DATA SPASIAL DAN NON SPASIAL PENYEBARAN PENDUDUK DI KECAMATAN RAMBUTAN

  • Muhamad Ariandi
  • Eka Puji Agustini
Keywords: spasial, non spasial, penyebaran, penduduk, kecamatan rambutan, lokasi

Abstract

Data spasial dan non spasial merupakan data yang digunakan sistem informasi geografis. Dimana data spasial merupakan data dalam bentuk grafis yang menunjukkan ruang lokasi atau tempat-tempat di permukaan bumi serta data non spasial data yang memberi penjelasan atau deskripsi atas setiap objek di permukaan bumi. Di Kecamatan Rambutan data kependudukannya yang terdiri dari data penyebaran jumlah jenis kelamin serta golongan usia masih belum disajikan dalam bentuk spasial sehingga pengambil keputusan sulit untuk mengetahui penyebaran penduduk di Kecamatan Rambutan. Penelitian ini menghasilkan data spasial dan non spasial penyebaran penduduk yang akan menampilkan data jumlah penduduk laki-laki dan jumlah penduduk perempuan, jumlah penduduk anak-anak pada usia sekolah, dan jumlah penduduk manula per desa yang ada di Kecamatan Rambutan. Penelitian ini menggunakan metode action research dengan sembilan tahapan yang akan dilakukan.

References

[1] Andree, Ekadinata dkk.”Sistem InformasiGeografis untukPengelolaan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam”. Bogor: World Argoforestry Centre (ICRAF). 2008.
[2] Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D); Alfabeta. Bandung. 2011.
[3] Awaluddin, N, ”Geopraphical Information System with ArcGis 9.x edisi 1”, Andi, Yogyakarta, 2010.
[4] John E. Harmon, Steven J. Anderson. Design and Implementatiom of Geographic Information Systems. John Wiley and Sons: New Jersey. 2003.
[5] Nuarsa IW. Belajar Sendiri Menganalisis Data Spasial Dengan Software ARCVIEW GIS 3.3 untuk Pemula. Jakarta: PT Alex Media Computindo. 2005.
[6] Yousman, Yeyep. Sistem Informasi Geografis dengan ArcView3.3 Professional Yogyakarta: Andi Offset. 2004.
Published
2016-10-29
Section
Articles