Technology Acceptance Model Dalam Implemetasi Software Daring Kemenristekdikti Untuk Mengukur Keberhasilan Good Univerisity Governance (GUG)

  • Muhammad Tajuddin
Keywords: TAM, Implementasi, Software, Daring, Keberhasilan, GUG

Abstract

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), saat ini di Indonesia terdapat Perguruan Tinggi (PT) dengan jenjang: Akademi: 1.102, Politeknik: 254, Sekolah Tinggi: 2.427, Institut: 156, dan Universitas: 557 sehingga totalnya menjadi: 4.396 (Forlap Dikti, Mei 2017). Hasil Pemeringkatan Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2016 dibagi dalam lima (5) Peringkat yaitu dari peringkat satu sampai dengan lima dengan jumlah Total sebesar: 3.320. Berdasarkan data Forlap dikti dan Pemeringkatan Kemenristekdikti ada 1.076 PT yang tidak masuk dalam pemeringkatan tersebut. Fakta tersebut menunjukkan bahwa begitu besarnya PT Indonesia yang belum memenuhi Tata Kelola Perguruan Tinggi atau Good University Governance (GUG). Jumlah dan penyebaran institusi perguruan tinggi tersebut juga menjadi potensi dan tantangan bagi pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang adil, merata, dan bermutu bagi rakyat Indonesia. Untuk menjangkau wilayah yang begitu luas, maka penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada saat ini memberikan kontribusi dalam pengembangan bidang pendidikan tinggi di Indonesia. Teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pihak Pemerintah agar proses operasional yang terjadi dapat berjalan efektif dan efisien. Proses operasional yang efektif dan efisien tentu saja harus didukung oleh sistem informasi yang memadai, sehingga dapat melayani berbagai pihak yang terkait dengan data dan informasi. Penggunaan program aplikasi online (daring (dalam jaringan)) untuk memberikan pelayanan terbaik bagi stakeholder perguruan tinggi yaitu mahasiswa, dosen maupun pengelola perguruan tinggi serta masyarakat. Fitur yang disediakan dalam aplikasi ristekdikti.ac.id semuanya dibuat untuk memudahkan user, fitur yang dapat diakses oleh perguruan tinggi antara lain seperti http://forlap.ristekdikti.go.id/ untuk data PDPT, Mahasiswa: http://phbd.dikti.go.id/, Dosen http://serdos.ristekdikti.go.id, serta stakeholder seperti: http://ban-pt.kemdiknas.go.id/. Penelitian ini akan dilakukan pada sistem daring ristekdikti sebanyak 28 (Situs) alamat sub domain yang berhasil peneliti identifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat Keberhasilan Sistem Daring Ristekdikti dalam Penerimaan Sistem oleh User untuk mencapai Good University Governance (GUG). Populasi dari penelitian ini adalah 3.320 PTN dan PTS. Sedangkan Sampelnya adalah dibagi menjadi lima klaster berdasarkan hasil pemeringkatan Kemenristekdikti tahun 2016 yaitu: Peringkat 1= 11 PT; 2. Peringkat 2: 55 PT; 3) Peringkat 3:644 PT; 4) Peringkat 4: 2.329PT, dan 5) Peringkat 5: 281 PT jumlah total PT: 3.320, baik PTN/PTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat Keberhasilan Sistem Daring Ristekdikti dalam Penerimaan Sistem oleh User untuk mencapai Good University Governance (GUG). Populasi dari penelitian ini adalah 3.320 PTN dan PTS. Sedangkan Sampelnya adalah dibagi menjadi lima klaster berdasarkan hasil pemeringkatan Kemenristekdikti tahun 2016 yaitu: Peringkat 1= 11 PT; 2. Peringkat 2: 55 PT; 3) Peringkat 3:644 PT; 4) Peringkat 4: 2.329PT, dan 5) Peringkat 5: 281 PT jumlah total PT: 3.320, baik PTN/PTS. Penelitian ini mengambil sampel dari lima klaster secara proporsional dari masing peringkat sesuai dengan jumlah PT, masing-masing PT diambil empat (4) orang sebagai responden yaitu: User Pengelola PT, User Mahasiswa, User Dosen, dan User Stakeholder, masing-masing sebesar 10%, sehingga sampelnya berjumlah: 320 PT, sedangkan respondennya berjumlah 320x4= 1.280 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui: Website, Kuesioner, Wawancara, observasi, dan Indepth intervie. Analisa data dilakukan dengan Analisa jalur (Path Analisys) dengan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis 7 variabel yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan untuk mengkur software daring Kemneristekdikti terhadap persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan intensitas penggunaan untuk mencapai GUG dengan sebelas (11) hipotesis.

