PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS PADA PENGELOMPOKAN DATA SISWA BARU BERDASARKAN JURUSAN DI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI BERBASIS WEB”.

  • Faiza Rini
  • Novhirtamely Kahar
  • Juliana Juliana
Keywords: Algoritma K-Means, cluster, Pemograman Web

Abstract

Pemilihan Jurusan Bidang Keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) menjadi bagian penentu keberhasilan siswa dalam menyelesaikan studinya. Sistem yang akan penulis bangun mengikuti perubahan aturan seleksi penerimaan siswa baru, yang sebelumnya menggunakan sistem pembobotan berdasarkan jurusan, menjadi seleksi hasil Nilai akhir pada SKHU dari SMP asal. Langkah yang sangat penting untuk memperoleh hasil maksimal pengelompokan jurusan adalah dengan pengolahan data. Salah satu contoh pengolahan data adalah dengan pengklasteran. Salah satu algoritma pengelompokan data adalah algoritma K-Means. Algoritma K-Means adalah algoritma clustering yang paling sederhana dibanding dengan algoritma yang lain. Algoritma ini mempunyai kelebihan yaitu mudah diterapkan dan dijalankan, relative cepat, mudah untuk diadaptasi, dan paling banyak dipraktekkan dalam data mining. Algoritma ini termasuk salah satu algoritma paling penting dalam data mining. Aturan dan metode algoritma K-Means dapat diterapkan pada sebuah program bantu untuk mengelompokkan data nilai ujian nasional siswa. Adapun sistem yang dirancang adalah penerapan algoritma K-Means untuk pengelompokan siswa baru berdasarkan nilai ujian nasional. Langkah-langkah algoritma K-Means diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman untuk melakukan tugas clustering data. Data nilai ujian calon siswa baru yang telah dimasukkan kedalam input program, kemudian program melakukan pengolahan seleksi berdasarkan peringkat dibandingkan kuota global kapasitas penerimaan sekolah, hasil lulus seleksi akan dialgoritma K-Means, dan hasilnya berupa cluster data nilai. Implementasi sistem yang dirancang dengan menggunakan pemograman Web, basisdata dengan menggunakan SQLyog. Adapun bentuk-bentuk perangkat lunak yang akan diimplementasikan terdiri dari implementasi antarmuka yaitu login, menu utama, tampilan input data pendaftar, input data nilai, input data admin, input data jurusan, input data periode, tampilan proses seleksi, tampilan data tampilan proses clustering, tampilan laporan cluster , tampilan laporan pendaftar, tampilan laporan lulus seleksi, dan grafik cluster.

References

[1] Badan Standar Nasional Pendidikan. “Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional”: Jakarta : Direktorat Pendidikan, 2016.
[2] Herawati, Fajar Astuti. “Data Mining”, Yogyakarta :Penerbit Andi, 2013.
[3] Kadir,Abdul. “Buku Pintar Programer Pemula PHP”: Yogyakarta : MediaKom, 2013.
[4] Kusrini “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”. Yogyakarta : Andi Offset, 2007.
[5] Prasetyo,Eko. “Data Mining Konsep dan Aplikasi menggunakan MATLAB”. Yogyakarta:Penerbit Andi, 2012.
[6] Siberio, Alexander F.K. “WEB Programming Power Pack”: Yogyakarta : MediaKom, 2013.
Published
2016-10-29
Section
Articles