Pengaruhteknologi Mobile, Kualitas Layanan,Kredibilitas Perusahaan, Informasi, Layanan Antar, Terhadap Intensi Belanja On-Line

  • Antok Supriyanto
  • Rony Mahfuddin
Keywords: Teknologi mobil, Kredibilitas perusahaan, Intensi Belanja e-Commerce

Abstract

Perkembangan internet di Indonesia memberikan dampak terbentuknya sebuah dunia baru yang biasa disebut duniamaya. Dalam dunia maya setiap orang memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Bidang bisnis adalah bidang yang paling terkena dampak dari Perkembanganiteknologi informasi dan telekomunikasi paling cepat tumbuh. Salah satu dampak dari perkembangan internet dan mudahnya dalam mengakses internet pada masa kini, menghasilkan sebuah model bisnis baru yaitu e-commerce. E-commerce atau penjualanon-online adalah penyebaran informasi, pemasaran barang, pembelian, penjualan barang dan jasa melalui internet baik antara dua buahlinstitusi (Business to Busines) dan konsumen langsung (Business to Consumer), maka ecommerce bukan hanya sekedarsuatu mekanismepenjualan barang atau jasa melalui mediainternet, tetapi juga terjadinya sebuah transformasibisnis yangmengubah cara pandang perusahaan dalam melakukanusahanya. Semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet, semakin banyaknya e-commerce yang bermunculan. Agar sebuah e-commerce dapat bertahan dalam persaingan dan menjadi e-commerce yang populer, maka sebuah e-commerce harus memiliki website yang berkuaitas. Sebuah website yang berkualitas harus memiliki kualitas layanan dan kualitasinformasi website akan mempengaruhi kualitas. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat dapat meningkatkan produktifitas perusahaan. Dalam lima tahun terakhir ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan bisnis secara elektronik ataue-Commerce, sehingga istilah e-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet. Penelititan ini menguji secara komprehensif mengenai pengaruh teknologi mobile,kualitas layanan, kredibilitas perusahaan, informasi, dan integritas terhadap intensi Belanja e-Commerce. Hasil penelitian menunjukkan adanya bukti yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh kualitas layanan eCommerce, kredibilitas perusahaan, Informasi danlayanan antar terhadap intensibelanja ecommerce. Dengan perkembangan teknologi mobile memberi kemudahan pada konsumen untuk mengakses informasi, tingginya kualitas layanan e-Commerce, kredibilitas perusahaan, bertebaran informasi yang tersampaikan, dan fasilitas layanan antar, akan mengakibatkan tingginya Intensi Belanja e-Commerce.

References

[1] Kotler, P. 2002. Marketing Management, Millenium Edition. Pearson Custon Publishing. Boston.
[2] Kim. Changsu, Weihong Zhao, &Kyung Hoon Yang. 2008. “An Empirical study on then integrater framework of e-CRM in online shopping: evaluating the relationships among perceived value, satisfaction and trust based on customers perspectives,: Journal of Electronic Commerce in Organizations 6(3) 1-19.
[3] Mitra, W., Data Statistik Mengenai Pertumbuhan Pangsa Pasar ECommerce di Indonesia. Dipetik dari StartupBsnis: http://startupbisnis.com/datastatistik-mengenaipertumbuhanpangsa-pasar-e-commerce-diindonesia-saat-ini/
[4] Sevdik, A. B. dan Akman, V., 2002. Internet in the Lives of Turkish Women,First Monday: PeerReviewed Journal on The Internet, 7 (3), http://firstmonday.org/htbin/cgiwrap/ bin/ojs/index.php/fm/article/view/18 03
[5] Ferraro, A. 1998. Electronic Commerce: The issues masyarakat challenges to creating trust and positive image in consumer sales on the World Wide Web. First Monday, [Internet] 3 (6).
[6] Indrajit, R. E., 2001. E-Commerce: Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya. Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
[7] Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., dan Foxall, G. R., 2003. A Proposed Model of ETrust for Electronic Banking, Technovation, 23: 847-860.
[8] Kim, Y. H. dan Kim, D. J., 2005. A Study of Online Transaction SelfEfficacy,Consumer Trust, and Uncertainty Reduction in Electronic Commerce Transaction, Proceedings of the 38th Hawaii International Conference on System Sciences.
[9] Song, J. and Zahedi, F. M., 2003. Exploring Web Customers’ Trust Formation in Infomediaries, Proceeding of Twenty Fourth International Conference on Information Systems.
[10] Sekaran, U., 2003. Research Methods for Business, a Skill-Building Approach.Second Edition. John Wiley & Sons, Inc. Canada.
[11] Hwang, Heungsun dan Sunyoung Park. 2009. GeSCA. Version as of 9 December 2009. Montreal: McGill University
[12] Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Published
2017-10-10
Section
Articles