APLIKASI WISATA MUSEUM BERBASIS VIRTUAL TOUR PADA MUSEUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

  • Novi Safriadi
  • Harianto Harianto

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu indikator perekonomian Indonesia. Pertumbuhan industri pariwisata yang pesat salahsatunya adalah pariwisata budaya, yang diyakini memiliki manfaat positif secara ekonomi dan sosial budaya. Melaluimuseum, pariwisata budaya dapat terus berlangsung. Saat ini adanya kecenderungan masyarakat yang enggan berwisatake museum, menjadikan objek wisata ini sepi pengunjung. Inovasi di bidang teknologi informasi sangat diperlukan agarwisata museum dapat terus berlangsung. Teknologi multimedia interaktif berbasis virual tour, memungkinkanmasyarakat dapat memperoleh informasi koleksi Museum tanpa harus berkunjung ke Museum. Tujuan dari penelitianini adalah membangun dan mengimplementasikan aplikasi Wisata Museum Provinsi Kalimantan Barat, agar dapatdiakses oleh masyarakat dengan berkunjung (tour) secara virtual melalui media internet, dapat membuat masyarakattertarik untuk dapat berkunjung langsung ke Museum serta dapat memberikan edukasi sejarah kepada masyarakatkhususnya bagi pelajar. Metode penelitian yang dilakukan adalah identifikasi masalah, studi literatur, pengumpulandata, perancangan konseptual, pembuatan aplikasi, pengujian, analisis hasil pengujian, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi Wisata Museum Berbasis Virtual Tour ini berhasil dibangun dan dapat dengansangat baik diimplementasikan, dapat membuat masyarakat merasa tertarik untuk berkunjung langsung ke Museum dandapat memberikan edukasi sejarah tentang koleksi yang di pamerkan pada Museum Provinsi Kalimantan Barat.

References

[1] Ardika, I Wayan, “Museum Sebagai Daya TarikWisata: Perspektif Multikulturalisme”. MakalahIkatan Ahli Arkeologi Indonesia, 2012.
[2] Yurnaldi. 2010. Tahun Kunjungan MuseumMunculkan New Brand. Dalamwww.kompas.com/Tahun.Kunjungan.Museum.2010.Munculkan.New.Brand.htm, 2010.
[3] Aditya, “Trik Dahsyat Menjadi Animator 3DHandal”, Yogyakarta: Andi Offset, 2009.
[4] Handjojo, F, “Perancangan Dan ImplementasiAplikasi Content Management System DenganFormat Virtual Online Tour”, Jurnal TeknikInformatika Universitas Tanjungpura, 1(2) 1 -6, 2013.
Published
2018-05-30
Section
Articles