UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/upgrade <p align="justify"><strong>UPGRADE</strong>&nbsp;adalah jurnal publikasi ilmiah yang berada di bawah naungan program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Bumigora Mataram. <strong>UPGRADE </strong>Jurnal&nbsp;Pendidikan Teknologi Informasi mempublikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan kajian (<em>review</em>) ilmiah bidang tekonologi pendidikan beserta aplikasinya. <strong>UPGRADE</strong>&nbsp; telah memiliki nomor ISSN 3021-7067 dan terbit dalam waktu 2 kali setahun (Agustus dan Februari). Informasi lebih lanjut silakan hubungi admin melalui e-mail&nbsp;upgrade.journal@universitasbumigora.ac.id.</p> en-US upgrade.journal@universitasbumigora.ac.id (Nining Anggeraini, M.Sc) nining@universitasbumigora.ac.id (Nining Anggeraini, M.Sc) Tue, 21 Jan 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Evaluasi Performa Aplikasi Tes Diagnostik Certainty of Response Index Berbasis Android Menggunakan PageSpeed Insights https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/upgrade/article/view/4663 <p>Kurangnya pemahaman mendalam terhadap konsep dasar fisika menjadi kendala utama bagi banyak siswa dalam mempelajari sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi performa aplikasi MagDiag sebagai alat untuk mendeteksi miskonsepsi siswa pada materi medan magnet. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&amp;D) dengan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) untuk mengembangkan aplikasi dan dirancang agar dapat berjalan lancar di perangkat desktop maupun mobile. Pada tahap analisis, kebutuhan aplikasi berbasis CRI (Certainty Response Index) untuk mendeteksi miskonsepsi siswa diidentifikasi. Desain aplikasi meliputi pengembangan<br>soal berbasis CRI dan desain antarmuka pengguna yang responsif. Pada tahap pengembangan, aplikasi diuji coba menggunakan alat PageSpeed Insights untuk mengukur performa aplikasi, mencakup metrik seperti First Contentful Paint, Total Blocking Time, Speed Index, Largest Contentful Paint, dan Cumulative Layout Shift.<br>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi MagDiag memiliki performa yang optimal pada perangkat desktop dengan beberapa area yang perlu diperbaiki pada perangkat mobile. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan instrumen tes diagnostik berbasis teknologi Selain itu, pengujian lebih lanjut dengan melibatkan siswa sebagai pengguna<br>aplikasi sangat diperlukan untuk mendapatkan umpan balik langsung dari pengguna terkait pengalaman mereka dan dampaknya terhadap pemahaman konsep sebagai rekomendasi penelitian lebih lanjut.</p> Hurin In Liaf Detina, Sigit Dwi Saputro ##submission.copyrightStatement## https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/upgrade/article/view/4663 Tue, 21 Jan 2025 00:47:34 +0000 Efek Chat Generative Pre-training Transformer terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Computational Thinking Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah di Era Revolusi Industri 5.0 https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/upgrade/article/view/4777 <p>Di era perkembangan teknologi, kecerdasan buatan seperti ChatGPT (<em>Generative Pre-training&nbsp;</em><em>Transformer</em>) telah muncul sebagai alat yang berpotensi mendukung proses pembelajaran serta pengembangan kemampuan berpikir kritis dan <em>Computational Thinking</em> (CT) terutama dalam konteks penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis dan mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap CT. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 40 mahasiswa program studi ilmu komputer yang mengambil mata kuliah riset teknologi informasi. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap CT. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya yang akan mengkaji lebih mendalam terkait pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan berpikir dan CT mahasiswa yang memiliki potensi besaruntuk meningkatkan kualitas pembelajaran.</p> Reny Refitaningsih Peby Ria, Lalu Setia Yuda ##submission.copyrightStatement## https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/upgrade/article/view/4777 Tue, 21 Jan 2025 00:48:02 +0000 A Bibliometric Analysis of Datafication in Education: Trends, Impact and Future Implications https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/upgrade/article/view/4803 <p>The massive use of digital learning platforms and AI in education has generated large quantities of data<br>on teacher and student information, online interactions, and teaching and learning practices. This data can be collected, analyzed, and interpreted to improve educational outcomes. Following the interest and attention in this topic, numerous research studies have been conducted to gain a better understanding in this area. Thus, the purpose of this study is to summarize the literature on datafication in education from 2020 to 2024 and to explore the key terms related to its influence on educational practices, and its potential future implications. The method used in this study is a bibliometric analysis. A total of 200 articles were found in Google Scholar through a search using the keywords "datafication in education."The study found that research on datafication in education has grown significantly in recent years. Initially focused on technological aspects, the research has shifted towards practical applications and critical perspectives. Key themes identified include data literacy, AI, and the ethical implications of data use in education. As an implication of this study, this overview aims to&nbsp;assist future research by enriching and expanding the scope of research and encouraging progress in related disciplines. This will contribute to a fuller understanding of the potential benefits and risks of datafication in transforming education.</p> Nining Anggeraini ##submission.copyrightStatement## https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/upgrade/article/view/4803 Sat, 25 Jan 2025 02:43:28 +0000