RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEMENANG

  • Apriani Apriani
  • Ni Gusti Ayu Dasriani
Keywords: aplikasi, e-learning, SMAN 1 Pemenang

Abstract

Penggunaan teknologi informasi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.Salah satu contoh penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan adalah e-learning. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemenang Kabupaten Lombok Utara adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013.Berdasarkan kurikulum 2013 yang berbasis teknologi informasi maka metode pembelajaran e-learning wajib diterapkan oleh semua sekolah yang telah melaksanakan kurikulum 2013.Aplikasi e-learning dibuat berbasis website sehingga dapat diakses oleh siswa dan siswitanpa batasan waktu dan ruang. Aplikasi e-learning menyediakan beberapa fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar seperti unduh materi, soal latihan atau kuis, tugas, dan forum diskusi bagi guru dan siswa. Tujuan dari aplikasi e-learning adalahmembantu proses belajar mengajar pada lingkungan sekolah karena pembelajaran dengan metode e-learning tidak terikat oleh waktu dan ruang sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pendahuluan,studi kelayakan, mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan informasi pemakai,perancangan sistem serta implementasi sistem. Tujuan yang dicapai adalah tersedianya suatu aplikasi pembelajaran online yang dapat mendukung proses belajar mengajar di SMAN 1 Pemenang. Keluaran dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi e-learning yang dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran berbasis webiste di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemenang.

References

[1]Gani, Lilik, “E-Learning is a Must, Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pemerataan Akses dan Peningkatan Mutu Pendidikan”, disampaiakn dalam Workshop E-Learning di Universitas Indonesia, tanggal 29-31 Agustus 2006.
[2]K. Watkins, “Human Development Report 2005”, United Nations Development Programme (UNDP), New York, 2005.
[3]Maulina,D.,& Bernadhed.(2017).Perancangan Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang. DASI,18(1).
[4]Pramana,D.(2016).Perancangan aplikasi ELearning Dengan Model Pembelajaran Team Teaching.Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia:7-11 .Yogyakarta,6-8 Februari 2016:STMIK AMIKOM Yogyakarta .
[5]Setiawan,E.B.,&Yusman,M.V.(2014).Pemb angunan E-Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Online Di Smp Negeri 8 Bandung.Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia:1- 5.Yogyakarta,8 Februari 2014.:STMIK AMIKOM Yogyakarta
[6]Siti,Q.,Pratiwi,H.,&Arfyanti,I.(2014).Mem bangun E-Lerning Menggunakan Moodle Pada Stmik Widya Cipta Dharma Samarinda.Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia:23- 27.Yogyakarta,8 Februari 2014:STMIK AMIKOM Yogyakarta .
[7]Aprizal.,Mirfan.,&Ningsih,W.(2017).Peran cangan E-Learning Pada Jakarta Intensive Learning Center (JILC).Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia :1-6.Yogyakarta,4 Februari 2017.STMIK AMIKOM Yogyakarta
Published
2017-10-10
Section
Articles