PERANCANGAN APLIKASI FARMASI HOSPITAL INFORMATION SYSTEM DI SILOAM HOSPITALS

  • William Saputra
  • Hery Hery
  • Kusno Prasetya

Abstract

Sebagai sebuah rumah sakit bertaraf internasional, Siloam Hospitals Lippo Village mencoba untuk terus meningkatkan dan menjaga kualitas mutu serta pelayanannya. Peningkatan kualitas dilakukan secara merata pada seluruh departemen yang ada salah satunya adalah departemen farmasi. Departemen farmasi membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu proses bisnisnya seperti proses penjualan obat, proses pencatatan penerimaan obat, dan proses pengelolaan data obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan merancang sebuah aplikasi yang bertujuan untuk membantu departemen farmasi Siloam Hospitals Lippo Village dalam hal penjualan obat dan pengolahan data yang berhubungan dengan penjualan obat. Pembangunan aplikasi ini menggunakan Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan metodologi Rapid Application Development Prototyping. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk mencatat penjualan obat, mengolah data yang berhubungan dengan penjualan obat, mencetak label obat, dan mencetak laporan penjualan dan stok obat. Fungsi yang dimiliki pada aplikasi ini dapat digunakan oleh departemen farmasi Siloam Hospitals Lippo Village.

References

[1] Schach, Object Oriented Software Engineering, 8th Ed, McGrawHill, 2008.
[2] Sommerville, Software Engineering, 8th ed, Pearson Education Limited, 2007
[3] Pressman, Software Engineering, A Practitioner’s Approach, 6th ed, McGrawHill, Singapura, 2005.
[4] Dennis, Wixom and Tegarden, Sistem Analysis and Design with UML, An Object-Oriented Approach, 3dh ed, John Wiley & Sons, International Student Edition, 2010.
[5] Bentley and Whitten, Sistem Analysis and Design for the Global Enterprise, 7th ed, McGrawHill International Edition, 2007.
[6] Kendall and Kendall, Sistem Analysis and Design, 7th ed, Pearson Prentice Hall, 2007.
[7] CMMI Product Team, CMMI® for Development, Version 1.3, Improving processes for developing better products and services, November 2010, TECHNICAL REPORT CMU/SEI-2010-TR-033 , ESC-TR-2010-033, Software Engineering Process Management Program, Unlimited distribution subject to the copyright. http://www.sei.cmu.edu. [8] Martin Fowler, UML Distilled, A Brief Guide to the Standard Object Modelling Language, 3th ed, Pearson Education, 2004.
[9] www.uml.org., Unified Modelling Language: Superstructure Version 2.0, ptc/03-08-02.
[10] Philippe Kruchten, The Rational Unified Process An Introduction, 3rd ed, Pearson Education, 2004.
[11] Portal Resmi Pusilkom Agile Unified Process (PAUS); http://ecl.cs.ui.ac.id/PAUS/
[12] Portal resmi Ambysoft http://www.ambysoft.com/
Published
2016-10-29
Section
Articles