Analisis Website Program Kreativitas Mahasiswa (PKM Center) Universitas Ahmad Dahlan Menggunakan WebQual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1098Keywords:
WebQual, Kegunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Interaksi, Kepuasan PenggunaAbstract
Dewasa ini, pihak individu dan organisasi telah memanfaatkan media website sebagai teknologi informasi untuk membagikan atau mendapatkan informasi secara mudah dalam waktu singkat. PKM Center Universitas Ahmad Dahlan telah menggunakan media website sebagai pelayanan lomba setiap mahasiswa, tetapi mendapatkan sejumlah masukan dari pengguna terkait tampilan website yang kurang atraktif, dan informasi yang disampaikan kurang aktual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis website PKM Center Universitas Ahmad Dahlan berdasarkan persepsi pengguna melalui pendekatan WebQual 4.0. Proses analisis diawali dengan menyusun hipotesis penelitian untuk mengkaji antara hubungan variabel independen yang terdiri dari kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas layanan interaksi terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pengguna. Proses kedua adalah menyusun, dan menguji instrumen penelitian melalui uji validitas dan uji reliabilitas oleh 30 mahasiswa. Proses ketiga adalah mendapatkan data primer melalui penyebaran instrumen kepada 130 mahasiswa. Proses terakhir adalah mengkaji hasil interpretasi responden melalui uji normalitas, uji korelasi uji-t, dan uji-f untuk pembuktian hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel independen secara parsial maupun simultan berkorelasi, dan berhubungan kuat terhadap variabel dependen.
Downloads
References
[2] D. Grewal, J. Hulland, P. K. Kopalle, and E. Karahanna, “The Future of Technology and Marketing: A Multidisciplinary Perspective,†Journal of the Academy of Marketing Science, vol. 48, no. 1, pp. 1–8, 2020.
[3] P. Sirikitsathian, S. Chaveesuk, and C. Sathitwiriyawong, “A Conceptual Framework for Better Understanding of Factors Influencing Accessibility to A Website and Its Acceptance by University Students with Visual Impairments,†in 9th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (ICITEE), 2017, pp. 1–5.
[4] K. Marzuki, Apriani, and L. Z. A. Mardedi, “Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi E-Learning Pada Kampus Swasta Menggunakan Cobit 4.1,†Jurnal Bumigora Information Technology, vol. 1, no. 2, pp. 161–166, 2019.
[5] J. Tarigan, “User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET),†Akuntansi dan Keuangan, vol. 10, no. 1, pp. 34–47, 2008.
[6] E. T. Loiacono, R. T. Watson, and D. L. Goodhue, “WebQual: A Measure of Web Site Quality,†Marketing theory and Applications, vol. 13, pp. 432–438, 2002.
[7] S. J. Barnes and R. Vidgen, “WebQual: An Exploration of Website Quality,†in European Conference on Information System (ECIS), 2000, pp. 1–9.
[8] S. J. Barnes and R. Vidgen, “An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce Quality,†Journal of Electronic Commerce Research, vol. 3, no. 3, pp. 114–127, 2002.
[9] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Measuring Website Quality Improvements: A Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange,†Industrial Management & Data Systems, vol. 103, no. 5, pp. 297–309, 2003.
[10] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Data Triangulation in Action: Using Comment Analysis to Refine Web Quality Metrics,†in European Conference on Information System (ECIS), 2005, pp. 1–13.
[11] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Interactive E-Government: Evaluating the Web Site of the UK Inland Revenue,†International Journal of Electronic Government Research, vol. 3, no. 1, pp. 19–37, 2007.
[12] F. Rindani and S. Puspitodjati, “Integration of Webqual Method to Importance Performance Analysis and Kano Model to Analyze System Quality of E-Government: Case Study LAPOR!,†Jurnal Sistem Informasi, vol. 16, no. 2, pp. 1–17, 2020.
