IDENTIFIKASI GANGGUAN PADA TANAMAN KARET MENGGUNAKAN METODE BAYES BERBASIS ANDROID

  • Susanto Susanto
  • Tatik Melinda Tallulembang
Keywords: Gangguan Tanaman Karet, Android, Metode Bayes

Abstract

Tanaman karet (Hevea Brasiliensis) adalah tanaman tahunan yang merupakan salah satu komoditi unggulan tanaman perkebunan. Pengembangan perkebunan karet memberikan peranan penting bagi perekonomian nasional yaitu sebagai sumber devisa, bahan baku industri dan juga berperan dalam pelestarian lingkungan hidup. Gangguan pada tanaman karet dapat disebabkan oleh gangguan hama penyakit, gulma atau gangguan fisik dan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem untuk mengidentifikasi gangguan pada tanaman karet dengan menggunakan metode Bayes. Perhitungan nilai identifikasi menggunakan metode Bayes yang sering dikenal dengan dua penafsiran berbeda, dalam penafsiran teorema ini akan menyatakan seberapa jauh tingkat kepercayaan hasil yang diperoleh. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi Android berbasis Linux yang digunakan untuk telepon seluler, seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sistem yang dibuat dapat melakukan pengelolaan data gejala-gejala yang nampak pada tanaman karet serta menghasilkan suatu keputusan berupa hasil identifikasi dan saran penanganan dari serangan yang terjadi pada tanaman karet. Hasil identifikasi yang diperoleh dengan sistemmemiliki tingkat akurasi mencapai 70% .

References

[1]. Filie, Kusuma Meriyana, 2010, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Karet Dan Cara Penanggulangannya”, STMIK Yogyakarta.
[2]. Katili Pranata Taufan Moh., 2013, “Penerapan Metode Bayesian Network dalam membangun sistem pakar diagnosa penyakit kullit pada manusia”, Universitas Negeri Gorontalo
[3]. Kaharuddin, 2013, “Sistem Pakar Identifikasi Hama Dan Penyakit Tanaman Anggrek Menggunakan Metode Bayes Berbasis Web”, Universitas Musamus Merauke.
[4]. Murya Yosep, 2014, “Pemrograman Android Black Box”, Jasakom.
[5]. Swadaya Penebar, 2013, “Panduan Lengkap Karet”, PT Penebar Swadaya Wisma Hijau.
[6]. Wijayanti Reni, Winiarti Sri, 2013, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada BuahBuahan Pascapanen”, Universitas Ahmad Dahlan.
Published
2016-10-29
Section
Articles