ANALISIS FAKTOR PENGGUNAAN E-MONEY MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL TAM-TPB DENGAN PERCEIVED RISK DAN PERCEIVED BENEFIT

  • Fitria Sulistorini
  • Eto Wuryanto
  • Purbandini Purbandini
Keywords: e-Money, TAM, TPB, perceived risk, perceived benefit, SEM

Abstract

E-money merupakan salah satu solusi untuk mendukung terciptanya cashless society di Indonesia karena ditujukan untuk transaksi-transaksi yang bernilai kecil, bersifat massal dan berfrekuensi relatif sering. Namun, data yang ada menunjukkan bahwa penggunaan e-money masih tergolong rendah yang mana jumlah transaksi menggunakan e-money hanya sebesar 7% dari total keseluruhan transaksi di Indonesia pertahunnya. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan emoney menggunakan integrasi model TAM-TPB dengan perceived risk dan perceived benefit. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diadaptasi dari integrasi model TAMTPB dengan perceived risk dan perceived benefit. Target penyebaran kuesioner adalah mahasiswa Universitas Airlangga yang merupakan pengguna e-money. Data tersebut kemudian diolah menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk memahami hubungan antar variabel di dalamnya. Tahap analisis SEM dimulai dengan evaluasi model pengukuran, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi model struktural. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa indikator yang digunakan untuk menjelaskan variabel laten dalam model penelitian telah memenuhi kriteria evaluasi model pengukuran, yaitu telah memenuhi convergent dan discriminant validity. Sedangkan dari evaluasi model struktural diketahui faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap intention to use e-money yaitu perceived usefulness, attitude toward behavior, subjective norm, perceived behavioral control, dan financial risk. Hasil analisis menunjukkan integrasi model TAM-TPB dengan perceived risk dan perceived benefit mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap intensi penggunaan e-money sebesar

References

[1] International Banking and Financial Market Development. 1996. Bank For International Settlement: Monetary and Economic Department. Basle
[2] Nasri, Wadie., Charfeddine, Lanouar. 2012. Factors affecting the adoption of internet banking in Tunisia : an integration theory of acceptance model and theory of planned behavior. Jurnal of High Technology Management.
[3] Rahmatsyah, Deni. 2011. Analisa FAktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru (Studi Kasus Uang Elektronik Kartu Flazz BCA). Universitas Indonesia Jakarta
[4] Lee, Ming-Chi. 2009. Factors influencing the adoption of internet banking : an integration of TAM and TPB, with perceived risk and perceived benefit. Journal of Electronic Commerce Research and Application.
[5] Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance Of Information Technology. MIS Quarterly.
[6] Bertrand, M. & Bouchard, S. 2008. Applying The Technology Acceptance Model To VR with People Who Are Favorable to Its Use. Journal of Cyber Therapy & Rehabilitation.
[7] Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Process.
[8] Rendra. 2011. Perbedaan Perceived Risk Online Shoppers Dan Non Online Shoppers Pada Jual Beli Online.
[9] Featherman, M. S. & Paul A. Pavlou. 2003. Predicting e-services adoption : a perceived risk facets perspective. International Journal of Human – Computer Studies.
Published
2016-10-29
Section
Articles