References

[1] Tajuddin M, Umar N, Astuti Endang dan Kertahadi, 2016, Kesuksesan Sistem Informasi Perguruan Tinggi dan Good University Governance, University of Brawijaya Press Malang, Jawa Timur.ISBN: 978-602-203-565-3.
[2] Tajuddin M, 2015a, Sistem Informasi Perguruan Tinggi untuk Mencapai Good University Governance (Sebuah Pendekatan Teori dan Penerapan), Penerbit Depublish, Yogyakarta.
[3] Tajuddin M, Abd. Manan, (2013), Sebuah Model Integrasi Sistem Informasi Perguruan Tinggi, Binusri Press, ISBN: 976-602-14631- 1-6, Mataram NTB.
[4] Tajuddin M, Endang Siti A,Hamdani H,dan Nenet Nata S, 2014, Implementation of Information System Higher Education in Achieving Good University Governance (GUG), The 8th International Conference on Information anda Communication Technology and Systems (ICTS), ITS Surabaya, 24th-25 September 2014.
[5] Tajuddin M, Hamdani Husnan, and Abd. Manan, (2013), Wireless-Based Integrated Information System Between Private Higher Education Institutions and Local Government, International Journal of Science and Engineering Investigations Vol. 2, issue 15, Apryl 2013, pp 58- 63.
[6] Tajuddin Muhammad, (2015), Modification of Delon and McLean Model in the Success of Information System for Good University Governance, 2015,. Turkish Online Journal of Educational Technology, Volume 14 - Issue 4, pp. 113-123.
[7] Davis, F.D. (1993). User Acceptance of Information Technology: System Characteristics, User Perceptions and Behavioral, International Journal Management Machine Studies, Vol. 38, pp. 475-487.
[8] Zheng, Y., Zhao, K., Stylianou, A., (2013). The Impacts of Information Quality and System Quality on Users’ Continuance Intention in Information-Exchange Virtual Communities: An Empirical Investigation. Decision Support System. Vol 56, pp 513– 524.
[9] Delone WH and Mclean ER, (2003). The Delone and Mclean Model Of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems 19(4), pp 9–30.
[10] DeLone, W. H., & McLean , E. R. (1992). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research, 3(1), pp 60-95.
[11] Wixom BH and Watson HJ, (2001). An Empirical Investigation of The Factors Affecting. Data Warehousing Success. MIS Quarterly 25(1): 17–41.
[12] DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2002), “Information Systems Success Revisited”. Proceedings of the 35th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, IEEE Computer Society, Hawaii, HI.
[13] Tajuddin M, Umar N, Endang A, dan Kertahadi, (2012), Influence of Transformational Leadership and Success of Information System on Good University Governance, Journal of Basic and Applied Scientific Research, J. Basic. Appl. Sci. Res., 2(12), pp 12492-12501.
[14] Tajuddin M, Zainal A H, Abd, Manan dan Nenet Nata SJ,(2012a), Wireless Based Education Information System in Mataram: Design and Implementation, Journal CCIT Volume 5 Nomor 3 Bulan Mei 2012, pp 329- 344.
[14] Davis, F.D., Bagozzi, R. P., dan Warshaw, P.R., (1989), User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoritical Models’,Management Science, Vol. 35, No. 8, hal. 982‐ 1003.
[15] Ghozali Imam, (2014). Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos Ver 8.0, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN 979.704.233.2
[16] Hair, J. F., R. E. Anderson, R. L. Tatham, and W. C. Black, (1998), Multivariate Data Analysis with Readings, Prentice-Hall International, Inc., London.
[17] Rigopoulos, G. and Askounis, D. (2007). A TAM Framework to Evaluate User’s Perception Toward Online Electronic Payments. Journal of Internet Banking and Commerce. Vol. 12. No. 3. pp. 1-5.
[18] Marangunić, N., & Granić, A. (2015). Technology Acceptance Model: A Literature Review from 1986 to 2013. Universal Access in the Information Society, 14(1), 81–95.
[19] http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php /2016/08/18/kemenristekdikti-umumkanperingkat- perguruan-tinggi-2016/download 1 Juni 2017.
Published
2017-10-10
Section
Articles