[13] Maryani, B. Mahesworo, A. S. Perbangsa, and H. Hendarti, “User Interface Evaluation on Government Knowledge Management Portal Using Webqual 4.0,†in 2019 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 2019, pp. 244–249.
[14] N. A. Hidayah, A. Subiyakto, and F. Setyaningsih, “Combining Webqual and Importance Performance Analysis for Assessing A Government Website,†in 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 2019, pp. 1–6.
[15] J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,†Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. 5, no. 1, pp. 23–31, 2019.
[16] N. Adellia and A. Prasetio, “Customer Perception Mapping Analysis of Indonesian E-Commerce Marketplace Sites Based on Attributes Usability, Site Design, Information Quality, Trust, and Empathy (Case study of Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Qoo10, and Rakuten),†in 4th International Conference on Cyber and IT Service Management, 2016, pp. 1–7.
[17] J. Hasanov and H. Khalid, “The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention of Organic Food in Malaysia: A WebQual Model Approach,†Procedia Computer Science, vol. 72, pp. 382–389, 2015.
[18] D. Napitupulu, “Analysis of Factors Affecting The Website Quality (Study Case: XYZ University),†International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, vol. 7, no. 3, pp. 792–798, Jun. 2017.
[19] M. Faizal and A. Prasetio, “Users’ Expectation and Perception Gap Analysis of Telkom University Website with Modified WebQual 4.0 Method,†International Journal of Information Science and Management, vol. 18, no. 2, pp. 1–18, 2020.
[20] Rismayani and Y. J. W. Soetikno, “Using WebQual 4.0 For Measuring Quality of E-learning Services During COVID-19 Pandemic,†in 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), Oct. 2020, pp. 1–7.
[21] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung - Indonesia: Alfabeta, 2019.
[22] D. A. Trisliatanto, Metodologi Penelitian. Yogyakarta - Indonesia: ANDI OFFSET, 2020.
[23] V. W. Sujarweni, Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta - Indonesia: Pustaka Baru Press, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Nandang Iriadi, Priatno Priatno, Putri Agnes Sulistia, Analisa Kepuasaan Pelanggan dalam Layanan Jasa Travel and Tour pada PT. Denar Pesona Menggunakan Metode Fuzzy Servqual , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
- Firmansyah Firmansyah, Mochamad Wahyudi, Analisis Performa Access Control List Menggunakan Metode Firewall Policy Base , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
- Dewa putu yudhi Ardiana, I Made Shaja Dwiputra, Sistem Informasi Penanganan Keluhan Pelanggan di Rumah Sakit Umum Surya Husadha Denpasar Berbasis Web , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
- Shinta Esabella, PERANCANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 1 (2016)
- Angelina Ervina Jeanette Egeten, Siska A. Damanik, Ika Agustina, Marcelina Panggabean, Perancangan Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web Pada Yayasan Kalyanamitra Di Jakarta Timur Untuk Mendukung Program Bidang Pendampingan Komunitas , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
- Sepyan Purnama Kristanto, Lutfi Hakim, Ekstraksi Informasi Destinasi Wisata Populer Jawa Timur Menggunakan Depth-First Crawling , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 1 (2021)
- Renita Fitriani, Muhammad Tajuddin, DESAIN SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS ANDROID , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 1 (2016)
- Deni Marta, M. Angga Eka Putra, Guntoro Barovih, Analisis Perbandingan Performa Virtualisasi Server Sebagai Basis Layanan Infrastructure As A Service Pada Jaringan Cloud , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 1 (2019)
- Ni Ketut Sriwinarti, Andres Faesal, SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI PADA KECAMATAN GERUNG LOMBOK BARAT , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 15 No. 1 (2015)
- Surahmat Surahmat, Alfred Tenggono, Analisis Perbandingan Kinerja Layanan Infrastructure As A Service Cloud Computing Pada Proxmox dan Xenserver , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 19 No. 1 (2019)
You may also start an advanced similarity search for this article.
.png)











