SISTEM PEMBIMBINGAN DALAM JARINGAN (DARING)PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR MAHASISWADI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

  • Ni Wayan Marti
  • Kadek Yota Ernanda Aryanto
  • Komang Setemen
Keywords: Tugas Akhir, Skripsi, Pembimbingan, Daring, Online, Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe sistem proses pembimbingan skripsi dan tugas akhir sertapenerapannya dalam jaringan (daring) guna menjembatani kebutuhan penggunaan waktu yang efektif danefisien dalam proses pembimbingan mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi jaringan. Dengan demikian,sistem ini diharapkan mampu membawa kultur baru di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha(Undiksha) untuk dapat beradaptasi terhadap tren teknologi yang berkembang tanpa mengesampingkanproses-proses esensial dalam pembimbingan skripsi dan tugas akhir itu sendiri. Purwarupa dibangun sesuaidengan alur model pengembangan perangkat lunak yang meliputi penentuan spesifikasi kebutuhan,perancangan, pengimplementasian sistem, ujicoba, dan perbaikan terhadap kekurangan sistem. Prosesberakhir pada pemenuhan seluruh kebutuhan implementasi proses bimbingan skripsi dan tugas akhir kedalam sistem daring. Teknologi yang dimanfaatkan untuk pengembangan purwarupa sistem ini adalahteknologi berbasis internet dengan skrip PHP dan didukung DBMS MySQL untuk pengelolaan datanya.Sistem yang dihasilkan membagi pengguna ke dalam lima jenis otentikasi berbeda, yakni dosen, mahasiswa,administrator umum, administrator akademik, dan ketua jurusan. Masing-masing tingkatan penggunamemiliki kemampuan untuk mengakses fitur-fitur pembimbingan sesuai dengan hak guna masing-masing.Purwarupa sistem pembimbingan daring ini telah berhasil mengejawantahan panduan penyusunan skripsidan tugas akhir di lingkungan Undiksha dengan memanfaatkan teknologi berbasis web.

References

[1] Constantianus, Frederick& Bernard RenaldySuteja. 2005. Analisa dan Desain SistemBimbingan Tugas Akhir Berbasis Webdengan Studi Kasus Fakultas TeknologiInformasi. Jurnal Informatika UKM, Vol. I,No. 2, Desember 2005 : 93 – 106.
[2] Dwiyani, Aprillita. 2013. “PerancanganSistem Pendukung Bimbingan Daring TugasAkhir Mahasiswa Program Studi TeknikInformatika”. Universitas Tanjung Pura.Tersedia padahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/download/3764/3768, Diakses pada 8September 2014.
[3] Ibrahim, Ali. 2011. Pengembangan SistemInformasi Monitoring Tugas Akhir BerbasisShort Message Service (SMS) Gateway diFasilkom Unsri. JUSI, Vol. 1, No.2,September 2011 : 81 -92
[4] Rahardja, Untung. Dkk. 2013. “PenerapanIntegrated Raharja Multimedia Edutainment(IRME) Dalam Mengakomodir PortofolioMahasiswa N Pada Perguruan Tinggi”.Tersediapadahttp://erni92.ilearning.me/hibah/tandatangan/, Diakses pada 9 September 2014.
[5] Undiksha.2013. Pedoman Penulisan Skripsidan Tugas Akhir Program Ssarjana danDiploma 3 Universitas PendidikanGanesha.Singaraja.
[6] Kandaga, Tjatur & Vinsensius Felix.2011.Pembuatan Aplikasi Pengelolaan TugasAkhir Online Berbasis Web Studi KasusPada Jurusan Teknik Informatika UKM.Tersedia padahttp://www.itmaranatha.org/jurnal/jurnal.sistem-informasi/Jurnal/Sept2011/artikel/artikelpdf/sep11_6.pdf, diakses tanggal 8september 2014.
Published
2018-05-28
Section
Articles