Analisis Website Program Kreativitas Mahasiswa (PKM Center) Universitas Ahmad Dahlan Menggunakan WebQual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v20i2.1098Keywords:
WebQual, Kegunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Interaksi, Kepuasan PenggunaAbstract
Dewasa ini, pihak individu dan organisasi telah memanfaatkan media website sebagai teknologi informasi untuk membagikan atau mendapatkan informasi secara mudah dalam waktu singkat. PKM Center Universitas Ahmad Dahlan telah menggunakan media website sebagai pelayanan lomba setiap mahasiswa, tetapi mendapatkan sejumlah masukan dari pengguna terkait tampilan website yang kurang atraktif, dan informasi yang disampaikan kurang aktual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis website PKM Center Universitas Ahmad Dahlan berdasarkan persepsi pengguna melalui pendekatan WebQual 4.0. Proses analisis diawali dengan menyusun hipotesis penelitian untuk mengkaji antara hubungan variabel independen yang terdiri dari kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas layanan interaksi terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pengguna. Proses kedua adalah menyusun, dan menguji instrumen penelitian melalui uji validitas dan uji reliabilitas oleh 30 mahasiswa. Proses ketiga adalah mendapatkan data primer melalui penyebaran instrumen kepada 130 mahasiswa. Proses terakhir adalah mengkaji hasil interpretasi responden melalui uji normalitas, uji korelasi uji-t, dan uji-f untuk pembuktian hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel independen secara parsial maupun simultan berkorelasi, dan berhubungan kuat terhadap variabel dependen.
Downloads
References
[2] D. Grewal, J. Hulland, P. K. Kopalle, and E. Karahanna, “The Future of Technology and Marketing: A Multidisciplinary Perspective,†Journal of the Academy of Marketing Science, vol. 48, no. 1, pp. 1–8, 2020.
[3] P. Sirikitsathian, S. Chaveesuk, and C. Sathitwiriyawong, “A Conceptual Framework for Better Understanding of Factors Influencing Accessibility to A Website and Its Acceptance by University Students with Visual Impairments,†in 9th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (ICITEE), 2017, pp. 1–5.
[4] K. Marzuki, Apriani, and L. Z. A. Mardedi, “Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi E-Learning Pada Kampus Swasta Menggunakan Cobit 4.1,†Jurnal Bumigora Information Technology, vol. 1, no. 2, pp. 161–166, 2019.
[5] J. Tarigan, “User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET),†Akuntansi dan Keuangan, vol. 10, no. 1, pp. 34–47, 2008.
[6] E. T. Loiacono, R. T. Watson, and D. L. Goodhue, “WebQual: A Measure of Web Site Quality,†Marketing theory and Applications, vol. 13, pp. 432–438, 2002.
[7] S. J. Barnes and R. Vidgen, “WebQual: An Exploration of Website Quality,†in European Conference on Information System (ECIS), 2000, pp. 1–9.
[8] S. J. Barnes and R. Vidgen, “An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce Quality,†Journal of Electronic Commerce Research, vol. 3, no. 3, pp. 114–127, 2002.
[9] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Measuring Website Quality Improvements: A Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange,†Industrial Management & Data Systems, vol. 103, no. 5, pp. 297–309, 2003.
[10] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Data Triangulation in Action: Using Comment Analysis to Refine Web Quality Metrics,†in European Conference on Information System (ECIS), 2005, pp. 1–13.
[11] S. J. Barnes and R. Vidgen, “Interactive E-Government: Evaluating the Web Site of the UK Inland Revenue,†International Journal of Electronic Government Research, vol. 3, no. 1, pp. 19–37, 2007.
[12] F. Rindani and S. Puspitodjati, “Integration of Webqual Method to Importance Performance Analysis and Kano Model to Analyze System Quality of E-Government: Case Study LAPOR!,†Jurnal Sistem Informasi, vol. 16, no. 2, pp. 1–17, 2020.
[13] Maryani, B. Mahesworo, A. S. Perbangsa, and H. Hendarti, “User Interface Evaluation on Government Knowledge Management Portal Using Webqual 4.0,†in 2019 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 2019, pp. 244–249.
[14] N. A. Hidayah, A. Subiyakto, and F. Setyaningsih, “Combining Webqual and Importance Performance Analysis for Assessing A Government Website,†in 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 2019, pp. 1–6.
[15] J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,†Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. 5, no. 1, pp. 23–31, 2019.
[16] N. Adellia and A. Prasetio, “Customer Perception Mapping Analysis of Indonesian E-Commerce Marketplace Sites Based on Attributes Usability, Site Design, Information Quality, Trust, and Empathy (Case study of Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Qoo10, and Rakuten),†in 4th International Conference on Cyber and IT Service Management, 2016, pp. 1–7.
[17] J. Hasanov and H. Khalid, “The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention of Organic Food in Malaysia: A WebQual Model Approach,†Procedia Computer Science, vol. 72, pp. 382–389, 2015.
[18] D. Napitupulu, “Analysis of Factors Affecting The Website Quality (Study Case: XYZ University),†International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, vol. 7, no. 3, pp. 792–798, Jun. 2017.
[19] M. Faizal and A. Prasetio, “Users’ Expectation and Perception Gap Analysis of Telkom University Website with Modified WebQual 4.0 Method,†International Journal of Information Science and Management, vol. 18, no. 2, pp. 1–18, 2020.
[20] Rismayani and Y. J. W. Soetikno, “Using WebQual 4.0 For Measuring Quality of E-learning Services During COVID-19 Pandemic,†in 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), Oct. 2020, pp. 1–7.
[21] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung - Indonesia: Alfabeta, 2019.
[22] D. A. Trisliatanto, Metodologi Penelitian. Yogyakarta - Indonesia: ANDI OFFSET, 2020.
[23] V. W. Sujarweni, Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta - Indonesia: Pustaka Baru Press, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Ni Wayan Sumartini Saraswati, Ni Wayan Wardani, Ketut Laksmi Maswari, I Dewa Made Krishna Muku, Rapid Application Development untuk Sistem Informasi Payroll berbasis Web , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
- Didit Suhartono, Khairunnisak Nur Isnaini, Strategi Recovery Plan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Menggunakan Framework NIST SP 800-34 , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
- Arny Lattu, Danny Manongga, Ade Iriani, Ekstraksi Pengetahuan pada Penurunan Minat Mahasiswa Mengikuti Bursa Kerja Menggunakan Soft System Methodology , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
- Siti Sauda, Eka Puji Agustini, Implementasi Prototype Model dalam Pengembangan Aplikasi Smart Cleaning Sebagai Pendukung Aplikasi Smart City , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Muhammad Tajuddin, M. Hisyam, Suharliyanto Suharliyanto, Rancang Bangun Sistem Informasi Self Acreditation Berbasis Online , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 17 No. 2 (2018)
- Meidyan Permata Putri, Bobby Bobby, Sistem Informasi Manajemen Proyek PT. Samudera Perkasa Konstruksi Berbasis Web , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Jian Budiarto, Jihadil Qudsi, Deteksi Citra Kendaraan Berbasis Web Menggunakan Javascript Framework Library , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Ahmad Ashril Rizal, Siti Soraya, Multi Time Steps Prediction dengan Recurrent Neural Network Long Short Term Memory , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 1 (2018)
- Abednego Dwi Septiadi, Luky Sufra Alfarizi, Pemanfaatan E-KTP Sebagai Alat Bantu Sistem Kehadiran Pegawai dalam Penanggulangan Penyebaran Covid-19 , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Muhammad Vicky Al Hasri, Endah Sudarmilah, Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
You may also start an advanced similarity search for this article.