TEXT TO SPEECH ENGINE GENERIK BAHASA BUGIS WAJO

  • Arif Bijaksana Putra Negara
  • Novi Safriadi
  • Anggi Perwitasari
  • Mizky Dwi Mentari Putri
Keywords: bugis wajo, diphone bahasa indonesia, mean opinion score, text to speech

Abstract

Bahasa daerah merupakan satu dari banyaknya warisan budaya yang sudah jarang digunakan, sehingga diperlukan usaha pelestarian. Usaha pelestarian bahasa daerah dapat dilakukan melalui teknologi text to speech (TTS), yang merupakan teknologi untuk membangkitkan ucapan buatan yang mirip ucapan manusia. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan TTS bahasa Bugis Wajo menggunakan diphone bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menganalisis pola kurva prosodi pada jumlah suku kata dalam kata bahasa Bugis Wajo, kemudian membangkitkan ucapan bahasa Bugis Wajo menggunakan hasil analisis tersebut. Pengujian intelligibility terhadap kata uji yang dilakukan terhadap kelompok uji penutur asli bahasa Bugis Wajo dan orang awam menghasilkan nilai presentasi akurasi sebesar 100%. Sedangkan pengujian intelligibility kalimat uji dilakukan terhadap kelompok uji penutur asli bahasa Bugis Wajo dan menghasilkan nilai presentase akurasi sebesar 92.71%. Pengujian naturalness terhadap kata dan kalimat uji dilakukan terhadap dua kelompok, yaitu penutur asli bahasa Bugis Wajo dan orang awam yang tidak mengetahui bahasa Bugis Wajo. Hasil dari pengujian naturalness terhadap kata uji dan kalimat uji didapatkan nilai Mean Opinion Score diatas 3.00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa TTS bahasa Bugis Wajo dapat dibangun dengan menggunakan diphone bahasa Indonesia dan menghasilkan bunyi ucapan bahasa Bugis Wajo yang baik.

References

[1] Arbie, Sudibyo P; Ari S.M. Lumenta, Arthur M. Rumagit, dan Aneke P.R. Wowor. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Text To Speech Bahasa Indonesia. e-journal Teknik Elektro dan Komputer. Universitas Sam Ratulangi.
[2] Bayu, Handi Dwi Rachma dan Miftahul Huda. 2011. Text Pre-Processing Pada Text To Speech Synthesis System untuk Penutur Berbahasa Indonesia. Jurnal. Surabaya : Jurusan Telekomunikasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
[3] Arman, Arry Akhmad. 2003. Konversi dari Teks ke Ucapan. http://indotts.melsa.net.id/Konversi%20dari%20Teks%20k e%20Ucapan.pdf diakses 12 Maret 2015.
[4] Manyambeang, A Kadir; Abdul Azis Syarif, dkk. 1979. Morfologi dan Sintaksis Bahasa Makassar. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaaan.
[5] Rugmiaga, Zonda dan Miftahul Huda. 2011. Pembangkitan Prosody pada Text To Speech Synthesis System untuk Penutur Berbahasa Indonesia. Jurnal. Surabaya : Jurusan Teknik Telekomunikasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Published
2016-10-29
Section
Articles