PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MENGGUNAKANVIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILANKOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI)(Studi Kasus : SMK Negeri 9 Samarinda)

  • Dewi Rosita
  • Sefty Wijayanti
  • Oktafiyani Oktafiyani
Keywords: Model explicit instruction, video pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model Explicit Instruction denganmenggunakan video pembelajaran terhadap hasil belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi(KKPI) pada SMK Negeri 9 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik samplingyang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sample. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitukelas X Pemasaran 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 siswa, kelas diajar dengan modelExplicit Instruction dengan menggunakan video pembelajaran dan kelas X Pemasaran 3 sebagai kelas kontroldengan jumlah siswa 36 siswa, kelas diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan bentukuraian.Analisis deskriptif pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pada pre-test adalah 49,2 serta rata-rata posttest adalah 83.9 dan memperoleh distance rata-rata sebesar 34,7 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 52,7 serta nilai rata - rata post-test untuk kelas kontrol adalah 76,8 dan memperoleh distance rata-ratasebesar 24,1 . Berdasarkan analisis data penelitian ini terdapat pengaruh model Explicit Instruction denganmenggunakan video pembelajaran terhadap hasil belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi(KKPI) pada Siswa SMK Negeri 9 Samarinda.

References

[1] Arsyad, Azhar., 2013, Media Pembelajaran,Jakarta, Raja Grafindo Persada.
[2] Asyhar, Rayandra., 2012, Kreatifmengembangkan media pembelajaran, Jakarta,Referensi Jakarta.
[3] Aunurrahman., 2011, Belajar danpembelajaran, Bandung:Alfabeta
[4] Kukuh., 2010, penyusunan tes hasil belajardan analisis butir soal, Samarinda:UniversitasMulawarman.
[5] Mintama, Anjrah, dkk, 2008, Keterampilankomputer dan pengelolaan informasi,Jakarta:Erlangga.
[6] Pramudjono, 2011, Statistika dasar (aplikasiuntuk penelitian)
[7] Uno, Hamzah B, 2012, Model pembelajaran(menciptakan proses belajar mengajar yangkreatif dan efektif). Jakarta:PT.Bumi Aksaras
Published
2018-05-25
Section
Articles