Identifikasi Prioritas Proses Pengelolaan Website STMIK Bumigora Mataram Menggunakan Sistem Manajemen Kinerja Balance Scorecard

  • Jian Budiarto
  • Andi Sofyan Anas
Keywords: Balance Scorecard, tata kelola website

Abstract

STMIK Bumigora Mataram sebagai perguruan tinggi swasta komputer pertama di Nusa Tenggara Barat memiliki kewajiban untuk mengelola hubungan baik antar stakeholder seperti pemerintah, perusahaan dan institusi lainnya. Website STMIK Bumigora Mataram merupakan salah satu media penghubung antar stakeholder tersebut. Namun pengelolaan website belum terorganisasi dengan baik sehingga menyebabkan pelayanan website STMIK Bumigora Mataram kurang tepat. Berdasarkan keadaan tersebut penting untuk membuat tata kelola teknologi informasi khusus media website yang mengidentifikasi kelemahan kontrol yang timbul dalam mengelola website tersebut. Sistem Manajemen Balance Scorecard menyediakan solusi dari permasalahan yang dialami pada pengelolaan website Dinas Pariwisata. Langkah analisis dilakukan dengan melakukan observasi dan analisis. Proses analisis dilakukan dengan melalui tahapan pemilihan tujuan bisnis, pemilihan tujuan TI, pemilihan proses COBIT dan penilaian tingkat kematangan tata kelola pada pengelolaan website STMIK Bumigora Mataram. Dari hasil penelitian menghasilkan tingkat kematangan pengelolaan website STMIK Bumigora Mataram menggunakan sistem manajemen kinerja balance scorecard. Informasi yang didapatkan pada penelitian ini tentang prioritas proses bisnis yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan langkah diri untuk mencapai tujuan institusi STMIK Bumigora. Beberapa aspek yang penting dalam pengelolaan seperti Finansial, customer(pelanggan), Internal serta pertumbuhan dan pembelajaran. Dari masing-masing aspek tersebut dapat dirincikan proses yang tepat untuk saat ini fokus pada proses Menetapkan sebuah strategi TI (PO1), Mengelola investasi TI(PO2), Memperoleh dan mempertahankan infrastruktur teknologi(A13) dan Mengelola sumber daya manusia di bidang TI(PO7).

References

[1] Chalikdjen Efendy, 2008, Perancangan Basis Data Analisis Untuk Aplikasi Berbasis Web Studi Kasus Wisatawan Mancanegara, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
[2] Yusuf Novian Ardhiansyah, 2008, Rancangan Sistem Manajemen Kinerja Berbasis The Balanced Scorecard Di Cabang PT Indomarco Adi Prima, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
[3] Darwanto Herry, 2008, Balance Scorecard untuk Organisasi Pemerintah, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
[4] Clarissa Eufrasia, 2008, Website Wisata Kuliner Bandung, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
[5] Sabarguna, B. S, 2007, Sistem Informasi Kinerja Manajemen Obat Berbasis Balance Scorecard, Sagung Seto, Jakarta.
[6] Sabarguna, B. S, 2009, Enterprise Resource Planning Di Rumah Sakit, Sagung Seto, Jakarta.
[7] Jogiyanto, H.M, 2008, Metode Penelitian Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.
[8] Surendro Kridanto, 2009, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Informatika, Bandung.
[9] Syukri Agus Fanar, 2009, Standar Pelayanan Publik Pemda, Indonesia Quality Research Agency, Tangerang.
Published
2017-10-10
Section
Articles