RANCANG BANGUN APLIKASI PENENTUAN JADWAL TANAM MAUPUN PANEN DENGAN PEMANFAATAN DATA SERVICE BMKG UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PERTANIAN BERBASIS WEB

  • Fiftin Noviyanto
  • Taufiq Ismail
  • Wisnu Nugroho
Keywords: Rancang Bangun, Penentuan masa tanam, Data service, BMKG

Abstract

Perubahan iklim menimbulkan masalah pada bidang pertanian diantaranya adalah kesulitan petani dalam menentukan jadwal tanam maupun panen. Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki teknologi untuk memprediksi cuaca serta dataservice yang dapat diakses secara publik. Namun penyajian dataservice yang ada tersebut cukup sulit dibaca masyarakat yang bukan bidang teknologi informas i. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat suatu penelitian untuk mengembangkan suatu aplikasi komputer yang mampu untuk memberikan informasi terkait cuaca dari dataservice BMKG guna membantu petani dalam menentukan jadwal tanam . Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan para petani dalam melakukan proses tanam maupun panen, wawancara langsung terhadap kepala dinas pertanian dan studi pustaka. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu BlackBox Test dan Alpha Test. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem penentuan dan perhitungan jadwal proses tanam dengan pemanfaatan data service BMKG untuk peningkatan kualitas pertanian di Bantul berbasis web. Dari pengujian dengan metode uji kelayakan diperoleh hasil 10 responden menyatakan sangat setuju 63% dan setuju 36%, bahwa dapat memberikan kemudahan bagi para petani untuk mendapatkan informasi mengenai cuaca.

References

[1] Nurdin, “Antipasi perubahan iklim untuk keberlanjutan ketahanan pangan,” Gorontalo, 2010.
[2] BPTP, “Pengelolaan tanaman dan sumberdaya terpadu padi sawah (PTT) di Sulawesi Selatan,” Sulawesi Selatan, 2002.
[3] J. Simanjuntak, “Empat Masalah Utama yang dihadapi Petani,” Tribunnews.com. [Online]. Available: http://www.tribunnews.com/nasional/2014/02/18/gita-empatmasalah-utama-yang-dihadapi-petani.
[4] A. M. Huda, A. Choiruddin, O. Budiarto, and Sutikno, “PERAMALAN DATA CURAH HUJAN DENGAN SEASONAL AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (SARIMA) DENGAN DETEKSI OUTLIER SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PRODUKSI PERTANIAN DI KABUPATEN MOJOKERTO,” in Seminar Nasional : Kedaulatan Pangan dan Energi, 2012.
[5] W. R. S. S. Dharmarathna, S. Herath, and S. B. Weerakoon, “Changing the planting date as a climate change adaptation strategy for rice production in Kurunegala district, Sri Lanka,” Sustain. Sci., vol. 9, no. 1, pp. 103–111, 2014.
[6] A. Kadir, Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Publisher, 2002.
[7] Siswo, Pengenalan Web Service. Yogyakarta: Penerbit Elangga, 2004.
Published
2016-10-29
Section
Articles