, and L. S. Riza, “Learning through computer science unplugged on team assisted individualization on the computational thinking ability,†Linguist. Cult. Rev., vol. 5, no. S3, pp. 1442–1452, 2021.
[24] A. N. Khoirunnisa, E. F. Rahman, and L. Dewi, “Interactive Multimedia Kolb Experiential Learning Model Using Logistic Regression Algorithm to Improve Student Cognitive,†in International Visual Informatics Conference, 2021, pp. 195–204.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Hiya Nalatissifa, Yudi Ramdhani, Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode Topsis untuk Menentukan Kelayakan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Shinta Esabella, PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 1 (2016)
- Ervina Farijki, Bambang Krismono Triwijoyo, SEGMENTASI CITRA MRI MENGGUNAKAN DETEKSI TEPI UNTUK IDENTIFIKASI KANKER PAYUDARA , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 15 No. 2 (2016)
- Lalu Zazuli Azhar Mardedi, Khairan Marzuki, Rancang Bangun Jaringan Komputer LAN Berdasarkan Perbandingan Kinerja Routing Protokol EIGRP dan Routing Protokol OSPF , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
- Hermila A., Rahmat Taufik R. L Bau, Sitti Suhada, Abdulaziz Ahmed siyad, Predicting Gen Z’s Sentiments on Gorontalo’s CulturalWisdom UsingSentiment Analysis Models , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 2 (2025)
- Lilik Widyawati, Imam Riadi, Yudi Prayudi, Comparative Analysis of Image Steganography using SLT, DCT and SLT-DCT Algorithm , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Inna Novianty, Walidatush Sholihah, Yudawan Aditama, Aplikasi Virtual Reality Atom Kimia di Seamolec , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 2 (2020)
- Sri Nawangsari, Robby Kurniawan Harahap, Harun Al Rasyid, Nina Herlina, Erik Ekowati, Anugriaty Indah Asmarany, Design of Mobile Digital Healthcare Application For Pregnant Women Based on Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- Hadi Santoso, Hilyah Magdalena, Helna Wardhana, Aplikasi Dynamic Cluster pada K-Means BerbasisWeb untuk Klasifikasi Data Industri Rumahan , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 3 (2022)
- Muhammad Tajuddin, Ahmat Adil, Andi Sofyan Anas, Game for Sasak Script Based on Knuth Morris Pratt Algorithm and ADDIE Model , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 1 (2022)
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Irawan Afrianto, Andri Heryandi, Sufa Atin, Blockchain-based Trust, Transparent, Traceable Modeling on Learning Recognition System Kampus Merdeka , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 22 No. 2 (2023)