PERENCANAAN PENINGKATAN KEMATANGAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ACMM DAN TOGAF PADA POLITEKNIK XYZ

  • Agus Hermanto
  • Fridy Mandita
  • Supangat Supangat
Keywords: Enterprise Architecture, TOGAF, ACMM

Abstract

Salah satu manfaat yang dirasakan dari penggunaan teknologi informasi adalah peningkatan akurasi dan kecepatan informasi yang sangat membantu kegiatan operasional suatu lembaga atau organisasi. Politeknik XYZ sebagai salah satu organisasi / lembaga di bidang pendidikan, saat ini perlu memperhatikan peran teknologi informasi yang strategis dalam menunjang kegiatan akademik dan mengembangkan berbagai layanan akademik, khususnya bagi mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam studi ini telah dilakukan perencanaan teknologi informasi yang sudah dipergunakan oleh Politeknik XYZ berdasarkan standar TOGAF dan melakukan analisis kematangan menggunakan ACMM., Hasil akhir dari perencanaan arsitektur yang dikembangkan dengan TOGAF dan ACMM ini dapat dijadikan acuan dalam memperbaiki peran sistem dan teknologi Informasi dalam mendukung proses bisnis organisasi di Politeknik XYZ, berupa meningkatnya awareness tentang pentingnya enterprise architecture oleh manajemen dalam tata kelola teknologi informasi dan langkah-langkah migrasi teknologi informasi.

References

[1] Sullivan, P. (2011). Togaf Introduction And Core Concepts. Retrieved February 8, 2015, from slideshare: http://www.slideshare.net/sullivan_p/togaf-introduction-and-coreconcepts.
[2] http://pubs.opengroup.org, Retrieved February 8, 2015
[3] Cameron, B. H., & McMillan, E. (February, 2013). Journal of Enterprise Architecture: Analyzing the Current Trends in Enterprise Architecture Frameworks. Association of Enterprise Architecture.
[4] Haes, G., & Guldentops. (2004). Strategies For Information Technologies Governance. IGI Global.
[5] IT Governance Institute. (2003). IT Governance Implementation Guide. IT Governance Institute.
[6] Mukrodin. (2013). Model Enterprise Architecture E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, Vol. 2, Univ. Diponegoro.
[7] Peterson. (2004). Information Strategies and Tactics for IT Governance. IGI Global.
[8] Robertson, M. M. (2001). Building A Framework For Situation Awareness. SA Technologies Publishing.
Published
2016-10-29
Section
Articles