APLIKASI PENYISIPAN PESAN TEXT KE DALAM CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (STEGANOGRAFI)

  • Juli Yanto
  • Trinugi Wira Harjanti
Keywords: Steganografi, citra digita, LSB

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, semakin berkembang pula teknik kejahatan yang berupa perusakan maupun pencurian data oleh pihak yang tidak memiliki wewenang. Salah satu cara dalam mengimplementasikan keamanan data dan informasi adalah melalui teknik steganografi. Steganografi dapat menyembunyikan data dan informasi rahasia kedalam data lain yang tampak tidak mengandung apa-apa. Aplikasi steganografi pada citra digital dengan menggunakan metode Least Significant Bit (LSB) modification ini bekerja dengan menggantikan bit-bit terakhir pada file citra digital dengan bit data yang berupa teks. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa mutu file citra digital yang telah disteganografi tidak mengalami perubahan berarti dan data yang berada dalam citra digital dapat diekstrak kembali. Namun file citra digital tidak tahan terhadap proses manipulasi (pemotongan frame) yang dilakukan pada citra digital tersebut.

References

[1] http://bdg.centrin.net.id/~budskman/ stegano.htm / articles/ “Steganografi”.
[2] Johnson, Neil F.; Duric, Zoran; Jajodia, Shushil: “Information Hiding Steganography and Watermaking-Attacks and Countermeasures”, Advanced in Information Security, Kluwer Academic Publisher, United State, 2001.
[3] Neil F. Johnson, Sushil Jajodia, “Steganography: Seeing the Unseen”.
[4] Ir.Rinaldi. 2006. http://www.informatika.org/~rinaldi/kriptogra fi/bahan
[5] Hayri, 2004. Steganografi : Seni menyembunyikan informasi. PC Media. Jakarta
[6] Sukmawan,Budi,Steganografi http://Student.ukdw.ac.id/~22033120/ Steganografi.html).http://
[7] http://www.webopedia.com/TERM/S/What is steganography - A Word Definition From the Webopedia Computer Dictionary.htm, Webopedia, Oktober 2005.
Published
2016-10-29
Section
Articles