ANALISA PERBANDINGAN GAMBAR STEGANOGRAFI PADA ALGORITMA BATTLESTEG DAN DYNAMIC BATTLESTEG

  • E Haodudin Nurkifli
  • Galih Apriliana Munggaran
Keywords: Steganografi, Battlesteg, Dynamic Battlesteg, ANOVA One way

Abstract

Seiring kemajuan zaman, manusia memasuki era internet, dimana perkembangan pertukaran informasi pun berkembang pesat. Kini informasi berupa pesan dan gambar dapat dikirimkan melalui media elektronik.Steganografi diciptakan sebagai suatu teknik pengamanan pesan rahasia dengan cara menyisipkan pesan kedalam sebuah media. Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi sedemikian rupa bahwa tidak ada orang selain penerima tahu keberadaan pesan. Pada penelitian ini media yang digunakan adalah gambar yang berformat *.png, *.jpeg, dan *.bmp sedangkan untuk pesan rahasianya yang berformat *.txt. Penyisipan pesan rahasia kedalam sebuah media dengan menggunakan algoritma Battlesteg dan algoritma Dynamic Battlesteg. Gambar awal dengan gambar steganografi akan dianalisis nilai pixel warnanya yaitu Red, Green, Blue (RGB). Pengujian dan analisis yang telah dilakukan pada setiap format gambar menggunakan ANOVA One way, kedua algoritma tersebut hampir tidak mengalami perubahan nilai pixel warna yang begitu signifikan, ini menunjukan bahwa penyisipan pesan rahasia kedalam gambar aman tidak akan dicurigai. Algoritma yang paling direkomendasikan untuk metode steganografi ini hampir kedua algoritma tersebut sama-sama dapat direkomendasikan.

References

[1] Wayner, Peter. 2008. Disappearing Cryptography: Information Hiding: Steganography & Watermarking. Third Edition: Morgan Kaufmann.
[2] Hempstalk, K. 2006. Hiding behind corners: using edges in images for better steganography. Computing Womens Congress Conference. New Zealand: Hamilton.
[3] Katzenbeisser,S. & Petitcolas, F.A.P. 2000. Information Hiding Techniques for Steganography and Digital Watermarking. Artech House Publishers.
[4] Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke 7. Bandung : Remaja Rosdakarya.
[5] Martono, N. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Analisi Isi dan Analisi Data Sekunder. Cetakan ke 2 Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
[6] Riduan, M.B.A, Dr & H. Sunarto, M.Si, Dr. 2011. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Penerbit ALFABETA. Pp: 131– 137.
[7] Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
[8] Away, G.A. 2010. The Shortcut of MATLAB Programming. Bandung: Informatika Bandung.
[9] Roque, Juan José & Minguet , Jesús María. 2009. SLSB: Improving the Steganographic Algorithm LSB
[10] Wang, Zhou and Bovik, Alan C. 2006. Modern Image Quality Assessment. Morgan & Claypool.
Published
2016-10-29
Section
Articles