Implementasi Manajemen Penjualan Dan Praktik Akuntansi Bagi Pelaku Bisnis Kecil Dan Menengah Di Kota Mataram

  • Restu Fahdiansyah
  • Jihadil Quds
Keywords: UMKM, Manajemen Penjualan, Praktik Akuntansi, Kinerja Keuangan

Abstract

Peranan UMKM baik langsung maupun tidak dalam peningkatan perekonomian nasional sangatlah penting. Terlebih jika dikaitkan dengan peningkatan peluang kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan perekonomian pedesaan serta peningkatan ekspor impor nonmigas. Demi meningkatkan keuntungan atau kinerja keuangan UMKM perlu strategi tertentu, yang dalam penelitian ini menggunakan manajemen penjualan dan praktik akuntansi. Manajemen penjualan dan praktik akuntansi diyakini mampu memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja keuangan UMKM. Penelitian ini menguji penggunaan manajemen penjualan dan praktik akuntansi yang dilakukan oleh 14 UMKM yang dijadikan data penelitian. Untuk mengetahui apakah variabel manajemen penjualan dan praktik akuntansi memberikan pengaruh terhadap kinerja keuangan peneliti menggunakan regresi linier berganda dengan partial least square untuk mengakomodir data yang sedikit. Hasil uji pada penelitian ini menunjukan bahwa manajemen penjualan dan praktik akuntansi secara parsial memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan kinerja keuangan pada UMKM.

References

[1] Hadiyati, E., 2008. Model Pemasaran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana, Vol 5, No. 1 Juni.
[2] Stokes, D., 2007, Putting Entrepreneurship Into Marketing, Journal of Research in Marketing & Entrepreneurship: Vol. 2 No. 1: Spring 2000.
[3] Pribadi, F. J., dan Mundung, F. A., 2007, Manajemen Usaha UMKM (Konsep, Pengalaman Empiris dan The Best Practice) Edisi 1. Malang: Bayumedia Publishing.
[4] Alamsyah, F. dan Smitdev C., 2009, E Bussiness Membangun Bisnis Hosting dan Domain. PT Elexmedia Computindo : Jakarta
[5] Ediraras, D.T., 2010, Akuntansi Dan Kinerja UKM. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 15, No. 2: Agustus.
[6] Fahdiansyah, R. dan Anas A. S., 2017, Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Perkembangan Sistem Informasi Dalam Akuntansi, Seminar Nasional Teknologi Terapan, Mataram.
[7] Ghazali, Imam, 2016, “Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23”, Cetakan kedelapan, Universitas Diponegoro, Semarang.
[8] Yeniay, O. dan Attila, G. A Comparison of Partial Least Squares Regressions with Other Prediction Methods. Hacettepe Journal of Mathematics and Statistics. 2002; 31: 99- 111.
[9] Echambadi, R. dan Hess, JD. MeanCentering Does Not Alleviate Collinearity Problems in Moderated Multiple Regression Models, Marketing Science. 2007; 26: 438- 445.
Published
2017-10-10
Section
Articles